5 Perbedaan Ciri Burung Blackthroat dan Edel Sanger

Perbedaan blackthroat dan sanger - Burung Edel Sanger atau lebih umum disebut burung Sanger adalah salah satu jenis finch yang memiliki bakat berkicau dengan keunggulan dan ciri khasnya sendiri. Khususnya untuk sanger jantan. Jadi suara kicauannya juga cocok untuk dijadikan masteran untuk burung Kenari. Dalam bahasa inggris, edel sanger disebut grey singing finch.

Sedangkan dalam bahasa ilmiah Edel Sanger si pemakan biji-bijian yang berperawakan kecil ini dinamakan crithagra leucopygius atau serinus leucopygius. Pengicau satu ini asli nya berasal dari Afrika. Adapun habitat aslinya yaitu padang rumput kering, perkebunan bahkan prekampungan penduduk seperti KenariMania kutip dari Wikipedia.

blackthroat dan sanger

Namun jika anda tertarik dan ingin membeli edel sanger, kini anda bisa mendapatkannya dari peternak sanger di Indonesia. Walaupun penangkar dan populasi sanger di tanah air tak sebanyak kenari dan blackthroat. Jadi sedikit dibutuhkan usaha untuk mencarinya ke penjual.

Baca juga yak:



Sebelum anda membeli burung sanger sebaiknya anda harus tahu dulu ciri-ciri nya. Karena edel sanger memiliki kemiripan warna dan motif bulu dengan Blackthroat atau Black throated canary biar anda tidak salah pilih. Tapi bila anda sudah mengenalinya dengan baik niscaya tidak akan tertukar dengan blackthroat dan jenis finch lain. Berikut ciri-ciri Edel Sanger dan Blackthroat yang perlu anda ketahui.

Perbedaan Blackthroat dan Edel Sanger

A. Ciri-ciri Burung Edel Sanger
  1. Postur badan lumayan kecil sekitar 10-11 cm. Lebih kecil dari blackthroat.
  2. Warna bulunya dominan keabu-abuan yang relatif pudar.
  3. Bulu di bawah dagu berwarna putih dan keabu-abuan.
  4. Pada pangkal ekor atas tidak terdapat warna kuning.
  5. Suara kicaunya berirama cepat nan rapat.

B. Ciri-ciri Burung Blackhroat
  1. Postur tubuh sekitar 12 cm. Lebih besar dari Sanger.
  2. Bulu-bulunya didominasi warna abu-abu bermotif yang tampak tegas.
  3. Di bawah dagu terdapat noktah hitam yang menyerupai dasi.
  4. Di atas pangkal ekor punya ciri khas bulu berwarna kuning cerah.
  5. Ciri khas suaraya bernada rapat dan cepat pula.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai perbedaan ciri-ciri burung edel sanger dan burung blackthroat yang dapat saya tulis dan bagikan kepada anda para kenarimania. Mudah-mudahan kita semakin mengenal dan menyukai kedua pengicau bertalenta tersebut.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter