7 Cara Mudah Mengatasi / Mengobati Suara Kenari Serak

Cara mengatasi suara kenari serak - Burung Kenari yang istimewa salah satunya adalah mampu berkicau dengan keras dan merdu. Kendati demikian banyak kicau mania yang mendapati kenarinya mengalami gangguan suara yaitu suaranya yang serak bahkan sampai suaranya hilang. Tanda-tanda Suara Kenari yang serak tentunya dapat ditengarai pada suaranya yang terdengar tidak karuan saat berkicau bahkan bila sampai parah maka Kenari hanya akan terlihat menganga saja tanpa ada suara saat ia hendak berkicau.

Bagi anda penggemar Burung Kenari yang mengalami masalah diatas hendaknya tetap tenang dan sabar namun tetap mengupayakan mengatasi kenari yang serak tersebut. Karena Kenari yang suaranya srak pasti suara kicauannya tidak bisa lantang dan terdengar aneh. Burung Kenari yang suaranya serak pasti ada sebab musababnya seperti perawatan nya yang kurang tepat, kenari terlalu gemuk, tenggorokan kenari terkena infeksi, kenari jarang dijemur dsb. Nah, setelah diketahui penyebabnya diaharapkan kenari kesayangan anda yang mengalami masalah suara tersebut dapat diatasi dengan cepat.

Suara kenari serak

Tips cara mengatasi suara kenari serak
  1. Lakukan penjemuran secukupnya setiap hari, penjemuran bisa dilakukan jam 07.00-09.00.
  2. Upayakan kenari tidak kegemukan. Bila kenari kegemukan kurangi pemberian EF seperti telor puyuh dan kroto. Karena Kenari yang kegemukan akan membuatnya malas bunyi dan kicauannya pun bisa melempem. Baca: Mengatasi kenari kegemukan.
  3. Terapi dengan daun mengkudu muda, selama proses terapi sebaiknya tambahkan juga apel dan selada.
  4. Selama proses penyembuhan jangan diberikan mentimun dan oyong karena sayuran tersebut mengandung getah yang bisa memperparah masalah pada suaranya.
  5. Selain diberikan biji kenari penting juga ditambahkan niger seed guna membantu tubuhnya lebih hangat.
  6. Gunakan air matang atau kemasan, sebaiknya stop pemberian air minum dengan air kran, pompa atau pdam karena air tesbebut kurang bagus untuk kenari.
  7. Sangkar Kenari sebaiknya dikerodong di malam hari. 

Sangat disayangkan memang bila kenari kesayangan kita yang awalnya gacor dengan kualitas kicauan terbaiknya, tiba-tiba saja suaranya tidak karuan bahkan bila parah ada juga yang sampai ngorok. Maka dari itu perlu dilakukan perawatan yang baik dan kontinyu.. Setelah dilakukan terapi penyembuhan seperti di atas, diharapkan kenari peliharaan kita yang semula suaranya serak kini bisa tampil prima dengan suara kicauannya yang lantang.

Demikian sedikit tips tentang cara mengatasi suara kenari serak yang bisa saya share kepada anda semua. Semoga kenari anda yang suaranya serak semoga lekas sembuh dan kembali berkicau dengan keras dan merdu seperti sedia kala. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter