Tips Ternak Burung Kenari Super Cepat

Pada kesempatan kali ini Kenari Mania akan mengulas tentang tips ternak kenari super cepat, dijamin tidak sampai satu bulan anda akan melihat anakan kenari hasil ternak anda sendiri. Tips ini merupakan tips jitu tentang cara ternak kenari sistem cepat dan anti galau namun untuk menjalankan tips ini memerlukan modal yang lebih banyak dari pada biasanya. Bagi pemula sebaiknya menerapkan tips ini.


Banyak peternak kenari pemula yang gagal dalam membuidayakan kenari lalu menyerah. Ada banyak faktor yang membuat mereka gagal, salah satu diantaranya karena ketidakpahaman mereka tentang cara ternak kenari itu sendiri, seperti tidak tahu cara menjodohkan kenari, tidak paham ciri-ciri kenari yang sudah birahi atau siap diternak , sehingga penangkaran mereka hanya dilakukan asal-asalan.


Ternak kenari super cepat

Bagi anda yang mengalami kesulitan dalam beternak kenari, sering gagal dan tidak sabaran, ini nih Kenari Mania sajikan tips tentang cara ternak kenari super cepat, silakan disimak point penting berikut ini:

Mulailah Beternak dari sepasang kenari yang sudah pernah produksi

Artinya mulailah ternak kenari dengan menyiapkan sepasang kenari yang sudah pernah berproduksi. Maksudnya kenari sudah menjadi babon untuk kenari betina dan kenari pemcek untuk kenari jantan. Kenari babon adalah sebutan untuk kenari betina yang sudah bertelur dan menghasilkan anakan, Kenari pemacek adalah pejantan yang sudah pernah dikawinkan, dan pastikan kenari pemacek ngisi sehingga saat dikawinkan dengan kenari betina menghasilkan telur yang fertil atau ngisi.

Memulai beternak kenari dari indukan yang sudah pernah berproduksi pasti jauh lebih mudah dibanding memulai ternak kenari dari kenari siapan. Lebih bagus lagi kalau bisa mendapatkan pasangan kenari yang memang jodohnya dan pernah berproduksi, karena kenari yang sudah berjodoh dan menghasilkan anakan biasanya langsung kawin saat disatukan, anda pun sudah tidak perlu lagi menjodohkan kenari tersebut, karena kedua kenari memang sudah pasangannya, hanya nunggu saat yang tepat (birahi) untuk dikawinkan lagi. Jika tidak bisa mendapatkan kenari yang sudah berpasangan tidak masalah yang penting kedua kenari sudah pernah berproduksi.

Setelah anda mendapatkan sepasang kenari yang sudah pernah berproduksi, anda tinggal melakukan pengkondisian seperti memandikan kenari, menjemur dan sebagainya jika sudah terlihat tanda-tanda birahi maka anda bisa langsung mengawinkan kedua indukan tersebut. Jika sudah terjadi perkawinan sebanyak 2 kali lalu anda pisahkan kembali. Lakukan proses ini hingga 3 hari berikutnya, biasanya kurang lebih lima hari kenari betina sudah bertelur dan akan mengerami telur-telurnya hingga menetas, lama penegeraman telur 14 hari, jadi anda akan melihat anakan kenari tidak sampai satu bulan jika saja proses tersebut berjalan dengan lancar.

Tips Tambahan

Membeli kenari yang sudah pernah berproduksi sebaiknya jangan sembarangan apalagi beli di pasar yang tidak jelas, karena terkadang kenari pemacek atau babon yang ada di pasaran adalah kenari yang sudah tidak berproduksi dengan baik, bisa saja rusak misal tidak tidak ngisi atau tidak mau meloloh anakannya saat telurnya menetas namun tidak semua begitu.  Kami sarankan belilah kenari babon atau pemacek ke peternak atau rekanan anda yang dapat dipercaya, labih baik lagi kalau anda dapat melihat langsung hasil anakannya.

Baca juga:

Sekian dulu mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan inspirasi dan tambahan wawasan mengenai cara ternak kenari super cepat, sehingga anda lebih semangat lagi dalam beternak kenari dan lebih cepat berhasil tentunya. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter