9 Cara Mengobati Jamur Pada Kaki Burung Kenari

Dalam memelihara Burung Kenari, tentuya sebagian dari kicau mania pernah mendapati masalah pada kaki kenarinya, yaitu terdapat jamur atau bubul disekitar kaki ataupun di sela-sela jari. Bila kaki kenari jamuran, ini menjadi masalah baik bagi canay itu sendiri maupun bagi sang pemilik. Adapun dampak bagi Burung Kenari bila pada kakinya terdapat jamur yaitu ia tidak merasa nyaman saat bertengger diatas tangkringan. Kenari yang terkena penyakit jamuran atau bubulan ini bisa menimbulkan persoalan, jika kenari betina terkena penyakit ini, maka pada ia saat mengeram ia tidak akan maksimal, dan jika pejantan yang kakinya ditumbuhi jamur maka bisa jadi ia akan malas berkicau. Simak Tips kenari gacor.

Penyakit jamur pada kaki burung kenari awal mulanya biasanya disebabkan oleh sangkarnya yang sering kotor, terutama pada bagian tangkringannya harus selalu bersih dan kering. Jika tangkringan tempat ia bertengger dalam keadaan kotor, teradapat banyak kotoran yang menempel, dan dibiarkan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin bila Kenari terkena penyakit jamur pada kakinya. Pemilihan bahan kayu untuk tangkringan burung kanari itu juga penting, gunakanlah pohon asem untuk tangkringan burung kesayangan anda. Untuk tindakan antisipasi agar ia tidak terserang jamur pada kakinya, maka menjaga kebersihan sangkar kenari harus anda lakukan setiap hari, mulai dari tangkringan hingga keseluruhan

Jamur pada kaki burung kenari

Namun jika penyakit jamur sudah terlanjur menjangkiti kaki kenari anda, maka segeralah lakukan pengobatan untuk penyembuhannya agar kondisinya tidak bertambah parah. Adapun cara-caranya silakan anda simak berikut ini.

Cara mengobati jamur pada kaki kenari
  1. Tangkaplah kenari yang kakinya jamuran lalu pegang secara lembut supaya kenari tetap merasa nyaman dan tidak berontak.
  2. Kemudian cuci kaki kenari yang jamuran atau banyak bubulnya tersebut, sebaiknya menggunakan air hangat.
  3. Lalu kakinya dilap dengan tisue atau kain setelah selesai dicucui dengan air hangat.
  4. Lantas kakinya diolesi dengan minyak tanah atau bisa juga dengan minyak tawon, kemudian dibiarkan sesaat hingga kering.
  5. Kemudian kakinya olesi dengan obat jamur yaitu canesten, salep 88 dan daktarin. Biasanya kenari mania lebih memilih salep 88.
  6. Setelah kakinya diobati maka kenari jangan dimandikan sampai 2 hari, agar obat jamurnya tidak hilang.
  7. Setelah 2 hari, lalu cucilah kaki kenari tersebut menggunakan air hangat kemudian dilap hingga kering.
  8. Ulangi proses penyembuhan dari awal kurang lebih selama 3 minggu.
  9. Tanda-tanda kaki kenari yang jamuran mulai sembuh adalah kulit kakinya kelihatan mengering dan mulai mengelupas. Jika sudah demikian maka kaki kenari akan kembali bersih dan sembuh seperti semula. Simak juga: Tips perawatan kenari sakit.

Begitulah sekilas informasi tentang cara mengobati jamur pada kaki burung kenari yang dapat Kenarimania share kepada sobat penggemar burung primadona ini. Berharap artikel sederhana ini bisa menjadi acuan bagi anda dalam menghilangkan jamur pada kaki kenari. Semoga kanari kesayangan anda terbebas dari penyakit kaki berjamur ini.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter