12 Cara Jitu Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Lengkap

Kenari jantan dan betina - Burung kenari merupakan burung yang pandai berkicau dan terkenal dengan kicauannya yang khas, karena kicauannya yang merdu dan memukau itulah membuat bayak orang kepincut untuk memiliki dan merawatnya sebagai burung peliharaan di rumah. Banyak pula kicau mania yang menurunkan kenarinya ke arena lomba burung berkicau bila kenarinya sudah gacor dan memiliki kemampuan berkicau yang baik. Tentunya kenari jantan lah yang mampu berkicau dengan bagus dan memukau.

Simak juga Tips kenari gacor ngerol panjang.

Nah, bila sobat masih belum bisa membedakan kenari jantan dan kenari betina, hari ini KenariMania ingin memberikan tips cara jitu membedakan kenari jantan dan betina. Memang menentukan jenis kelamin pada burung kenari tidak mudah, apalagi bagi mereka yang masih pemula, namun dengan mengetahui ciri-ciri kenari jantan dan betina akan mempermudah untuk membedakan jenis kelaminnya.

Cara membedakan kenari jantan dan betina

Membedakan antara kenari pejantan dan betina sebetulnya lebih mudah bila usianya sudah dewasa dan agak sulit bila usianya masih muda atau belum dewasa. Nah bagi sobat yang ingin segera mengetahui perbedaan jenis kelaminnya silahkah simak poin-poin penting berikut.

Ciri-ciri Kenari Jantan Muda dan Kenari Betina Muda:
  1. Pada saat masih anakan usia 3-7 hari, pada anakan kenari jantan terdapat pembuluh vena (saluran kelamin jantan) terlihat dibagian perut menuju kloaka cirinya seperti garis benang hitam, nah pada kenari betina pembuluh vena ini tidak ada.
  2.  Anakan kenari jantan posturnya lebih besar dan panjang dari pada anakan kenari betina, saat masih di sarang / diloloh.
  3. Anakan kenari jantan warna bulu di bagian kepala terlihat lebih cerah dibanding anakan kenari betina.
  4. Kepala anakan kenari jantan muda lebih pipih dan kenari betina muda bentuk kepalanya cendrung agak bulat
  5. Anakan kenari jantan akan ngeriwik atau belajar bunyi setelah ia dipisah dari induknya sementara saudaranya yang betina tidak ngeriwik.
  6. Kenari jantan muda atau anakan kenari jantan bentuk kloakanya terlihat lebih menonjol dan tegak lurus sedangkan pada kenari betina muda bentuk kloakanya datar atau rata.

Ciri-ciri Kenari Jantan Dewasa dan Kenari Betina Dewasa:
  1. Kenari jantan dewasa memiliki kloaka atau ven yang menonjol dan tegak lurus sedangkan betina tidak memiliki kloaka atau ven yang menonjol tapi datar.
  2. Kenari jantan identik dengan kicauannya yang keras dan ngerol sedang kenari betina tidak bunyi ngerol (bunyi berulang-ulang).
  3. Kenari betina ada juga yang ngerol tapi putus-putus dan tidak senyaring kicauannya kenari jantan.
  4. Kenari jantan posturnya lebih ramping dan panjang sedang kenari betina posturnya relatif pendek dan bulat.
  5. Kenari jantan bentuk kepalanya lebih pipih sedang kenari betina agak bulat.
  6. Pada mata burung kenari jantan terlihat sejajar dengan paruh sedangkan mata kenari betina diatasnya paruh jika diamati dari samping. 

Demikian sedikit informasi tips cara membedakan kenari jantan dan betina, mudah-mudahan setelah anda menyimak ciri-ciri kenari jantan dan betina diatas, sekarang anda lebih mudah untuk menentukan jenis kelamin pada burung kenari. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter