3 Penyebab Indukan Kenari Betina Tidak Mau Meloloh Anakan

Indukan kenari betina tidak mau meloloh anakan - Membudidayakan Burung Kenari memang memberikan kesenangan tersendiri bagi para peternak, apalagi kalau proses penangkaran berjalan dengan lancar dari awal proses penjodohan hingga ke tahap panen anakan kenari. Namun tahukah anda bahwa dalam beternak kenari ternyata ada saja masalah dan rintangan yang dihadapi oleh penangkar yaitu pada saat telor kenari sudah mulai menetas ternyata indukan tidak mau meloloh anaknya. Nah hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius bagi para breeder, apalagi jika masih pemula tentunya akan merasa bingung dan frustasi.


Sangat disayangkan jika anakan kenari yang baru menetas tidak diloloh oleh indukannya. Maka bisa dipastikan anakan kenari tersebut akan mati jika tidak segera diloloh atau dispet sendiri oleh peternak. Sehingga dengan terpaksa sang penangkar mencoba meloloh sendiri anakan kenari tersebut dengan tangannya bisa dengan bantuan alat spet atau yang umum dikenal dengan istilah handfeeding. Namun hal ini sangat beresiko sebab anakan kenari masih sangat kecil. Meloloh anakan kenari dengan cara handfeeding tentunya sangat merepotkan. Baca: Pokon lolohan terbaik.

Kenari meloloh anakan

Dengan hadirnya masalah seperti itu, sepatutnya anda tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab? Ada beberapa kemungkinan yang memicu bisa menyebabkan indukan kenari tidak mau meloloh anakannya. Berikut keterangan lengkapnya.

Penyebab Induk Kenari Betina Tidak Meloloh Anakan

1. Karakter dari indukan kenari itu sendiri
Jika hal ini yang menjadi penyebab mengapa induk kenari tidak meloloh anakannya, maka umumnya sulit diatasi. Karena ini merupakan penyakit bawaan dari indukan tersebut. Maka dari itu pemilihan induk kenari yang berkualitas itu perlu. Umumnya ada kenari import yang dikenal tidak pandai merawat serta meloloh anakannya yaitu kenari Holland, namun tidak sedikit juga kenari lokal  terkadang tidak pintar dalam merawat dan meloloh anaknya sehingga anakannya ditelantarkan begitu saja. Simak juga: Solusi indukan kenari tidak mau meloloh piyik.

2. Indukan kenari sangat birahi atau over birahi
Banyak kejadian dari para peternak kenari, pada saat indukan menyuapi anakannya lalu tiba-tiba saja melihat dan mendengar kenari jantan derkicau dengan lantangnya, maka kenari betina otomatis akan berhenti meloloh dan malah langsung menunggingkan ekornya (minta kawin). Ini terjadi karena indukan betina birahinya tinggi. Lalu saat itu juga hilang gairah untuk melanjutkan meloloh anakannya tadi tapi malah merespon kenari jantan dengan cara lompat kesana kemari dan ingin segera kawin dengan kenari pejantan. Baca juga: Tips mengatasi Kenari over birahi.

3. Tidak tersedianya pakan berupa telor puyuh dan sayuran segar
Pada saat telor kenari mulai menetas, maka makanan khusus yang perlu disediakan adalah telor puyuh rebus. Karena makanan tersebut sifat nya lembut tidak seperti pakan biji-bijian yang keras dan sangat baik untuk anakan kenari yang baru menetas. Jangan remehkan ketersediaan makanan berupa telor rebus saat anakan sudah mulai keluar dari telurnya. Baca: Ef pakan Kenari bikin gacor.

Demikianlah sekilas informasi penyebab indukan kenari betina tidak mau meloloh anakan. Semoga anda yang mengalami masalah diatas dapat mengetahui penyebab indukan kenari betina tidak meloloh anaknya. Dan berharap canary yang sedang anda budidayakan pandai dalam merawat dan meloloh anakannya. Salam sukses.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter