5 Tips Agar Burung Kenari Bertelur Banyak Dan Isi (Fertile)

Agar kenari bertelur banyak - Baik bagi peternak kenari senior maupun pemula bila mendapati burung kenari yang sedang diternak mulai bertelur pasti senangnya sampai ubun-ubun apalagi sampai telur-telurnya menetas semua. Karena banyak juga permasalahan atau kendala dalam beternak burung cantik ini. Bila kenari yang anda tangkar sudah mulai bertelur itu merupakan awal dari sebuah kesuksesan yang nantinya akan menjadi anakan-anakan kenari yang lucu, imut dan juga membanggakan hati penangkar. Jumlah telur kenari yang ideal adalah rata-rata 3 sampai 4 butir.

Tiap induk betina biasanya bertelur dengan jumlah yang tidak sama, ada yang telurnya sedikit misalnya cuma bertelur 2 butir saja dan ada juga kenari betina yang bertelur sampai 5 butir. Nah bila kenari anda bertelur dengan jumlah banyak, anda harus berbangga hati, berarti burung yang anda ternakan berada pada masa subur yang baik. Karena tidak sedikit juga indukan betina yang ditangkarkan hanya bisa bertelur sedikit, itu pun belum tentu menetas semua. Sebagai pertenak harus tahu tips agar kenari bisa bertelur banyak atau jumlah ideal dan telurnya isi/ngisi.

Tips agar burung kenari bertelur banyak dan isi (fertile)

Tips Agar Kenari Betina Bertelur Banyak atau Ideal dan Telur Ngisi atau Fertil

1. Cukupi asupan gizi kenari betina dan pejantan
Kebutuhan nutrisi burung canary memang harus terpenuhi dengan baik. Asupan gizi bagi kenari bisa diperoleh dari pakan berupa bijian lengkap, sayuran hujau, dan telor rebus, sebaiknya tambahkan juga mulvitamin khusus ternak yang bisa dibeli di toko pakan burung, agar kenari betina dan jantan kebutuhan vitamin E nya bisa terpenuhi dengan baik. Vitamin E bagi kenari sangat penting apalagi dalam proses penangkaran, agar reproduksinya selalu subur dan kesehatannya selalu terjaga. Lihat juga: Tips merwat anakan Kenari baru menetas

2. Pemilihan indukan kenari yang berkualitas
Pemilihan indukan kenari yang berkualitas tidak kalah penting. Misalnya memilih indukan dari keturunan kenari yang subur sehingga keturunannya pun akan mewarisi gen induknya yang subur tersebut. Selain itu pilihlah kenari betina yang postur dadanya bidang dan pada bagian temboloknya terlihat besar serta berisi, umumnya yang demikian itu adalah tanda kenari betina yang subur dan pandai merawat anakan bila telurnya sudah menetas.

3. Perawatan kenari yang baik dan teratur
Merawat kenari jantan dan betina dengan baik setiap hari merupakan keharusan bagi penangkar, agar burung yang diternakan selalu sehat. Hanya burung kenari yang sehatlah yang akan meminimalisir segala permasalah dalam dunia penangkaran kenari. Maka dari itu jemurlah dan mandikan kenari anda secara rutin sesuai jadwal. Dan berikan pula pakan pilihan yang cukup/tidak berlebihan.

4. Tambahkan multivitamin khusus ternak
Saat ini sangat mudah sekali mendapatkan vitamin kenari di pasaran dengan berbagai macam merek. Namun jangan salah pilih, pilihlah multivitamin khusus penangkaran. Biasanya kandungan vitamin yang paling banyak pada obat khsus ternak adalah vitamin E karena vitamin tersebut berperan penting agar kenari selalu subur baik induk betina maupun jantan.

Tips Tambahan:

5. Pada saat sepasang kenari sedang dijodohkan atau dikawinkan sebaiknya berikan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup, jadi jangan hanya diberikan pakan biji-bijian saja. Jika kebutuhan nutrisinya tercukupi saat proses kawin, maka akan berpengaruh baik dengan jumlah telor dan embrio yang ada di dalam telor pun akan sehat sehingga anakan berhasil menetas kata lain embrio tidak mati di dalam telur. Baca: Penyebab telur Kenari gagal menetas

Itulah beberapa tips agar kenari betina bertelur banyak dan telurnya isi atau fertile. Semoga bermanfaat. Salam Kenari Mania. 

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter