9 Cara Mudah Mengatasi Kenari yang Kegemukan

Burung kenari yang kegemukan merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh peternak atau penghobi burung cantik satu ini, baik itu kenari jantan maupun betina. Bila kenari jantan kegemukan maka ia akan malas bergerak, malas berkicau dan jika sudah parah maka kenari jantan akan macet bunyi, bila kenari betina yang terlalu gemuk maka akan berdampak buruk seperti kenari sulit bertelur, sulit berjodoh. Simak juga Cara menjodohkan kenari.

Burung Kenari yang kegemukan dapat dilihat pada bagian leher dan perutnya yaitu jika kegemukan maka akan ada gumpalan lemak berwarna kuning di bagian tersebut. Salah satu penyebabnya adalah perawatan yang salah bisa karena pemberian pakan yang over, kenari jarang dijemur, sangkar telalu kecil bahkan karena ia tidak pernah diumbar di sangkar umbaran. Jika mendapati Kenari yang kegemukan seperti itu segeralah anda tangani

kenari kegemukan

Pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Oleh karena itu sebelum Kenari menjadi gemuk yuk kenari kesayangan kita rawat sebaik mungkin. Mengatasi Kenari kegemukan sebetulnya tidaklah terlalu sulit jika sudah mengetahui tips dan triknya, bagi anda yang belum tahu caranya jangan bingung Kenari Mania share dibawah ini.

Cara Mengatasi Kenari Kegemukan yang Baik

  1. Gunakanlah sangkar kenari yang cukup besar jangan terlalu kecil. Agar kenari lebih aktif bergerak dan leluasa terbang ke sana ke mari, ini berguna untuk membakar lemak yang ada pada tubuhnya.
  2. Umbarlah Kenari di sangkar umbaran. Umumnya sangkar umbaran dibuat memanjang, panjangnya  ada yang 1 meter bahkan ada yang 3 meter, bila Kenari sering diumbar maka dapat mencegah dan mengatasi nya dari kegemukan.
  3. Kenari dijemur setiap hari. Penjemuran kenari bisa dari jam 07.00 - 10.00. Hal ini penting sekali agar terapi berhasil.
  4. Takar pakan biji-bijian nya, jangan diberikan pakan secara terus-menerus apalagi berlebihan.
  5. Jangan diberikan EF berupa telur puyuh, telur ayam maupun kroto.
  6. Terapi dengan mentimun. Berikan mentimun untuk kenari yang kegmukan, sayuran ini baik sekali guna mengurangi obesitasnya.
  7. Kurangi pemberian sayur dan buah.
  8. Tambahkan asinan tulang sotong dalam sangkar. Ini berguna membantu proses pencernaan dan mencukupi kebutuhn kalsium kenari.
  9. Tambahkan juga vitamin agar kenari tetap fit. 

Masalah Kenari kegemukan ini janganlah dianggap remeh baik untuk pejantan dan betina karena memang sangat tidak menguntungkan. Apabila kenari jantan yang mengalami masalah ini maka bisa dapat dipastikan kualitas suara kicaunya bisa menurun, jika biasanya kenari jantan sangat gacor namun setelah ia kegemukan maka akan membuatnya tidak gacor lagi malahan suara kicaunya tidak bisa keras alias mlempem. Intip juga Tips kenari gacor.

Demikialah tips tentang cara mengatasi kenari kegemukan yang bisa dibagikan kepada anda semua. Jika terapi diatas benar-benar diterapkan pada burung kenari yang terlalu gemuk secara rutin maka akan memberikan efek positif kurang lebih 7 hari. Jika kondisi kenari sudah tidak gemuk lagi maka pemberian ef berupa telor puyuh dapat diberikan kembali seperti semula. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter