Burung Kenari Jantan Hanya Ngeriwik, Ini Solusinya!

Kenari jantan hanya ngeriwik - Burung Kenari yang ngeriwik merupakan hal yang wajar bagi seekor burung muda atau anakan. Pasalnya ngeriwik itu alamiah bagi Kenari muda yang sedang belajar berkicau, sebelum akhirnya ia mampu berbunyi dengan suara kicauan yang keras, ngerol dan gacor. Biasanya Kenari anakan jantan yang baru berumur 1 hingga 5 bulanan, maka Kenari muda tersebut akan ngeriwik saja sebab ia sedang berlatih mengeksplor kemampuan berkicaunya.

Istilah ngeriwik adalah sebutan untuk burung kicau yang yang sedang belajar bunyi, suara kicaunya terdengar tidak jelas atau bergumam, termasuk juga burung kenari ini. Biasanya Kenari jantan muda atau JM akan belajar bunyi atau ngeriwik bila belum matang kelamin atau belum dewasa, maka dengan beriringnya waktu ketika usianya sudah memasuki usia 6-7 bulanan, maka suara berkicaunya jadi tambah keras dan jelas hingga akhirnya Kenari mampu berkicau ngerol dan ngeplong serta suaranya terdengar keras dan merdu dengan kata lain Gacor. Baca: Tips agar Kenari gacor.

Burung kenari jantan hanya ngeriwik, ini solusinya!

Banyak juga burung kenari yang sudah memasuki usia dewasa atau masa pubertas namun kenari tetap saja ngriwik alias tidak ngerol, maka hal inilah yang bisa bikin pemilik gegana oleh karena itu segera cari tahu penyebab dan solusinya . Perlu anda ketahui biasanya ada beberapa faktor mengapa kenari lama sekali bisa ngerol, jadi kenari cuma ngeriwiik saja meski sudah umur kurang lebih 7 bulan.

Berikut beberapa faktor yang bisa membuat kenari jantan hanya ngeriwik saja atau kenari pejantan lama bisa ngerol meskipun sudah cukup umur:

Berikut Beberapa Faktor Penyebab Burung Kenari Jantan Cuma Ngeriwik Saja
  • Kenari berwarna polos,seperti putih polos, sunkis, kuning dll. Kenari berbulu polos dikenal lebih lama untuk bisa ngerol dibanding kenari yang berbulu gelap seperti, coklat, romeo dsb.
  • Kenari berbulu tebal, kenari berbulu tebal memang terkenal lebih lama untuk bisa ngerol ketimbang kenari yang berbulu tipis.
  • Kenari jarang dijemur.
  • Kenari kegemukan atau obesitas.
  • Kenari belum matang kelamin meskupun usianya sudah dewasa/matamh.
  • Kenari terlalu kurus atau tidak sehat. 
  • Karena memang usia Kenari masih muda, jadi wajar bila ia cuma ngeriwik saja.

Sebagai pemilik pasti menginginkan kenari kesayangannya segera mampu berkicau dengan klualitas terbaiknya yaitu kenari berbunyi ngerol dengan lantang bahkan bisa gacor sepanjang hari ia bila sudah memasuki masa kedawasaan. Bagi anda yang memiliki masalah pada kenarinya yang hanya berbunyi ngeriwik saja, berikut  infomasi tips cara mengatasinya. Simak ulasan di bawah ini:

Cara Mengatasi Kenari Jantan Cuma Ngeriwik Saja
  1. Sebelumnya pastikan dulu bahwa Kenari yang anda pelihara berjenis kelamin jantan. Karena hanya kenari jantanlah yang mampu berkicau dengan sangat baik, ngerol dan istimewa.
  2. Jemurlah Kenari anda secara rutin setiap hari. Bila anda hanya menjemurnya selama 1 jam perhari maka tingkatkanlah frekuensinya jadi bisa 2 atau 3 jam perhari. Percayalah bila anda rutin menjemur Kenari anda, maka ia akan segera mampu berkicau ngerol panjang dan keras.
  3. Tambahkan biji niger seed pada pakan biji-bijiannya, biji niger sangat baik untuk membantunya cepat birahi dan cepat gacor.
  4. Pastikan Kenari sudah memasuki matang kelamin, cirinya bisa anda lihat pada vennya yang sudah terlihat memanjang dan besar. Agar kenari cepat matang kelamin rajinlah menjemur Kenari anda di pagi hari, bila perlu di sore hari juga.
  5. Jangan lupa untuk memberikan telur puyuh, buah apple, selada, bila kenari mau berikan juga kroto semut. Pemberiannya bisa 3-4 kali  seminggu (selang-seling) agar kondisinya fit dan segera birahi. Namun jangan sampai berlebihan agar Kenari tidak kegemukan.
  6. Segera atasi bila kenari kegemukan dengan cara terus menjemur kenari rutin tiap hari dan juga terapilah dengan memberikan buah mentimun seteap hari hingga kondisinya membaik. Faktor kegemukan pada kenari juga menjadi penyebab mengapa kenari tetap ngeriwik saja.
  7. Masterlah Kenari anda dengan suara burung kenari atau burung lain yang sudah mapan agar ia termotivasi untuk berkicau lebih baik dan supaya kemampuan berkicaunya bisa bervariasi.
  8. Bila perlu berikan juga multivitamin khusus untuk Kenari agar ia cepat gacor dengan suara lantang.

Bagi anda yang baru mulai memelihara Kenari sebaiknya untuk tidak ambil pusing bila kenari yang dipelihara masih berumur muda karena memang pada saat itulah dia hanya mampu berbunyi ngeriwik saja, namun  bila Kenari sudah lebih dewasa (7 bulanan) pastinya Kenari mampu berkicau gerol dengan kualitas terbaik. Demikian sharing kali ini tentang cara mengatasi kenari cuma ngeriwik. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter