Cara Melatih Mental Burung Kenari Agar Kuat dan Pemberani

Hallo, sobat Kenari Mania. Apakah anda salah satu penggemar Burung Kenari yang memiliki problem pada mental burung kenarinya yaitu apabila ia digantang di arena lomba maka ia akan membisu padahal bila di rumah kenari tersebut tidak henti hentinya berkicau siang malam, maka Kenari yang demikian termasuk kenari yang mental tempurnya tidak kuat dan melempem ketika ia  berhadapan dengan Kenari lomba yang lain. Maka dari itu perlu perawatan melatih mental kenari. Lihat juga: Download suara kenari gacor speed rapat.

Sebetulnya baik di area rumah maupun di arena perlombaan burung, mental kenari yang kuat dan bagus merupakan pondasi utama agar ia dapat berkicau dengan ngotot serta ngerol panjang-panjang. Bila Kenari yang mentalnya tidak kuat lalu dipaksakan diikutkan lomba maka sudah pasti ia tidak akan bekerja secara maksimal, paling-paling si canary itu akan melototi burung kenari lain yang sedang berkicau dengan kualitas suara yang memukau. Baca juga: Cara melatih dan menjinakan kenari.

Cara melatih mental burung kenari agar kuat dan pemberani

Ciri-Ciri Burung Kenari Mentalnya Tidak Bagus

1. Saat Kenari digantang sendirian dirumah, maka ia akan mengeluarkan seluruh kemampuan berkicaunya disertai suaranya yang keras dan menggelegar namun ketika ia digantang bersamaan dengan kenari jantan lain maka ia akan diam tidak berkicau, seandainya berkicau paling sepatah dua patah jadi kicauannya tidak sebagus ketika di rumah/sendirian. Nah itu menjadi satu petanda bahwa Kenari tersebut sedang mengalami masalah pada mentalnya.

2. Kenari dapat berkicau dengan lantangnya bila tidak ada orang di sekitarnya namun ketika kita coba mendekatinya lalu ia akan langsung berhenti berkicau, itu juga merupakan tanda bahwa kenari mentalnya kurang bagus/kuat. Apabila hal ini terjadi ketika kenari dilombakan maka pastilah tidak akan mendapat nilai yang bagus dari juri. Ada kalanya dalam perlombaan juri akan menilai seekor Kenari dari jarak yang dekat terkadang juri akan menghampirinya pas dibawah gantangan.

Oleh karena, sebagai pemilik harus memberikan pelatihan khusus agar Kenari mempunyai mental yang kuat dan pemberani, jadi walaupun ia didekati oleh juri maupun sang pemilik maka Kenari akan tetap berkicau memukau para juri tanpa ada rasa takut dan giras sedikit pun. Dalam pelatihan agar kenari bermental pemberani dan kuat, ada beberapa tips yang bisa anda coba agar kenari punya mental bagus.

Tips Cara Melatih Mental Burung Kenari Yang Baik Dan Benar

1.Sering Menempatkan Kenari di lokasi yang berbeda
Ini merupakan cara ampuh agar Kenari bermental baja, sebaiknya lakukan ini ketika Kenari masih muda, bila hal ini sering dilakukan oleh sang pemilki ketika kanari masih belum dewasa, maka saat ia dewasa dan siap untuk dilombakan, maka si kenari akan mempunyai mental yang mantap sehingga hasilnya akan maksimal saat ia berkicau dan dilombakan.

2. Jangan gandeng kenari jantan muda dengan kenari gacor sangat dekat
Untuk Kenari jantan muda janganlah selalu digandeng dengan kenari gacor yang suaranya sudah lantang dan ngerol dengan jarak sangat dekat, karena bisa membuat burung muda akan minder sehingga akan mempengaruhi mentalnya. Sebenarnya memaster kenari muda dengan kanari gacor sangatlah baik namun bila terlalu dekat maka kenari pejantan muda tersebut kelak akan mengalami masalah dengan mentalnya.

3. Sering membawa kenari ke arena lomba atau latber
Bila kenari masih muda sebaiknya sering-seringlah membawanya ke arena perlombaan burung kenari atau latber, walaupun tidak diikutkan lomba tidak masalah, tujuannya agar Kenari selalu bisa beradaptasi dengan lingkungan baru secepat mungkin. Bila nanti sudah waktunya ia dilombakan maka ia akan mudah tampil karena sudah terlatih.

4. Sering mengganti sangkar hariannya
Sering mengganti sangkar hariannya juga berpengaruh baik bagi mental si kenari, misalnya sebelum Kenari dilombakan menggunakan sangkar harian, sesekali ia juga diumbar di sangkar umbaran lalu tempatkan ia di sangkar harian lagi, begitu Kenari siap dilombakan maka sangkarnya diganti dengan sangkar lomba. Nah dengan begitu kita sudah membantu mentalnya agar makin kuat dan bagus. Jangan lupa juga untuk memulai mengkerodong Kenari ketika masih berusia muda atau anakan.

Jangan lupa baca juga:

Saya akhiri dulu ulasan ini tentang cara melatih mental kenari agar kuat dan pemberani. Semoga Burung Kenari yang anda pelihara memiliki mental yang hebat. Semoga bermanfaat..

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter