5 Solusi Induk Kenari Betina yang Tidak Mau Meloloh Anakan

Di hari yang indah ini KenariMania akan berbagi 'solusi induk kenari betina tidak mau meloloh anakan'. Dalam beternak Burung Kenari memang seperti itulah kenyataan tidak enak yang dirasakan oleh penangkar, ada kenari betina yang susah bertelur namun setelah bertelur dan menetas malah anakannya tidak diloloh oleh induknya. Ini menyedihkan sekali sebab anakan atau piyik yang sudah menetas seharusnya dikasih makan oleh induk kenari betina tapi malah dibiarkan begitu saja.


Bagi anda yang baru memulai beternak kenari dan mengalami masalah seperti ini diharapkan jangan langsung berputus asa ya, tapi tetap berusaha mencari jalan keluarnya. Pada umumnya ada beberapa penyebab mengapa induk betina tidak meloloh anakannya sendiri seperti salah satunya karena memang karakter dari induk kenari betina itu sendiri. Namun kali ini saya berusaha memberikan jawaban atas masalah tersebut. Lalu bagaimana solusinya? Adapun cara mengatasinya silakan simak berikut ini:

Gambar piyik kenari

SOLUSI !! Induk Kenari Betina Tidak Mau Meloloh Anakan

1. Memindahkan atau menitipkan anakan kenari ke indukan kenari betina lain
Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika mendapati indukan kenari betina tidak meloloh anakannya yaitu memindahkan / menitipkan anakan atau piyik tersebut ke indukan kenari btina lainnya yang juga sedang meloloh anakan. Disarankan umur dari kedua anakan tersebut usianya relatif sama atau tidak terpaut jauh, agar indukan baru tersebut mau meloloh anakan. Simak: Pakan lolohan terbaik buat piyik.

2. Hand Feeding
Jika anda tidak memiliki babon lain yang sedang meloloh anakan juga, maka alternative lainnya peternak harus melolohnya sendiri yang biasanya dikenal dengan istilah handfeeding. Banyak penangkar kenari yang mencoba handfeeding kepada piyik yang sudah berumur 10 hari, agar produksinya makin cepat. Tetapi jika anakan kenari baru berumur 2 hari harus dihandfeeding tentunya ini beresiko sekali sebab piyik tersebut masih merah. Jika tidak ada pilihan lain karena anakan memang tidak diloloh oleh si induk maka handfeeding ini terpaksa harus dilakukan.

3. Mengganti babon atau indukan kenari betina dengan yang baru
Mengganti induk betina dengan yang lebih bagus misalnya kalau bertelur banyak dan pandai merawat anakan saat telur-telur mulai menetas. Maka dari itu diperlukan kejelian saat hendak membeli indukan kenari betina maupun kenari siapan atau tembean. Baca: Ciri-ciri Kenari siap ternak.

4. Menjauhkan kenari jantan dengan indukan kenari betina
Ada kalanya induk kenari betina yang sedang meloloh anakannya yang baru berumur beberapa hari, tapi malah ia sudah birahi lagi dan ingin segera kawin dengan kenari pejantan. Jika demikian segera jauhkan kenari jantan dengan indukan betina yang sedang meloloh anakan. Lihat juga: Tips mengatasi Kenari over birahi.

5. Ternak kenari dengan cara berpasangan
Apabila anda beternak kenari dengan sistem baterai, artinya satu sangkar 1 betina dan ternyata induk kenari betiina tersebut tidak pandai meloloh anakan, sebaiknya anda jangan pisahkan kenari jantan dengan induk betina hingga telornya menetas. Maka saat telornya menetas, pejantan akan membantu meloloh anakan kenari tersebut dan indukan betina pun akan terpacu untuk meloloh anakannya. Baca juga: Cara beternak Kenari bagi pemula.


Begitulah penjelasan tentang solusi induk kenari betina tidak mau meloloh anakan . Semoga sobat kenari mania yag mengalami masalah diatas dapat mengatasinya dengan baik. Salam sukses.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter