Ciri-Ciri Kenari Lizard yang Unik Bak Kadal

Kenari lizard - Hallo.. para kenari mania. Ada satu lagi jenis kenari yang tidak kalah populer di Indonesia yakni Kenari Lizard atau lizard canary. Kata lizard dalam bahasa inggris artinya kadal, what? Kadal, betul kadal. Namun bukan berarti kenari ini keturunan dari kadal. He..he. Lalu mengapa kenari ini dinamakan kenari lizard? Ya karena corak warna bulu pada kenari ini memiliki kemiripan dengan sisik kadal, waw! unik ya. Seekor burung kenari yang tidak memiliki sisik namun terlihat memiliki sisik bak seeokor kadal.

Kenari lizard sebetulnya salah satu jenis kenari yang masuk dalam kategori kenari warna atau colour bred canary. Sehingga dapat dipastikan keunggulan kenari ini terdapat pada kecantikan bulunya yang menyerupai sisik lizard atau kadal. Jadi keunggulannya bukan pada postur tubuh ataupun suaranya. Dan kenari ini merupakan kenari tertua dalam varietas kenari warna, yakni pada tahun 1700 an lizard canary ini mulai dikembangkan di negara Perancis. Hingga kini kenari lizard sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk juga Indonesia. Simak juga: Suara Kenari Lizard.

Gambar kenari lizard

Perlu anda ketahui bahwa Kenari Lizard ini hampir saja punah yaitu pada tahun 1900 an saat terjadi perang dunia dan meluasnya wabah penyakit pada saat itu. Namun pada tahun 1940 an kenari Lizard ini mulai dikembangkan kembali dengan tujuan agar tidak punah, dan tentunya agar populasinya terus meningkat. Salah satu asosiasi pecinta kenari lizard yang berhasil menyelamatkan populasinya hingga sekarang ini adalah Lizard Canary Asociation atau yang juga dikenal Asosiasi kenari kadal inggris raya.

Postur Kenari Lizard berukuran 13-14 cm dan burung ini sangat mudah dikenali karena memiliki corak bulu yang sangat berbeda dengan warna bulu kenari lainnya yaitu motif bulunya menyerupai sisik kadal. Bisa anda perhatikan pada bagian punggung dan dadanya terdapat corak noda hitam yang membentuk bulan sabit kecil, sahingga secara visual akan tampak jelas bahwa motif bulunya menyerupai sisik kadal. Nah, hal seperti itulah yang disebut dengan istilah spagling.

Sebetulnya ada beberapa jenis kenari lizard ini yang masing-masing memiliki perbedaan, baik pada warna bagian atas kepalanya, yang terkadang terlihat menyerupai topi atau noda hitam yang unik pula. Namun tidak semua kenari lizard memiliki warna bulu yang hitam pada kepala bagian atasnya.

Berikut macam-mcam jenis kenari lizard berdasarkan ciri khas pada warna bulunya:
  1. Kenari Lizard Emas (gold lizard)
  2. Kenari Lizard Siliver (silver lizard)
  3. Kenari Lizard Merah (red lizard)
  4. Kenari Lizard Biru (blue lizard)
Berikut gambar burung kenari lizard buat anda para kenari mania:

Kenari lizard 1
Kenari lizard 2
Kenari lizard 3

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai burung kenari lizard. Semoga apa yang disampaikan di atas dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan kita khususnya tentang kenari lizard ini.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter