5 Cara Agar Volume Suara Burung Kenari Makin Keras dan Lantang

Volume suara kenari - burung kenari yang mapu berkicau dengan alunan lagu yang mewah disertai dengan suara gacoran yang keras atau lantang pasti ia akan tampak lebih wow dibanding burung ocehan yang hanya bisa berkicau ala kadarnya, apalagi tarikan suaranya cuma mlempen atau lirih maka burung peliharaan yang demikian bisa dikatakan sebagai kicauan kurang berkualitas dan seandainya dibawa ke ajang lomba kemungkinan akan sulit masuk 5 besar. Maka dari itu diperlukan perawatan tepat cara agar volume suara kenari makin keras atau maksimal. Lihat juga: Suara Kenari Gacor Ngerol.

Jika kenari jagoan kita dapat berkicau dengan suara kicauan yang keras atau lantang pastilah ia akan lebih menarik. Andai kata diikutkan dalam perlombaan maka kemungkinan besar ia akan memenangkan kompetisi sebab salah satu faktor kemenangan ialah burung kontestan harus bisa membawakan sebauh lagu denagan irama yang baik dan pastinya dengan suara lantang. Bila seekor kenari dianugerahi suara keras nan lantang biasanya akan dihargai lebih mahal dan keturunannya pun akan diburu pembeli. Sebab volume suara pada burung merupakan faktor genetis, sebenarnya kita hanya bisa memaksimalkan volumenya agar lebih baik.

cara agar volume suara kenari makin kerasa

Memaksimalkan Suara Kenari
Perlu digaris bawahi bahwa kita juga harus bijak pada burung peliharaan kita, jikalau ia umurnya masih muda maka kita jangan berharap lebih karena memang belum saatnya. Biasanya seekor kenari akan mampu berkicau gacor ngerol dengan keras tatkala usianya sudah memasuki 7 bulanan untuk kenari bertubuh bongsor bisa sampai 10 bulan atau 1 tahun lebih. Nah jika dirasa dari segi umur sudah cukup namun si burung ta kunjung gacor dengan nada lantang maka ia perlu diberi perawatan yang lebih intensif.

Walaupun pada kenyataannya tidak melulu kenari muda yang bersuara kecil atau lirih, kenari jantan yang sudah berumur pun terkadang hanya berkicau dengan suara mlempem. Oleh karena itu sebaiknya cari tahu penyebab dan cara meningkatkan volume suara kenari tersebut sehingga pada akhirnya ia akan berkicau lebih keras dan lantang.

Faktor Penyebab Kenari Bersuara Mlempem
Berikut beberapa penyebab mengapa kenari jantan cuma berkicau mlempem diataranya: sedang tidak sehat, kurang jemur, terlalu gemuk, infeksi tenggorokan, pakan seadanya. Itulah beberapa poin yang bisa menjadi pemicunya. Lantas bagaimana cara mengatasinya.

Cara Agar Volume Suara Kenari Makin Keras 

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa volume suara kenari merupakan faktor keturunan semenjak menetas. Maka kita bisa mekasimalkan suara kenari tersebut agar lebih wah. Penting diketahui pasalnya burung kenari akan mampu berkicau keras lantang jika ia memiliki suara yang kuat dan sehat fisik pula. Oleh karena melatih fisik dan memberikan ramuan khsusus menjadi penting agar ia senantiasa berkicau gacor dengan voleme keras. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Berikan ramuan daun mengkudu muda, daun ini cukup mujarab untuk memaksimalkan suara kenari. Cara pemberiannya cukup digantung di dalam sangkar layaknya sayuran hijau pada umumnya.

2. Berikan pakan bernutrisi tinggi. Kroto perlu anda sajikan pada kenari agar suara kicaunya makin maksimal serta kesehatan tubuhnya terus terjaga.

3. Tambahkan durasi penjemuran, jika selama ini anda hanya menjemur kenari sekitar 1 jam setiap pagi atau bahkan anda jarang menjemurnya, mulai sekarang cobalah menjemurnya secara rutin setiap pagi dengan durasi 2 – 2,5 jam setiap pagi.

4. Usahakan kenari tidak gemuk, sebab bila ia gendut apalagi sampai kenari kegemukan hems maka ia tidak akan bersuara keras apalagi mengkristal. Paling-paling suaranya cuma mlempen bahkan sering malas berkicau.

5. Upayakan ia memiliki fisik dan mental yang kuat, hanya kenari yang sehat dan kuatlah yang mampu berkicau dengan kualitas terbaik. Untuk melatih fisik kenari cukup dipindahkan ke sangkar harian yang lebih besar atau bisa pindahkan ke kandang umbaran setiap 3 – 4 kali seminggu. Baca: Cara melatih mental kenari.

Itulah beberapa cara memaksimalkan volume suara kenari yang cukup ampuh. Semoga informasi di atas dapat anda jadikan acuan dalam perawatan burung anda khsususnya dalam memaksimalkan volume suaranya. Salam kenarimania.com

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter