1 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari

Kali ini Kenari Mania akan berbagi tips tentang cara menghilangkan kutu pada burung kenari. Kutu burung sering menjadi masalah bagi para penggemar burung kenari khususnya, karena keberadaannya sangat mengganggu dan merugikan si kenari itu sendiri. Pada Burung Kenari ataupun burung kicau lainnya jika terdapat banyak kutu kupret ini yang menempel pada tubuhnya, maka sudah barang tentu burung tersebut tidak merasa tenang dan tidak nyaman dengan kondisi seperti itu.

Perlu diketahui bagi anda semua bahwa kutu burung merupakan sejenis parasit yang menghisap darah burung melalui kulit, tentunya ini sangat merugikan sekali pasalnya burung kenari yang digigit dan dihisap darahnya oleh kutu-kutu ini, maka burung tersebut akan gelisah. Bila saja burung kanari tersebut dilombakan pastinya tidak akan maksimal. Maka dari itu perlu dilakukan pencegahan bila sudah terlanjur segeralah ditangani supaya penyakit kutu itu tidak berkembang biak lebih banyak lagi.


Kutu burung kenari

Kutu Kenari umumnya menempel pada sayap, disela-sela sayap, bulu ekor yang biasanya terlihat seperti debu-debu kecil yang kapan saja bisa menggigit dan menghisap darah burung. Jika anda memang menyanyangi burung tersebut yang dihuni puluhan atau ratusan kotu ditubuhnya segeralah menghilangkan semua hewan jahat tersebut. Selain mereka berdampak tidak bagus untuk kesehatan burung itu sendiri, ternyata burung kicau yang memiliki banyak kutu di badannya akan terlihat jorok, jika anda ingin melihat kutu burung tangkaplah burung yang terkena serangan penyakit ini lalu anda lihat pada bulu sayap dan ekornya. Baca juga: Perawatan kenari saat mabung.

Lantas bagaimana cara menghilangkan kutu kenari maupun kutu burung kicau lain yang menempel pada bulunya? Silakan simak caranya di bawah ini:

Menggunakan Obat Kutu Dijamin Lebih Praktis dan Efektif

Iya, menggunakan obat kutu burung non alami yang sudah banyak beredar di pasaran, dijamin lebih praktis dan efektif. Namun anda juga harus tahu cara pemakaiannya, jadi tidak asal semprot ke tubuh Kenari. Jika anda ingin tahu apa nama obatnya, ada beberapa pilihan namun terserah anda lebih suka yang mana, seperti kututox, jatijajar, fresh aves dan masih banyak lagi lainnya. Tidak bermaksud untuk promosi namun itulah beberapa obat kutu burung yang cukup ampuh untuk membasmi ktu yang menyerang burung kicau.

Lalu bagaimana cara penggunaan obat tersebut ?
Berikut tata cara penggunaannya dan cara membasmi kutu kenari dengan mudah dan aman
  1. Mandikanlah dahulu burung kenari anda sampai bulu-bulunya basah. Memandikannya cukup dilakukan sebagaimana kebisaannya. Jika terbiasa mandi dengan cara disemprot ya semprotlah sampai basah. Simak juga: Cara memandikan kenari.
  2. Setelah burung kenari dimandikan pastikan bulu-bulunya sudah basah semua, ini bertujuan agar saat disemprot obat kutu maka obat cepat meresap ke setiap helai bulu.
  3. Pada saat bulu-bulunnya masih basah lalu pegang kemudian anda semprot dengan air yang sudah dicampur dengan obat kutu tersebut. Adapun cara menyemprot dengan obat kutu adalah semprot pada bulu sayap, ekor, punggung dan dada serta pastikan tidak menyemprot pada bagian kepala sehingga tidak mengenai mata. Penting: dengan cara kenari dipegang, anda dapat mengendalikan agar air obat tidak mengenai mata dan hidung burung. Walaupun sebenarnya ada juga obat yang tidak berbahaya jika mengenai selaput mata, namun untuk antisipasi sebaiknya tidak mengenai hidung dan mata burung.
  4. Bila tidak ingin memegangnya, bisa juga semprot kenari secara langsung di dalam sangkar dengan obat kutu tersebut, namun ini harus dilakukan dengan hati-hati karena sedikit beresiko.
  5. Sebelum cairan obat disemprot ke burung pastikan takarannya disesuaikan dengan dosisnya yang biasanya sudah tertera pada kemasan.
  6. Setelah penyemprotan obat selesai jangan lupa kenari dijemur hingga bulu-bulu cantiknya itu mengering. Baca: Cara menjemur kenari.
Demikianlah tips tentang cara menghilangkan kutu kenari atau burung kicauan lainnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat terutama untuk anda yang mengalami masalah seperti di atas. Semoga burung jagoan anda bersih dari semua kutu kupret. Salam Kenari Mania.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter