5 Perbedaan Ciri Edel Sanger Jantan dan Betina Paling Akurat

Burung sanger jantan dan betina - Mungkin anda sudah mengenal burung penyanyi bernama Edel Sanger atau yang juga dikenal dengan nama Grey singing finch. Ya pengicau berkarakter satu ini memang memiliki warna bulu yang tak terlalu menarik. Meski begitu, burung sanger punya kualitas dalam berkicau, terutama pada burung sanger jantan. Oleh karenanya, anda mesti pilih edel sanger jantan jika ingin menikmati suara kicau merdunya.

Kecuali bila anda ingin beternak burung mungil berparas rada gelap ini, tentu anda harus menyiapkan sepasang burung sanger jantan dan betina. Tapi masalahnya anda akan mengalami kebingungan jika belum mengetahui ciri-ciri perbedaan burung sanger jantan dan betina. Ketahui juga: Perbedaan blackthroat dan sanger.

sanger jantan dan betina

Maka dari itu saya ingin berbagi tips jitu cara membedakan sanger jantan dan betina yang cukup akurat agar anda bisa menentukan jenis kelaminnya lebih mudah. Sehingga anda dapat memilihnya sesuai tujuan pemeliharaan. Jika anda bertujuan untuk gacoran ataupun buat masteran sebaiknya pilih edel sanger pejantan bukan betina. Berikut tips selengkapnya.


Cara Membedakan Sanger Jantan dan Betina

A. Ciri-ciri Sanger Jantan
  1. Warna bulu dibagian dada tampak abu-abu cendrung putih.
  2. Di bawah paruh terdapat lebih banyak bercak putih.
  3. Postur badan lebih besar dan panjang dan tampak lebih besar dan panjang.
  4. Bisa berkicau ngerol panjang, nyanyian lebih bervariasi dengan volume lebih powerful.
  5. Bulu pendek di atas matanya cendrung berwarna putih cerah.

B. Ciri-ciri Sanger Betina
  1. Pada bagian dadanya cendrung berwarna abu-abu gelap.
  2. Di bawah paruh terdapat sedikit bercak putih.
  3. Postur tubuh cendrung kecil dan tidak setegap pejantan.
  4. Alunan suara nyanyiannya cendrung monoton dan tak senyaring pejantan. Jikapun ngerol tidak bisa panjang alias putus-putus.
  5. Bulu halus di atas bola matanya berwarna abu-abu kehitaman.

Dapatkan masteran: Suara edel sanger gacor mp3

Demikianlah beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman dalam membedakan jenis kelamin burung sanger melalui ciri-ciri fisik warna bulu dan suara kicaunya. Tips-tips di atas berlaku khusus burung edel sanger yang sudah dewasa atau matang kelamin. Sedangkan untuk edel sanger yang masih anakan atau muda, maka ciri-ciri seperti yang dijabarkan di atas belum nampak secara jelas. Tapi umumnya anakan edel sanger jantan berukuran relatif lebih besar dari edel sanger betina.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter