7 Cara Merawat Kenari Di Musim Hujan Supaya Tidak Mudah Sakit

Merawat kenari di musim hujan dengan baik dan benar merupakan sebuah perawatan yang harus diterapkan pada kicauan mungil bernama kenari satu ini, supaya ia tetap sehat, hangat dan rajin gacor tentunya. Musim hujan saat ini sudah tiba, banyak pemilik yang merisaukan kesehatan burung kesayangannya karena cuaca mendung bahkan setiap hari turun hujan sehingga udara jadi dingin dan lembab. Situasi dan kondisi seperti ini sangat berpengaruh tidak baik bagi kesehatan kenari.

Walaupun pengicau mungil ini termasuk hewan berdarah panas namun bila suhu di luar terlalu dingin maka kemampuan tubuhnya tidak dapat mengatasinya, sehingga dengan cuaca yang buruk seperti ini bisa membuat daya tahan tubuh nya menurun sehingga rentan sakit. Simak juga Perawatan kenari sakit.

Cara merawat kenari di musim hujan
 
Bila Burung Kenari kesayangan kita tidak dirawat dengan baik di musim hujan seperti saat ini, maka bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup si burung mungil ini. Biasanya kenari sakit atau tidak fit ditandai dengan mengembangkan bulunya, tidak nafsu makan, pilek/flu dan malas bunyi, oleh karena itu perlu dilakukan perawatan khusus di musim hujan. Setelah dilakukan perawatan yang maksimal terhadap burung kenari diharapkan Kenari tetap sehat, tidak mudah sakit, dan rajin berkicau. Berikut tips selengkapnya.

Cara Merawat Kenari Di Musim Hujan

1. Menjaga kebersihan sangkar/kandang dan assesorisnya
Point pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan sangkar kenari dan assesorisnya, usahakan sangkar tetap bersih dan kering, karena bila sangkar kotor dan lembab maka akan memicu bakteri,kuman,virus berkembang biak 2 kali lebih cepat, sehingga Kenari mudah terjangkit penyakit. Dan sangat dianjurkan sangkar disemprot dengan disinfektan.

2. Lengkapi sangkar dengan lampu penghangat
Sudah sewajarnya bila di musim hujan Kenari jadi jarang dijemur, karena memang matahari jarang keluar dari peraduannya karena tertutupi awan hitam, maka disarankan lengkapi sangkar dengan lampu penghangat (lampu bohlam) sehingga burung kenari tetap hangat.

3. Berikan pakan yang tepat
Pakan kenari yang utama adalah biji-bijian namun pada saat musim hujan sebaiknya diberikan pakan yang berkalori tinggi sehingga akan membantu burung kenari tetap hangat diantaranya seperti roti tawar, niger seed dan eggfood atau telor puyuh rebus. Pemberian roti tawar bisa langsung digantung di dalam sangkar atau di oven dulu sampai kering lalu diparut hingga menyerupai eggfood.

4. Pengerodongan sangkar dan hindarkan dari hembusan angin kencang
Terpaan angin yang kencang ditambah lagi suhu udara yang dingin karena musim hujan akan membuat kenari mudah sakit. Sagat dianjurkan sangkar dikerodong dan pindahkan ke dalam ruangan.

5. Jangan terlalu sering memandikan kenari
Bila ingin memadikan kenari harus menyesuaikan dengan cuaca, jangan asal semprot saja, bila cuaca mendung, tidak ada matahari jangan dipakasakan memandikannya karena bila dipaksakan ia akan kedinginan lalu drop.


6. Segera jemur kenari bila ada panas matahari
Saat musim hujan tentu matahari sering tak terlihat di langit namun bila ada panas matahari segeralah menjemur kenari secukupnya. Biasanya ia akan senang sekali lalu ia akan membuka sayapnya saat dijemur, penjemuran ini sangat bermanfaat supaya tubuh kenari hangat sehingga tetap sehat.

7. Gunakan tangkringan penghangat
Tangkringan penghangat (heated perch) yang satu ini belum bisa didapatkan di indonesia, melainkan hanya bisa didapat di luar negeri, memang teknolgi perburungan di luar negeri sudah lebih maju ya.. namun bila sobat ingin mendapatkan tangkringan tersebut sobat bisa memesan di situs jual beli luar negeri. Tangkringan penghangat ini sangat cocok digunakan di musim hujan.

Begitulah beberapa tips tentang cara merawat kenari di musim hujan. Setelah dilakukan perawatan seperti diatas diharapkan burung kenari anda tetap aktif, sehat dan tidak mudah sakit dan pastinya tetap rajin berkicau meski cuaca cukup dingin.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter