Cara Mengawinkan Burung Kenari Dengan Mudah

Proses ternak kenari atau mengawinkan kenari terkadang tidak selalu berjalan mulus. Adakalanya walapun kenari jantan dan betina sudah birahi namun ketika kedua burung tersebut disatukan malah tidak mau segera kawin.

Bila hal diatas terjadi saya harap anda jangan langsung panik dan bingung, lebih baik tenang dan segera cari tahu solusinya. Perlu andat ketahui bahwa Kenari yang tidak mau langsung kawin biasanya terjadi pada kenari betina yang masih muda atau belum pernah bertelur, dan pada Kenari jantan yang masih muda atau baru dikawinkan, namun tidak menutup kemungkinan kenari dewasa pun terkadang juga tidak langsung mau kawin saat disatukan. Baca juga: Cara menjodohkan kenari.

Cara mengawinkan kenari, kenari  kawin,  cara menjodohkan kenari

Berikut tips cara mengawinkan burung kenari, silakan anda baca di bawah ini.

Cara Mengawinkan Burung Kenari

1. Kenari jantan dan  betina ditempatkan pada sangkar terpisah, sehingga tingkat birahi kenari jantan dan betina tetap terkontrol. Bisa anda bayangkan seandainya pejantan dan betina selalu disatukan dalam satu sangkar maka dapat dipastikan gairah untuk kawin berkurang.

2.  Pastikan Kenari jantan juga betina birahi serta sudah matang kelamin. Bila Kenari sudah birahi biasanya pejantan dan betina akan segera melangsungkan perkawinan saat disatukan. Ciri Kenari jantan birahi yaitu sering berkicau dan nabrak jeruji sangkar, adapun ciri kenari betina yang birahi yaitu merobek/menggangkut kertas dan menyusun sarang. Simak juga: Tips meningkatkan birahi kenari.

3. Bila Kenari jantan dan betina sudah birahi, segera kawinkan setelah mereka diberi makan dan sangkarnya sudah dibersihkan, caranya ambil Kenari jantan dan masukan ke dalam sangkar kenari betina.

4.  Bila kedua Kenari tidak segera kawin dekatkanlah kenari jantan gacor lainnya ke kenari yang sedang kita kawinkan, biasanya setelah melihat pesaing datang maka Kenari jantan akan segera menaiki si burung betina lalu terjadilah perkawinan.

5. Jika Kenari sudah kawin biarkanlah kedua kenari tersebut berasamaan beberapa saat kurang lebih 1 jam-an. Idealnya 2 kali kawin sudah cukup lalu kenari jantan dipisah.

6. Ulangilah langkah diatas selama 3-4 hari berikutnya. Nah setelah lewat 4 hari masa perkawinan, Kenari jantan serta betina tidak perlu dikawinkan lagi, maka kanari betina akan segera bertelur kemudian mengerami telur-telurnya hingga menetas lalu meloloh anaknya hingga dewasa.

Tips dan info tambahan

1. Kenari Pemacek atau pejantan idealnya bisa dikawinkan 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore.

2. Kenari betina bila sudah dikawinkan di pagi hari, maka sore harinya kenari betina tersebut tidak perlu dikawinkan lagi. Jika punya beberapa kenari betina sebaiknya di sore hari kawinkan kenari betina lainnya dengan kenari jantan tersebut. Baca juga: Tips agar kenari betina cepat bertelur.

3. Jemurlah Kenari jantan dan betina setiap hari (07.00-09.00), terutama untuk kenari betina yang masih muda atau belum pernah bertelur, penjemuran juga membantu meningkatkan tingkat birahi dan matang kelamin.

4. Tambahkan juga multivitamin untuk merangsang birahi kenari dan membantu tingkat fetilitas telur yang dihasilkan, saat ini sudah banyak tersedia di toko pakan burung dengan berbagai merek.

Demikianlah sedikit tips tentang cara mengawinkan kenari yang dapat Kenari Mania sharekan. Semoga tulisan sederhana sedikitnya bisa menambah pengetahuan sehingga sobat tidak kesulitan saat mengawinkan kenari peliharaannya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter