Keistimewaan Kenari Yorkshire Beserta Tips Perawatannya

Pada kesempatan kali ini Kenari Mania akan mengulas seputar keunggulan / keistimewaan burung Kenari Yorkshire dan tips prawatannya. Di Indonesia burung kenari yorkshire atau yang juga disebut Kenari Ys ini boleh dibilang rajanya burung kenari atau kenari paling sempurna. Karena memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh canary jenis lainnya, sehingga harganya pun sangat mahal. Saat ini harga kenari yorkshire berkisar antara 5 juta hingga 10 jutaan, lumayan mahal bukan!.

Kenari Yorkshire identik dengan posturnya yang besar dan panjang dan terlihat seperti wortel yg terbalik. Kenari YS ini pun memiliki tampang sangar karena memiliki kepala yang besar,lebar dan pipih serta bulu dibagian matanya yg panjang, sehingga sebagian matanya terkadang tertutupi oleh panjang nya bulu tersebut. Karena itulah kepalanya terlihat Mbarong begitulah sebutan para penggemar burung yang bertubuh gagah ini.

keistimewaan kenari yorkshire, keunggulan kenari yorkshire, kenari ys

Kenari yorkshire adalah kenri import yang biasanya didatangkan dari Inggris (Ring IOA), Italia (Ring FOI), Belgia (Ring AOB), Jerman (Ring DKB) dan akhir-akhir ini beberapa importir di tanah air mendatangkan kenri yokser dari daerah Turki karena dianggapnya memiliki daya adaptasi lebih bagus dibanding canary yorkshire dari negara lain. Perlu anda ketahui bahwa peternak kenari di Indonesia sudah banyak yg sukses dalam membudidayakan Kenari Yorkshire impor dengan canary yorkshire impor juga, sehingga menghasilkan anakan canary yang bernama Kenri yorkshir lokal dan konon kenari yorkshire lokal daya adaptasinya jauh lebih bagus dibanding yorkshire import.

Soba Kenari Mania berikut secara garis besar keistimewaan burung kenari yorkshire yang harganya mahal tersebut.
  • Burung kenari yorkshire memiliki postur besar dan unik karena ia terlihat seperti wortel yg terbalik.
  • Umumnya memiliki suara lebih keras dibanding jenis kenari kecil lainnya.
  • Memiliki kaki jingkring dan kepalanya yg besar serta mbarong.
  • Kenari Yorkshire asli bila dikawinkan dengan kenari lokal maka akan menghasilkan keturunan bernama kenari F1 ys, F2 ys ,F3 ys dan seterusnya dan harganya juga tidak murah. Sehingga sangat tepat sekali bila dijadikan bisnis yang menguntungkan.
  • Kenari ys ini memiliki potensi bisnis yang sangat menggiurkan karena harganya yg mahal dan stabil, keturunannya pun laku keras di pasaran.
Nah, setelah Anda mengetahui keistimewaan / keunggulan kenari yorkshire di atas, maka kenari kania akan memberikan sedikit tips tentang perawatan Kenari Yorkshire ini:
  • Kenari ys sebaiknya jangan diberikan pakan kiloan melainkan pakan yg sudah jadi (kemasan) karena pakan jadi lebih higienis dan lebih komplit.
  • Jangan perlakukan kenari yorkshire import seperti halnya kenari lokal seperti pemjemuran yg terlalu lama, mandi asal semprot saja, mengingat canary jenis ini butuh adaptasi tinggi dengan cuaca indonesia.
  • Berikanlah ia pakan bergizi namun tidak berlebihan supaya tidak terlalu gemuk, seperti telor puyuh rebus dan apel. Bila kegemukan maka akan berpengaruh terhadapa performa burung kenari itu sendiri.
  • Berikanlah multivitamin yang dicampurkan ke air minumnya.
  • Sebaiknya burung impor yg mahal ini dikrodong di malam hari.
  • Lakukan pembersihan sangkar setiap hari.
Demikian dulu mudah-mudahan artikel sederhana ini tentang keistimewaan kenari yorkshire dan tips perawatannya bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi anda penggemar burung kenari yorkshire ini.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter