Cara Menjodohkan Kenari Jantan dan Betina agar Cepat Betelur!

Cara menjodohkan kenari jantan dan betina - Di saat popularitas burung kenari kambali membaik, tentu banyak peternak pemula yang ingin mencicipi gurihnya bisnis penangkaran burung kenari. Bahkan bagi penangkar yang sempat vakum pun juga akan termotivasi lagi untuk beternak burung ini. Dalam pembudidayaan kenari pastinya tidak lepas dari penjodohan. Untuk itu, saya mau seharing tentang cara penjodohan kenari yang baik dan benar.

Beternak kenari merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan menyenangkan. Mengapa?
Karena burung mungil berparas cantik ini memiliki nilai jual dan suara nyanyiannya sangat merdu. Adapun cara ternak kenari terbilang mudah dan singkat. Waktu pengeraman hanya 14 hari. Sebelum anda mulai budidaya burung finch ini sebaiknya pahami dulu bagaimana cara menjodohkan burung kenari yang cepat dan efektif.


Menjodohkan kenari adalah proses memperkenalkan kedua kenari jantan dan betina, namun sebelumnya perlu anda ketahui bahwa ada beberapa model penjodohan burung kenari, untuk lebih jelasnya silakan disimak berikut:

1. Pemacek vs babon
2. Pemacek vs tembean
3. JM vs babon
4. JM vs tembean

Bagi anda yang masih belum tahu dengan istilah diatas, berikut  keterangan lengkapnya:

1. Pemacek adalah kenari jantan yang sudah pernah dikawinkan.
2. Babon adalah Kenari betina yang sudah pernah produksi.
3. JM adalah Kenari jantan muda yang belum pernah dikawinkan.
4. Tembean adalah Kenari betina muda atau siapan yang belum pernah bertelur alias perawan.

Berdarkan pengalaman pribadi serta dari teman-teman peternak ternyata lebih mudah beternak atau menodohkan kenari yang sudah berstatus pemacek dengan babon atau kenari jm dengan babon. namun tidak sedikit para peternak memulai beternak kenari dari kenari siapan atau muda.

Sebelum menjodohkan kenari sebaiknya anda tahu dulu ciri-ciri kenari yang sudah siap untuk diternak atau dikawinkan. Berikut ciri-ciri Kenari jantan dan betina yang siap untuk dikawinkan.

1. Ciri-ciri kenari jantan siap kawin
  • Kenari jantan yang sudah siap kawin biasanya sering berkicau atau gacor dengan gayanya yang sering terlihat menari ke kanan ke kiri sambil menurunkan sayapnya setengah badan diatas tangkringan.
  • Kenari jantan sering terlihat melompat-lompat di dasar sangkar dan sering menabrak jeruji sangkar sambil berbunyi ngerol.
  • Kenari jantan yang siap dikawinkan biasanya suara kicauannya lebih keras dari biasanya.
  • Usia pejantan kurang lebih 8 bulanan dengan ciri rajin gacor.
2. Ciri-ciri kenari betina siap kawin
  • Kenari betina yang sudah siap dikawinkan dapat dilihat pada kelaminnya yang bengkak dan memerah.
  • Kenari betina yang siap kawin biasanya sering mengeleperkan sayapnya sambil bunyi cit-cit itu pertanda memanaggil kenari jantan
  • Kenari betina yang siap diternak biasanya sering mengangkut kertas, serabut nanas yang ada di dalam sangkar
  • Usia burung betina sekitar 6 bulanan untuk jenis kenari lokal standar.
Setelah anda mengetahui ciri-ciri kenari yang sudah siap diternak di atas, selanjutnya simak tips dalam penjodohan burung kenari berikut ini.

Cara Menjodohkan Kenari Cepat dan Efektif

1. Pertama yang perlu anda lakukan adalah mendekatkan kenari jantan dan betina menggunakan 2 sangkar berbeda atau kandang khusus penjodohan yang ada sekatnya di tengah dengan tujuan agar kedua kenari saling mengenal sehingga pada saat disatukan dapat meminimilisir mereka berantem, bersyukur kalau langsung jodoh.

2. Tanda kenari berjodoh yaitu terlihat kenari pejantan meloloh (menyuapi) kenari batina, sekilas kelihatan mereka sedang berciuman. Ini bisa terjadi jika kedua sangkar saling menempel.

3. Bila sudah terlihat berjodoh maka satukanlah kedua kenari tersebut bisa di waktu pagi atau sore, ambil kenari jantan dan masukan ke sangkar kenari betina.

4. Pertama kali disatukan sebaiknya terus diawasi khawatir kenari berantem hebat sehingga dapat melukai kedua burung tersebut.

5. Apabila saat disatukan kenari jantan dan betina langsung kawin biarkan beberapa saat, bila sudah terlihat kawin 2 kali maka kenari jantan boleh diambil dan kembalikan ke sangkar semula lalu ulangi keesokan harinya.

6. Untuk kenari tembean atau kenari betina siapan biasanya tidak mau langsung kawin saat disatukan dengan kenari jantan walaupun dilakukan penjodohan beberapa hari sebelumnya, malahan sering berantem saat dikawinkan. Sebaiknya anda bersabar dan nikmati saja prosesnya.

7. Proses penjodohan kenari idealnya 3 - 7 hari biasanya mereka sudah jodoh. Tapi untuk menjodohkan kenari jantan siapan dan kenari betina siapan juga umumnya membutuhkan waktu lebih lama lagi bisa sampai 10 harian.

8. Tips menjodohkan burung kenari agar cepat jodoh, bertelur, menetas sampai panen anakan adalah usakan calon indukan sudah matang kelamin dan birahi. Nah jika belum begitu birahi sebaiknya tambahkan durasi penjemuran dan bantu dengan makanan tambahan (EF) semisal telur puyuh rebus, sayuran dan irisan apel. Bila perlu tambabhkan juga vitamin khusus penangkaran.

9. Dan pastikan keduanya jangan sampai kegemukan jika anda tidak ingin gagal dalam penangkaran burung kenari karena induk betina tidak kunjung bertelur meskipun sudak kawin berkali-kali. Jadi penting untuk mengkondisikan pada tubuh yang ideal artinya tidak terlalu gemuk apalagi sampai ada gajih di perutnya. Behh.. alamat gak nelor-belor itu dah kalau sampai nggajih parah.

Demikian tips-tips jitu tentang cara menjodohkan kenari yang cepat dan efektif. Mudah-mudahan burung kenari yang sedang anda jodohkan bisa cepat jodoh, cepat bertelur, menetas dengan selamat hingga waktunya panen anakan tiba. Wah-wah senangnya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter