Burung Parkit Australia / Kakak Tua Mini Yang Istimewa

Burung Parkit Australia merupakan burung paruh bengkok yang memiliki cir khas jambul di atas kepalanya. Parkit Australia sebenarnya bukanlah burung asli Indonesia melainkan dari Australia. Nah, di tanah air sendiri burung cantik satu ini memiliki beberapa nama seperti Burung falk, palek, dan kakak tua mini. Dari kesemua nama-nama tersebut sebenarnya merujuk pada burung parkit australia ini. Sedangkan di negara asalanya ia lebih populer dengan sebutan burung cockatiel.

Burung paruh bengkok jenis parkit australia ini memiliki postur yang relatif besar bila dibandingkan dengan parkit kecil yang biasanya tak berjambul. Kedua jenis tersebut sama-sama dari keluarga burung parrot dimana memiliki ciri-ciri paruhnya bengkok dan pemakan biji-bijian. Burung Parkit Australia ini juga dikenal sebagai burung cerdas dalam meniru ritme suara burung lain dan juga suara alat-alat musik. Tak heran bila di luar negeri banyak pemilik melatih burungnya agar bisa mengukuti ritme sebuah nyanyian.

burung parkit australia

Selain posturnya yang bisa dikatakan ideal. Warna bulunya pun cukup bervariasi dan cantik-cantik. Jadi siapaun penggemar burung akan jatuh hati melihat keindahan corak bulunya. Adapun varian parkit australia yang paling disukai adalah Lutino dan Albino. Istilah tersebut memang mirip dengan istilah pada burung lovebird. Hanya saja antara kedua jenis burung tersebut memiliki balutan warna bulu berbeda tapi dengan warna dasar yang sama.

Parkit Australia juga termasuk salah satu burung cerdas yang sering dilatih untuk melakukan beberapa trik seperti menaiki tangga, fly tome yang biasanya diajak main di ruangan terbuka. Nah, jika kalian ingin melatih burung cantik dan berjambul ini agar jinak sebaiknya carilah burung yang masih anakan. Kemudian diloloh menggunakan spet. Dengan beriringnya waktu sambil lalau Ia diajarkan untuk main di luar sangkar agar terbiasa.

Bagi anda yang hendak memelihara burung parkit australia ini sebetulnya perawatannya tak jauh berbeda dengan perawatan Lovebird. Sebab dari segi makanan sama-sama pemakan biji-bijian. Dalam perawatan sebaiknya berikan pakan biji-bijian mix artinya terdiri dari beberapa biji-bijian seperti milet merah, milet putih, canary seed dan sesekali berikan juga jagung muda dan irisan apel. Karena Parkit jambul asal Australia ini juga doyan makan sayur dan buah.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter