Cara Ampuh Agar Burung Kenari Berkicau Panjang/Lama

Cara agar kenari berkicau lebih panjang - Burung Kenari adalah burung yang cantik mungil dan pandai sekali berkicau dengan ciri khasnya yang ngeroll. Umumnya setiap burung kenari mampu berbunyi dengan suara khas ngerolnya dengan durasi lumayan panjang setiap kali berkicau. Durasi kicauan burung kenari yang panjang itu biasanya ditentukan oleh kualitas dari burung itu sendiri, selain itu juga faktor lain yang mempengaruhinya yaitu pola perawatan sehari-hari.

Pada dasarnya Burung Kenari yang berkicau itu merupakan sebuah nyanyian bagi Kenari yang tujuannya beragam, ada kalanya ia berkicau karena ingin menunjukan kehebatan berkicaunya, menunjukan bahwa ia sedang ingin kawin, merayu serta mencari perhatian kenari betina dsb. Durasi suara kicauan burung kenari ada yang panjang dan ada juga yang pendek atau putus-putus, nah yang demikian itu ada beberapa faktor yang memengaruhinya salah satunya ialah kekuatan bernafas dan kesehatan burung kenari. Baca juga: Download suara kenari gacor ngerol.

Gambar kenari sedang berkicau

Bagi anda yang ingin Kenari andalannya dapat berkicau dengan lantang disertai durasi kicau yang panjang atau lama, maka usahakanlah agar Kenari mempunyai nafas yang kuat dan panjang serta kondisinya sehat. Biasanya burung kenari yang nafasnya kuat dan pnjang serta sehat ia akan mampu berkicau dengan durasi suara kicauan yang panjang pula. Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan khusus. Adapun tips perawatannya agar kenari ngerol panjang silakan disimak berikut ini.

Tips Cara Agar Burung Kenari Berkicau Ngerol Panjang

1. Melatih fisik kenari di sangkar umbaran
Melatih fisik Kenari dengan cara melepasnya di sangkar umbaran sangatlah penting guna membuat fisiknya atau otot-ototnya jadi lebih kuat sehingga nafas atau kekuatan vokalnya akan lebih kuat dan panjang pula. Sangkar umbaran adalah sangkar yang dibuat khusus mengumbar burung, ukurannya beragam 1-3 meter, jadi sangat baik untuk melatih otot/fisik kenari. Melepas Kenari di kandang umbaran bisa dilakukan 3 kali seminggu dengan durasi kurang lebih 3 jam.

2. Gunakakan sangkar harian yang besar atau luas
Selain sering mengumbar Kenari di sangkar khusus umbaran juga penting memakai sangkar harian yang besar agar Kenari lebih leluasa bebas terbang di dalam sangkar, sehingga otot-otonya serta kesehatannya akan jauh lebih baik. Bila Kenari sudah berotot dan sehat dijamin akan mampu berkicau dengan durasi yang lebih lama atau panjang.

3. Memaster kenari dengan suara kenari yang berdurasi panjang
Adapun tujaun dari memaster kenari adalah agar Kenari bisa meniru dan melagukan suara kenari masteran tersebut. Nah bisa dibayangkan bila suara masteran berdurasi panjang maka Kenari pun akan menirukan sama persis seperti suara masteran tersebut, sehingga durasi berkicaunya akan pnjang pula. Begitu pun sebaliknya bila anda memaster kenari dengan suara masteran yang pendek-pendek atau putus-putus, maka sang Kenari pun akan menirukannya. Baca juga: Cara memaster kenari.

4. Pastikan kenari selalu sehat dan prima
Kesehatan Kenari sebetulnya menjadi faktor penting agar Kenari bisa berkicau dengan durasi yang lebih panjang. Maka dari itu anda harus memperhatikan kondisi kesehatan burung mungil ini, jadi anda wajib memberikan perwatan yang baik dan benar. Banyak hal yang harus anda lakukan agar kenari selalu sehat dan prima yaitu memberinya multivitamin, menjemur dan memandikannya secara rutin sesuai jadwal, tidak lupa untuk memberikan pakan yang bergizi seperti kroto, telor puyuh, ulat hongkong, sayuran ijo, apel, pakan bijian mix secara teratur.

Jangan lupa simak juga:

Demikianlah beberapa tips cara agar kenari berkicau panjang. saya do'akan agar Kenari kesayangan anda selalu berkicau dengan durasi alunan suara yang panjang, namun semuanya juga bergantung pada karakter atau kualitas Kenari itu sendiri, namun bila dilatih dengan teratur insyaallah Kenari akan mampu berkicau lebih lama dan berkualitas. Salam Kenari Mania.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter