Seputar Ciri Kenari Merah ( Red Factor Canary ) dan Gambarnya

Burung kenari merah atau red factor canary merupakan jenis kenari unggulan, karena memiliki ciri khas pada warna bulunya yang berwarna merah mempesona. Sehingga kenari ini menjadi salah satu kenari favorit bagi kalangan pecinta burung kenari di tanah air. Ada beberapa variasi warna pada kenari merah ini dan memiliki nama yang berbeda. Hal ini ditentukan oleh tingkat kemerahan pada warna bulu merahnya tersebut. Misal kenari merah yang warna bulunya merah pekat disebut (red intensiv) yang juga sering disingkat RI, merah putih (red mosaic), ada juga red frost, sehingga kenari merah juga umum disebut red factor canary.

Mengapa burung kenari merah kok warna bulunya merah merona? Karena pada tubuh kenari ini memiliki pigmen yang berwarna merah, yang pastinya alami. Lain lagi jika burung kenari diberikan pakan yang mengandung pigment merah (colour food), seperti canthax dan sebaginya, maka ini sangat beresiko bagi kesehatan burung kenari tersebut, mengingat suplemen pewarna pada burung kenari merah mengandung bahan kimiawi yang sangat berbahaya. Alangkah baiknya berikan pakan alami saja yang mengandung beta carotine tinggi sepeti wortel, yang bisa membantu mencerahkan pada warna bulu merahnya. Dan pastinya lebih aman.

gambar kenari merah

Kenari merah memiliki harga jual yang tinggi, karena memang untuk mendapatkan kenari merah ini tidak mudah alias langka, terlebih bila mencari kenari merah yang asli bukan pigmenan seperti kebanyakan di pasaran, yang warna merahnya tidak bertahan lama. Jika anda ingin tahu ternyata di Indonesia sudah ada yang sukses menangkarkan serta mengembangkan kenari merah ini, salah satunya sebut saja mbak Wiga asal Bandung. Pada penangkarannya tidak perlu diragukan lagi akan keaslian kenari merahnya, karena kenari merah yang dibudidayakan merupakan dari indukan murni yakni kenari merah red intensiv dan red siskin.

Baca juga: Jenis-jenis kenari pengicau ulung

Menciptakan kenari merah yang asli bukanlah perkara mudah. Karena diperlukan indukan yang betul- betul asli keturunan kenari merah, sehingga nantinya dapat menghasilkan keturunan yang unggul, baik dari kualitas merahnya bulu dan warnanya yang tidak mudah pudar. Banyak kasus pemalsuan pada burung kenari merah ini dengan cara mengecatnya, maupun dengan cara menjejali kenari dengan pakan yang mangandung pewarna merah buatan, sehingga bulunya akan berwarna merah, maka dari itu diperlukan kejelian saat hendak membeli kenari merah.

Simak juga: Cara agar kenari rajin gacor

Jika diperhatikan pada bentuk fisiknya, kenari ini masih kalah bagus dengan Kenari Yorkshire, walaupun begitu kicauannya juga memukau. Anda sudah tahukan kalau kenari merah itu tidak termasuk dalam kategori kenari postur melainkan kenari warna. Sehingga anda juga harus tahu cara merawat kenari merah ini, agar bulunya tetap berkualitas dan tidak pudar.

Berikut kami persembahkan gambar burung kenari merah yang mempesona itu khusus buat sobat kenari mania:

Kenari merah 1
Kenari merah 2

Kami sudahi dulu pembahasan kali ini yang membahas tentang burung kenari merah yang mempesona itu dan gambarnya. Semoga sobat kenari mania semakin suka akan kenari merah yang sungguh cantik ini. Semoga brmanfaat. Lihat juga: Harga burung kenari terbaru.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter