3 Cara Agar Bulu Burung Kenari Mengkilap dan Tidak Kusam

Siapa sih yang tidak senang bila Burung Kenari kesayangan bulu-bulunya tampak bersih, berkilau dan mengkilap. Keindahan burung kenari juga tampak dari keragaman warna bulunya apalagi bulunya selalu bersih dan berkilau pasti akan menjadikan Kenari tersebut lebih cantik dan menarik. Serta kelihatan lebih terawat bila dibandingkan dengan kenari yang bulunya kotor, kusam lagi pula sampai nyerit.

Pada umumnya warna bulu kenari yang cerah dan terlihat mengkilap dan berkilau sangat erat kaitannya dengan pola perawatan yang benar dan terus kontinyu. Pemberian sayuran segar yang banyak mengandung betacarotin di dalamnya juga dapat menjadikan bulu kenari terlihat lebih menawan dan pastinya mengkilap alias tidak kusam. Contohnya sayuran seperti wortel, sawi dan lain sebagainya.

Tips agar bulu burung kenari mengkilap / tidak kusam

Sobat kenari mania mustinya tahu juga tentang penyebab mengapa bulu kenari kusam atau tidak mengkilap, agar nantinya bisa dijadikan refrensi dan antisipasi dalam hal perawatan Kenari sehari-hari. Berikut informasi selengkapnya.

Beberapa Penyebab Bulu Burung Kenari Kusam

1. Kekurangan minyak pengkilap bulu
Secara naluri seekor Burung Kenari mampu mengolesi bulu-bulunya dengan minyak pengkilap alami. Minyak alami tersebut berada tepat diatas pangkal ekor bagian atas yang bentuknya seperti benjolan kecil, bila ditekan maka akan mengelurakan cairan minyak. Nah cairan minyak tersebut selalu digunakan Kenari untuk merawat bulu-bulunya agar selalu mengkilap, biasanya ia akan mengambil minyak pengkilap tersebut menggunakan paruhnya lalu diratakan ke bulu-bulunya.

Namun karena berbagai faktor bisa saja kandungan minyak tersebut berkurang atau tidak ada sama sekali, sehingga Kenari pun tidak bisa mengolesinya dengan minyak tersebut sehingga bulu-bulunya akan tampak kusam dan tak terawat. Misalnya karena faktor usia yang sudah terlalu tua atau faktor lain yang bisa membuat produsen minyak tersebut buntu sehingga minyak yang dihasilkan tidak bisa keluar. Maka perlu juga dilakukan pengecekan apakah cairan minyak keluar atau tersumbat.

2. Terlalu lama dijemur
Menjemur Kenari merupakan perawatan yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik. Namun jangan sampai terlalu lama menjemurnya karena bisa membuat bulu-bulu burung kenari bisa kusam karena kehilangan zat minyak alaminya dan juga lapisan lilin di setiap helai bulunya. Waktu ideal menjemur kenari antara jam 07.00-10.00, sebaiknya tidak menjemur kenari lewat dari jam 10.00 siang.

3. Menjemur kenari saat bulunya basah kuyup
Cara yang baik dan benar dalam menjemur Kenari salah satunya tidak langsung menjemur kenari di tempat yang panas setelah ia baru selesai disemprot atau dimandikan, melainkan diamkan beberapa menit di tempat teduh usai dimandikan, jika bulunya sudah mulai mengering artiya air sudah tidak menetes lagi dari bulu-bulunya, maka boleh kenari langsung dijemur di tempat penjemuran yang panas.


Menjemur Kenari di bawah panas matahari yang lumayan menyengat  ketika bulu-bulu kenari masih basah kuyup dengan durasi cukup lama ternyata bisa menimbulkan berbagai permasalahan seperti bulunya jadi kusam dan bulu akan keriting terutama pada saat usai mabung atau tumbuh bulu baru.

4. Terlalu banyak menggunakan obat kutu kimiawi
Memberantas kutu Kenari menggunakan obat kutu kimiawi yang saat ini sudah sangat mudah didapat merupakan cara efektif dan ampuh. Namun penting juga untuk tidak menggunakannya secara berlebihan karena bisa membuat lapisan lilin yang ada di setiap helai bulu hilang, sehingga bulunya tidak akan anti air lagi akhirnya bulu-bulu menjadi kusam malahan jadi rusak.

Itulah beberapa hal yang sering menjadi penyebab bulu burung kenari kusam.

Itulah beberapa hal hal bisa menjadi penyebab bulu kenarai kusam, nah sekarang mari kita menuju ke tips-tips agar bulu kenari mengkilap sehingga terlihat lebih menarik. Solusinya!!.

Tips / Cara Agar Bulu Burung Kenari Mengkilap

1. Terapi minyak ikan untuk penyembuhan
Cara mudahnya adalah memberikan terapi minyak ikan selama bulu kenari kusam / tidak berkilau / tidak mulus. Saat ini minyak ikan dapat dengan mudahnya didapat di toko burung dengan berbagai macam merek juga bentuk. Bentuknya bulat ada juga yang memanjang, berwarna kuning bening. Cara pemberiannya dengan mencampurkan minyak ikan pada pakan bijian dan eggfood atau mengoleskannya pada telur puyuh rebus.

2. Terapi minyak ikan untuk perawatan harian
Dalam perawatan harian burung kenari sebaiknya sesekali diberikan minyak ikan yang dicampurkan pada pakannya. Namun tidak perlu berlebihan. Hal ini penting guna menjadikan bulu kenari selalu tampil menawan dan mengkilap dan pastinya tidak kusam. Perawatan ini juga penting sebagai antisipasi agar bulu kenari tidak menjadi kusam di belakang hari.

3. Memberikan sayuran hijau
Tidak bisa dipungkiri bahwa sayuran bagi burung kenari sangatlah penting baik bagi kesehatan tubuhnya mapun kesehatan bulu-bulunya. Sayuran ijo mengandung berbagai macam vitamin juga betacarotin yang sangat baik buat kecerahan warna bulunya agar makin mulus dan tidak kusam.

Minyak ikan

Artikel menarik lainnya

Cukup sekian sharing dari Kenari Mania kali ini tentang tips cara agar bulu kenari mengkilap tidak kusam. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter