Cara Merawat Kenari Merah Agar Warna Bulunya Tidak Pudar & Kusam

Burung Kenari Merah atau red factor canary adalah salah satu jenis kenari yang warna bulunya berwarna merah merona, ini menjadi pembeda dengan kenari jenis lain. Kenari merah ini ini diunggulkan pada kualitas warna bulunya yang sangat mempesona. Kenari merah memang sangat mankjubkan bila dilihat akan kecerahan dan keindahan bulunya, sehingga banyak kenari mania yang tertarik untuk untuk memelihara dan merawat kenari berbulu merah ini. Dinamakan kenari merah yang jelas karena warna bulunya berwarna mirah, dan pastinya warna merah pada bulunya terlihat sangat cantik dan menawan. Baca juga: Jenis burung kenari.

Burung Kenari Merah itu juga termasuk kenari yang langka, sebab untuk mendapatkan kenari mearah yang murni cukup sulit. Jadi tidak heran bila ada saja para pedang kenari yang bermain curang yaitu mencelupkan kenari yang berwarna kuning atau orange pada air yang sudah dicampur dengan bahan pewarna merah maupun memberikan zat pewarna pada pakan burung kenari, sehingga kenari yang memakannya maka bulu-bulunya akan berubah menjadi merah secara instant, layaknya kenari merah asli. Namun perlu anda ketahui bahwa burung kenari yang diberikan pakan yang mengandung pewarna tersebut sangat beresiko terhadap kesehatannya dan umumnya kenari yang memakan zat pewarna (colour food) itu biasanya juga tidak berumur panjang serta warna bulunya akan kembali ke warna semula saat masa mabung tiba. Simak juga: EF pakan kenari agar gacor.

Gambar kenari merah

Seorang kicau mania sejati saya pikir tidak akan sampai hati memberikan zat pewarna berbahaya 'racun' kepada kenari kesayangannya. Maka dari itu kenari merah yang cantik merona perlu dirawat dengan benar dan pastinya secara alami. Cara merawat kenari merah sebenarnya sama saja dengan perawatan kenari jenis lainnya akan tetapi perlu dilakukan perawatan khusus agar warna bulunya tetap merah merona dan tidak mudah pudar, meskipun sudah mengalami proses rontok bulu atau molting. Perawatan Kenari merah yang benar sebetulny lebih difokuskan pada pemberian sayur yang kaya vitamin dan mengandung beta-carotine tinggi misalanya wortel, buah tomat, labu, selada dan cabe merah, serta tidak lupa perawatan penting lainnya yaitu memandikan kenari dan penjemuran kenari. Pemberian sayuran tersebut juga bisa diberikan pada kenari yang berwarna orange atau sunkis, sehingga warna bulunya yang oranye akan makin memerah. Artikel lain: Cara beternak kenari.

Pola perawatan Kenari merah seperti diatas dapat dipastikan sangat aman terutama bagi kesehatan si mungil kenari mirah tersebut. karena merupakan dari bahan alami. Dan pastinya hasilnya akan lebih maksimal karena warna bulunya yang merah akan terlihat makin ngejreng, warna merahnya bertahan lama dan tidak gampang pudar walaupun usai mabung / molting. Alangkah baiknya jika pemberian sayuran tersebut dimulai saat kenari masih anakan atau muda. Dan sangat tidak dianjurkan anda memaksakan kenari kesayangan anda makan zat pewarna merah buatan, walaupun ini kesannya sangat praktis. Namun tahukah anda, akan ada beberapa masalah jika kenari diberikan pakan pewarna yang mengandung unsur kimia berbahaya, seperti warna bulunya yang awalnya cerah berubah jadi kusam, lalu bulunya jadi kasar, bulu-bulunya rontok hingga akhirnya berujung pada kematian. Dan penyesalan. Artikel menarik lainnya: Tips perawatan kenari mabung.

Cukup sekian dulu pembahasan kali ini tentang cara merawat menari merah. Semoga apa yang disampaikan melalui tulisan singkat ini menjadi tambahan pengetahuan kita semua.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter