Cara Merawat Anakan Kenari (PIYIK) yang Baru Menetas

Cara merawat anakan kenari baru menetas - Hallo, sobat kenari mania. Kali ini saya akan sharing tentang tips perawatan anakan kenari yang baru menetas. Namun lebih tepatnya ini merupakan tips perawatan induk kenari yang sedang meloloh anakan yang baru menetas, sebab indukan kenarilah yang senantiasa merawat piyiknya jika sudah menetas. Cara merawat piyik kenari yang baru menetas tentunya memerlukan perawatan khusus agar semua anakan kenari yang telah berhasil menetas dapat tumbuh dengan baik hingga dewasa. Banyak penangkar kenari pemula yang menanyakan hal ini, karena tidak sedikit juga piyik-piyik yang sudah menetas lalu mati dalam hitungan hari.


Pada umunya telor-telor kenari yang dierami induknya akan menetas pada hari ke 14. Perlu diketahui bahwa pada saat induk kenari mulai bertelor hingga ke tahap pengeraman maka ia juga membutuhkan pakan yang cukup bernutrisi seperti telor puyuh, sayuran dan buah. Nah, di saat telur mulai menetas, maka indukan kenari betina akan memloloh anakanya setiap 1 jam sekali. Jika beternak kenari secara berpasangan, tentunya kedua indukan baik jantan maupun betina akan meloloh anakan secara bersamaan.

Merawat anakan kenari

Ada 2 tahapan dalam merawat anakan kenari (piyik) yang baru menetas atau merawat indukan kenari yang sedang meloloh anakannya yang baru menetas. Untuk lebih jelasnya langsung anda simak tipsnya berikut ini:

Cara Merawat Anakan Kenari Baru Menetas

a. Anakan kenari umur 1 hari sampai 1 minggu

1. Berikan telor puyuh rebus
Pemberian telor puyuh harus diberikan dari pagi, siang dan sore. Porsi pemberian telor puyuh disesuaikan dengan jumlah anakan yang menetas. Telor puyuh rebus tersebut sangat baik untuk pakan piyik kenari yang baru menetas, sebab teksturnya yang lembut dan mudah dicerna, sehingga bisa meminimalisir anakan kenari mati di usia dini.

2. Tidak memberikan sayuran ke induk kenari
Apabila anakan belum berumur 1 minggu, sebaiknya pemberian sayuran distop dulu, jadi cukup disediakan telur puyuh matang dulu didalam sangkar. Karena sistem pencernaan piyik kenari yang baru menetas masih belum kuat.

3. Tambahkan egg food
Egg food juga mengandung gizi yang cukup sehingga sangat baik untuk anakan atau piyik dan lebih praktis. Jika sebagian dari anda belum tahu apa itu egg food, egg food adalah makanan kenari yang terbuat dari bahan dasar telor yang sudah dioven atau dikeringkan. Baca: Beberapa EF Makanan Kenari.

4. Berikan pakan biji-bijian seperti biasanya
Umumnya jika anakan kenari masih kecil dan di sarang tersedia telor rebus maka induk kenari akan memakan pakan bijian tadi untuk dirinya sendiri. Bila anakan kenari sudah agak besar maka pakan bijian juga akan dilolohkan ke piyik kenari. Baca juga: Jenis biji-bijian pakan Kenari yang baik.

5. Berikan vitamin kenari yang sesuai
Multivitamin khusus penangkaran kenari sudah banyak beredar jadi tidak perlu bingung.

b. Anakan kenari umur 1 minggu sampai panen

1. Berikan telur puyuh atau telur ayam rebus
Pemberian telur rebus terus dilakuka sampai anakan kenari siap dipanen. Telor tersebut sangat baik untuk anakan karena mengandung gizi yang cukup, sehingga piyik kenari bisa tumbuh sehat dan cepat besar.

2. Tambahkan menu sayuran
Jika anakan kenari sudah berumur kurang lebih 1 minggu, maka pakan indukan ditambahkan menu sayuran di dalam sangkarnya. Sayur hijau yang bisa diberikan yaitu sawi putih, sawi ijo, kecambah, selada, dan tidak lupa buah apel.

3. Berikan pakan bijian seperti biasa
Pakan biji-bijian harus selalu tersedia setiap hari di dalam sangkar, karena ini merupakan pakan utama burung kenari. Baca: Cara menyajikan pakan biji-bijian yang inovatif.

4. Berikanlah egg food
Selain memberikan telur rebus pemberian egg food juga penting, agar anakan tumbuh dengan sehat, subur dan cepat bongsor. Egg food adalah makanan kenari yang berbahan dasar telur yang sudah dikeringkn.

5. Berikan vitamin kenari
Bila perlu berikan vitamin khusus ternak hingga piyik kenari dipisah dari induknya. Pemberiannya dicampurkan ke dalam air minum.

Itulah penjelasan dan tips tentang cara merawat anakan kenari baru menetas yang bisa saya share kepada anda. Tips perwatan piyik kenari yang baru menetas, bisa saja tidak sama persis dengan diatas. Mungkin saja tidak memberikan sayuran dulu sebelum piyik kenari belum berumur 3 hari. Namun alangkah baiknya tidak memberikan sayuran dulu jika piyik baru berusia 1-3 hari jadi cukup diberi telur rebus dulu. Berharap sobat penggemar burung cantik ini selalu bisa merawat anakan kenari nya yang baru menetas ini. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter