7 Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Dengan Mudah

Beternak kenari merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan menyenangkan. Kenapa ? Sebab burung kenari sangat pandai sekali berkicau dengan gaya ngerolnya yang khas tersebut. Dan burung ini pun juga menjadi salah satu burung kicau favorit di tanah air mengingat ia memiliki keunggulan berkicau yang mumpuni serta perawatan yang mudah.

Selain ia piawai dalam bericau kenari pun sering dilombakan dalam setiap kontes burung, sebab burung yang juga disebut serinus canaria ini masuk daftar burung lomba yang cukup diminati. Sehingga banyak rekanan ingin mencoba membudidayakan burung satu ini. Omong-omong apakah anda sudah tahu cara menjodohkan kenari?. Jika belum yuk cari tahu tips penjodohan kenari ini.


Beternak kenari pastinya tidak lepas dari proses penjodohan kenari. Menjodohkan kenari adalah proses memperkenalkan kedua kenari jantan dan betina, namun sebelumnya perlu anda ketahui bahwa ada beberapa model penjodohan burung kenari, untuk lebih jelasnya silakan disimak berikut:
1. Pemacek dengan babon
2. Pemacek dengan tembean
3. JM dengan babon
4. JM dengan tembean

Bagi anda yang masih belum tahu dengan istilah diatas, berikut  keterangan lengkapnya:
1. Pemacek adalah Kenari jantan yang sudah pernah dikawinkan.
2. Babon adalah Kenari betina yang sudah pernah produksi.
3. JM adalah Kenari jantan muda yang belum pernah dikawinkan.
4. Tembean adalah Kenari betina muda atau siapan yang belum pernah bertelur alias perawan.

Berdarkan pengalaman pribadi serta dari teman-teman peternak ternyata lebih mudah beternak atau menodohkan kenari yang sudah berstatus pemacek dengan babon atau kenari jm dengan babon. namun tidak sedikit para peternak memulai beternak kenari dari kenari siapan atau muda.

Sebelum menjodohkan kenari sebaiknya anda tahu dulu ciri-ciri kenari yang sudah siap untuk diternak atau dikawinkan. Berikut ciri-ciri Kenari jantan dan betina yang siap untuk dikawinkan.

1. Ciri-ciri kenari jantan siap kawin
  • Kenari jantan yang sudah siap kawin biasanya sering berkicau atau gacor dengan gayanya yang sering terlihat menari ke kanan ke kiri sambil menurunkan sayapnya setengah badan diatas tangkringan.
  • Kenari jantan sering terlihat melompat-lompat di dasar sangkar dan sering menabrak jeruji sangkar sambil berbunyi ngerol.
  • Kenari jantan yang siap dikawinkan biasanya suara kicauannya lebih keras dari biasanya.
2. Ciri-ciri kenari betina siap kawin
  • Kenari betina yang sudah siap dikawinkan dapat dilihat pada kelaminnya yang bengkak dan memerah.
  • Kenari betina yang siap kawin biasanya sering mengeleperkan sayapnya sambil bunyi cit-cit itu pertanda memanaggil kenari jantan
  • Kenari betina yang siap diternak biasanya sering mengangkut kertas, serabut nanas yang ada di dalam sangkar
Setelah anda mengetahui ciri-ciri kenari yang sudah siap diternak di atas, selanjutnya saya bagikan tips tentang penjodohan kenari, silakan disimak informasinya berikut ini:

Cara Menjodohkan Burung Kenari
  • Pertama yang perlu anda lakukan adalah mendekatkan kenari jantan dan betina dengan tujuan agar kedua kenari saling mengenal sehingga pada saat disatukan dapat meminimilisir mereka berantem, bersyukur kalau langsung jodoh.
  • Tanda kenari berjodoh yaitu terlihat kenari pejantan meloloh (menyuapi) kenari batina, sekilas kelihatan mereka sedang berciuman. Ini bisa terjadi jika kedua sangkar saling menempel.
  • Bila sudah terlihat berjodoh maka satukanlah kedua kenari tersebut bisa di waktu pagi atau sore, ambil kenari jantan dan masukan ke sangkar kenari betina.
  • Pertama kali disatukan sebaiknya terus diawasi khawatir kenari berantem hebat sehingga dapat melukai kedua burung tersebut.
  • Apabila saat disatukan kenari jantan dan betina langsung kawin biarkan beberapa saat, bila sudah terlihat kawin 2 kali maka kenari jantan beleh diambil dan kembalikan ke sangkar semula lalu ulangi keesokan harinya.
  • Untuk kenari tembean atau kenari betina siapan biasanya tidak mau langsung kawin saat disatukan dengan kenari jantan walaupun dilakukan penjodohan beberapa hari sebelumnya, malahan sering berantem saat dikawinkan.
  • Proses penjodohan kenari idealnya 3 hari bisa juga lebih.

Baca artikel lainnya:

Demikian sedikit tips tentang cara menjodohkan kenari yang bisa saya bagikan kepada anda semua, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang tengah menjodohkan kenari. Semoga sukses.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter