Cara Agar Burung Kenari Betina Cepat Bertelur, Lengkap !

Cara  agar kenari betina cepat bertelur - Saat ini sudah umum diketahui bahwa Burung Kenari merupakan salah satu burung kicau yang mudah diternak. Bagi peternak kenari berpengalaman pastinya dapat mengetahui dengan mudah kapan kenarinya siap untuk reproduksi. Bagi penggemar yang tergolong pemula biasanya masih merasa kesulitan untuk memperkirakan kesiapan kenari betina untuk dikawinkan. Maka dari itu perlu banyak belajar dan segera mencoba beternak kenari agar pengalaman anda terus meningkat hingga akhirnya menjadi peternak kenari yang hebat.

Perlu anda ketahui bahwa Burung Kenari betina yang siap untuk berkembang biak atau bereproduksi, umumnya ketika sudah berumur 6 bulan untuk kenari lokal dan 10 bulan untuk kenari bongsor. Adapun tanda-tandanya dapat dikenali saat kenari jantan berkicau dengan keras, lalu kenari betina merespon dengan menunggingkan ekornya, sayapnya ngeleper. Menjodohkan kenari betina siapan dengan kenari jantan sebaiknya jangan sampai telat jika sudah memasuki kesiapan untuk dikawinkan, sebab jika terlambat menjodohkannya misal hingga usianya mencapai 1 tahun, maka nantinya saat diternak si kenari betina tidak segera bertelur. Baca: Cara menjodohkan Kenari.

Cara agar kenari cepat bertelur

Berikut saya berbagi tips supaya kenari betina cepat bertelur baik untuk kenari yang belum pernah bertelur (tembean) maupun yang sudah pernah berproduksi (babon). Penasaran ingintahu caranya silakan perhatikan poin-poin penting di bawah ini.

Cara Agar Kenari Betina Cepat Bertelur

Khusus kenari betina siapan atau tembean (belum pernah bertelur)
  1. Jemurlah kenari betina siapan/tembean secara rutin (07.00-09.30). Penjemuran sangat penting guna membantu mempercepat matang kelamin dan meningkatkan birahinya.
  2. Pastikan kenari betina siapan tidak gemuk, karena kalau kegemukan sampai bergajih diperut maupun di lehernya maka ia akan sulit bertelur walaupun sudah kawin.
  3. Kenari betina dan kenari jantan jangan dicampur dalam satu sangkar dalam jangka waktu yang cukup lama, karena bisa mengurangi tingkat birahinya.
  4. Berikan pakan bernutrisi seperti telor puyuh rebus, jangan ketinggalan sayur hijau dan apel. Namun secukupnya saja agar kenari tidak terlalu gemuk. Pakan EF ini berguna untuk membantu meningkatkankan birahi burung kenari.
  5. Jika kenari tembean ini sudah terlihat siap kawin dan birahi, maka segera masukan kenari jantan/pemacek ke dalam sangkar kenari betina. Jika tidak segera kawin dekatkanlah kenari pejantan yang gacor lain agar segera mau kawin. Perlu diketahui mengawinkan kenari yang belum pernah bertelor itu lebih sulit bila dibandingkan dengan kenari yang sudah pernah bertelur.
  6. Jika sudah selesai kawin setidaknya 2 kali, maka selanjutnya memisahkan kenari jantan dengan kenari betina.
  7. Besoknya bisa anda kawinkan lagi dengan cara seperti semula hingga 3 hari berikutnya sampai kenari siap bertelur. 

Khusus indukan kenari betina (pernah bertelur/berproduksi)
  1. Jemur kenari indukan betina setiap hari (07.00-09.30). Ini berguna agar kenari tetap sehat dan dalam kondisi birahi dan cepat bertelur.
  2. Jangan membiasakan kenari betina dicampur dengan kenari pejantan dalam satu sangkar dalam waktu lama, supaya kenari betina terbiasa langsung kawin saat hendak dikawinkan.
  3. Upayakan kenari tidak kegemukan, walaupun umumnya kenari indukan lebih mudah diternak namun ketika terlalu gemuk maka ia tidak akan segera bertelor meskipun sudah dikawinkan.
  4. Tambahkan EF berupa telor puyuh, tidak lupa sayuran dan apel, tapi jangan sampai berlebihan.
  5. Apabila indukan kenari betina sudah terlihat siap dan birahi, cirinya bisa anda lihat pada perutnya yang berisi, bengkak serta kulit perutnya sudah tidak kendor lagi, itu artinya sudah siap kawin. Maka segera kawinkan dengan kenari pejantan dengan cara memasukan pejantan ke dalam sangkar kenari betina. Setelah kawin lalu pejantan kembalikan ke sangkar semula.
  6. Besoknya hingga 3 hari berikutnya anda ulangi proses mengawinkan kenari tersebut hingga kenari betina siap bertelur.
Baca juga: Cara beternak burung kenari lengkap.

Demikianlah tips tentang cara  agar burung kenari betina cepat bertelur yang bisa saya persembahkan untuk para penggemar burung mungil nan cantik ini. Semoga canary yang anda budidayakan dapat segera bertelor dan menghasilkan anakan yang banyak dan berkualitas. Salam sukses.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter