Mengenal Burung Anis Cendana Lebih Dekat Beserta Ciri-cirinya

Burung anis cendana memiliki nama latin zoothera peroni merupakan pengicau yang banyak ditemukan di Flores maupun di Timur Leste. Burung kicau bernama anis cendana ini memang tak sepopuler kerabat dekatnya yakni anis kembang dan anis merah. Meskipun begitu, banyak para kicau mania jatuh hati pada anis cendana satu ini..

Sedikitnya ada dua hal mengapa burung anis cendana cukup diminati di kalangan perburungan Indonesia. Pertama, karena suara kicauan gacorya cukup unik dan ditambah lagi tampilan fisiknya juga lumayan cantik dengan kombinasi warna coklat kemerahan, abu-abu gelap dan putih. Goresan hitam dan putih di bagian wajahnya juga turut menjadi ciri khasnya diantara jenis anis lainnya.

burung anis cendana

Ditelisik dari kualitas suara kicauannya ternyata ia juga memiliki kemampuan berkicau cukup baik dengan volume suara nyanyian yang lumayan lantang. Namun perlu diketahui bahwa burung anis cendana biasanya tidak berkicau sambil teler. Hal ini tentu berbeda dengan anis merah yang sudah sangat terkenal akan kemampuan berkicaunya sembari teler goyang ke kanan dan ke kiri di atas gantangan.

Memang begitulah maha agung sebuah penciptaan, setiap jenis burung kicau tercipta dengan bentuk, keindahan dan kemampuan berbeda-beda. Sehingga setiap orang tentu memiliki minat dan ketertarikan sendiri akan burung kicau dambatan hatinya. Ada yang suka punglor merah, ada pula yang menyukai cucak ijo, lovebird, kacer dan lain sebagainya.

Burung anis cendana itu memiliki kemiripan dengan burung anis macan baik dari bentuk fisik dan warna bulunya, tapi tidak sama persis. Kalau anis cendana cendrung coklat kemerah-merahan, sedangkan anis macan lebih didominasi warna gelap, putih dan tampak sedikit coklat kemerahan di bagian atas punggung. Berikut karakteristik anis cendana selengkapnya.

Ciri-Ciri Anis Cendana:
  1. Bagian wajah terdapat goresan hitam dan putih.
  2. Kepala, dada hingga perut berwarna coklat kemerahan.
  3. Punggung, sayap sampai ekor berwarna abu-abu gelap.
  4. Paruhnya berwarna biru gelap.
  5. Kakinya tampak putih gading.

Cukup sekian dulu informasi singkat mengenai burung anis cendana yang dapat KenariMania share pada sobat semua. Semoga ada manfaatnya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter