Perbedaan Kenari F1, F2, F3, YS, AFS, AF, Impor, Loper dan Lokal

Kenari f1, f2, f3, af, ys, lokal - Trend burung kenari kini semakin populer, tentunya sebagai penghobi burung berkicau khususnya burung mungil ini pastinya sudah pernah mendengar kan dengan istilah-istilah pada canary ini seperti: Kenari ys, f1, f2, f3, af, lokal dan sebagainya. Kendati demikian masih banyak juga sobat kicau mania yang kebingungan untuk membedakan istilah-istilah tersebut. Kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai istilah F pada burung kanari ini. Istilah F atau bahasa kerennya ialah filial yang artinya keturunan. Jadi Kenari F1 adalah kenari keturunan kesatu, F2 adalah keturunan kedua, dan F3 adalah keturunan ketiga dan seterusnya.

Untuk lebih mudahnya dalam memahami istilah pada burung ini, simak contoh berikut: Di Indonesia umumnya Kenari F1 adalah hasil persilangan antara kenari yorkshire murni (impor) dengan kenari lokal, Kenari F2 adalah hasil perkawinan dari yorkshire dengan kenari F1. Dan Kenari F3 adalah hasil persilangan yorkshire dengan kenari F2. Saat ini kenari bongsor seperti F1 ys dan F2 ys menjadi tren dikalangan pecinta burung yang pandai berkicau ini dan permintaan anakan kanari berpostur bongsor belakangan ini terus meningkat.

Gambar kenari yorkshire

Bagi penggemar burung yang juga disebut serinus canaria ini, anda hendaknya tahu perbedaan kenari kenari f1, yorkshire dan kenari lokal dsb. Bagi anda yang masih belum paham mengenai istilah-istilah pada burung mungil nan cantik tersebut, berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Kenari YS adalah singkatan untuk kenari yorkshire. Kenari ys murni umumnya didatangkan dari luar negeri seperti inggris, nah biasanya burung kanari import satu ini dijadikan pemacek oleh para peternak atau breeder canary di indonesia dengan tujuan menghasilkan keturunan yang berkualitas. Baca: Keunggulan kenari yorkshire dan tips perawatannya.
  2. Kenari F1 adalah hasil persilangan antara kenari yorkshire dengan kenary lokal, untuk mengasilkan anakan kenari f1 yang lebih bagus maka canary yorkshire ini sebaiknya dikawinkan dengan kanari af bukan kanari lokal yang kecil.
  3. Kenari F2 adalah hasil persilangan antara Kenari Yorkshire dengan Kenari F1 (keturunan yang pertama) .
  4. Kenari F3 adalah hasil persilangan antara Kenari Yorkshire dengan Kenari F2 (keturunan yang kedua).
  5. Kenari AFs (super) adalah kenari hasil persilangan antara Kenari F1 dengan Kenari F1.
  6. Kenari AF adalah hasil persilangan antara Kenari F1 dengan Kenari lokal.
  7. Kenari Loper atau kenari lokal super adalah kenary hasil persilngan antara Kenari AF dengan Kanari lokal.
  8. Kenari lokal adalah hasil persilangan antara Kenari lokal dengan Kenari lokal atau burung kenari yang telah lama dikembangbiakan di Indonesia.
  9. Kenari Impor adalah burung kenari yang dikembangkan di luar negeri dan didatangkan ke indonesia seperti Kenari Yorkshire, roller canary dan waterslager canary dsb.

Tips:
Buat anda yang hendak membeli burung kenari, misalnya anda ingin membeli Kenari F1 ys, disarankan belilah kenari F1 ys ke peternak langsung dan anda bisa buktikan dengan melihat pemacek atau pejantannya (kenari yorkshire), sehingga akan meminimalisir anda terkecoh saat beli burung kenari, jadi anda harus jeli dan hati-hati. Dengan begitu anda akan mendapatkan burung kenari yang lebih berkualitas dan jelas asal-usulnya. Baca: Jenis kenari import favorit.

Demikianlah informasi singkat mengenai perbedaan kenari f1, yorkshire, af, f2, f3, lokal dan sebagainya. Mudah-mudahan artikel sederhana ini dapat memberikan pencerahan dan manfaat khususnya bagi sobat KenariMania di Indonesia terutama bagi mereka yang masih pemula.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter