13 Ciri-ciri Kenari Betina Siap Kawin / Siap Ternak

Dewasa ini Burung Kenari semakin diminati oleh para pecinta burung kicau di Indonesia. Pada penangkaran kenari bisa dikatakan sangat mudah bagi para penangkar yang sudah berpengalaman namun tidak bagi para peternak kenari pemula. Sebelum beternak diperlukan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk burung mungil nan cantik ini, seperti mengetahui ciri-ciri kenari betina siap kawin atau ternak. Ini penting agar saat proses penjodohan anda tidak menyia-nyiakan waktu, karena ternyata burung kenari masih belum matang kelamin atau belum siap kawin, sehingga sulit berjodoh. Simak Cara menjodohkan Kenari.

Ada kalanya para petenak sering melihat kenari betinanya sudah ngleper bahkan jongkok itu pertanda minta kawin. Namun setelah dipersatukan dengan kenari jantan malah anteng-antengan, ada juga sampai berantem tidak mau kawin . Setelah diteliti ternyata si betina belum mencapai kesiapan untuk dikawinkan. Kejadian seperti ini cukup membuat penangkar merasa kesal kan. Maka dari itu sebagai breeder pemula diperlukan pemahaman tentang ciri-ciri kenari betina yang siap kawin atau ternak, tentunya agar lebih efektif dalam usaha penangkaran kenri nantinya. Simak juga: Panduan cara beternak Kenari.

Gambar kenari betina

Jika anda yang hendak beternak kenari, sebaiknya saat membeli kenari siapan maupun indukan usahakan membeli kenari yang sudah siap diternak. Jangan sampai tertipu oleh para pedagang kenari yang nakal yang bisa saja membohongi anda dengan status kenari yang dijualnya demi dagangannya laris terjual, maka dari itu sebagai penggemar burung canary harus memiliki pemahaman luas tentang burung serinus canaria ini, salah satunya harus tahu ciri-ciri kenari betina siap kawin maupun tanda-tanda kenari jantan yang siap ternak atau kawin. Berikut penjelasan lengkapnya.

Ciri - Ciri Kenari Betina Siapan atau Tembean Siap Ternak ( belum pernah bertelur ) :
  1. Pada sekitar kloaka terlihat bersih dari bulu-bulu halus.
  2. Lubang kloaka lebih lebar dari sebelumnya namun tidak selebar lubang kloaka induk betina yang sudah pernah bertelur sebelumnya.
  3. Kloaka nya trelihat memerah dan bengkak.
  4. Kulit perut lebih kencang dan berisi / tidak kempes.
  5. Umurnya sudah memasuki 6 bulan, untuk kenari lokal.
  6. Kenari betina terlihat sering ngeleper / mengepakan sayap.
  7. Kenari betina siapan menundukan badannya dan mengangkat ekornya saat mendengar kenari jantan berkicau.

Ciri - Ciri Indukan Kenari Betina Siap Ternak ( pernah bertelur ) :
  1. Pada sekitar kloaka bulu-bulunya bersih bahkan terlihat gundul.
  2. Lubang kloakanya lebih lebar, itu tandanya sudah pernah bertelur.
  3. Perutnya kelihatan bengkak, berisi dan mengkilap, jika kulit perutnya masih mengkerut pertanda belum siap kawin.
  4. Jika mendengar kicauan kenari jantan, maka ia langsung nungging itu artinya siap kawin.
  5. Kenari betina menyusun sarang dan membundari sarangnya.
  6. Kenari sering megepakan atau mengeleperkan sayapnya.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai ciri-ciri kenari betina siap kawin / siap ternak, mudah-mudahan anda makin paham tentang burung kenari, khususnya dalam mendeteksi ciri-ciri burung kenari siap kawin. Semoga anda tidak mengalami masalah serius saat membudidayakan burung mungil yang gemar berkicau ini.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter