5 Cara Memasang Ring Pada Kaki Burung Kenari

Di arena lomba burung berkicau atau di rumahan, kita sering melihat Burung Kenari memakai Ring di kakinya. Seekor burung kenari yang memakai ring atau cincin di kakinya akan kelihatan lebih bagus dan menarik, karena cincin tersebut selain berfungsi sebagai identitas hasil penangkaran, juga dapat menambah kesan menarik pada burung yang memakainya baik itu kenari maupun burung kicau lainnya. Kali ini akan share tips cara memasang ring kenari.

Bagi anda yang ingin serius dalam mengembangkan usaha penangkaran kenari, maka pemasangan cincin ini bisa dibilang sangat penting guna brand penangkaran anda dikenal banyak orang kususnya para Kenari Mania. Adapun Saat yang tepat untuk memasang ring kenari adalah ketika kenari masih anakan atau piyik, umurnya sekitar 4 sampai 9 hari. Namun sebagai peternak pemula biasanya masih kesulitan saat akan memasangkan cincin tersebut. Perlu diketahui bahwa sebelum memasang cincin pada kaki kenari ada beberapa tips pemilihan ring kenari yang benar. Bacajuga: Ciri anakan kenari berkualitas.

cara memasang ring kenari

Tips Memiliih Ring Kenari yang Baik dan Benar
  1. Pilihlah Ring yang berwarna menarik seperti merah maroon, kuning emas atau sesuai dengan selera anda, yang penting dari segi warna bagus.
  2. Pilih cincin yang modelnya bagus, sekarang ini ada berbagai macam model ring seperti model donat, standard dan sebagainya. 
  3. Ukurannya pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar pada kaki kenari.
  4. Pemilihan nama pada ring yang bagus, mudah diingat dan sederhana. Karena nama pada cincin tersebut akan menjadi brand atau merek penangkaran kenari anda yang nantinya akan dikenal oleh para kicau mania di seluruh nusantara.
  5. Sebaiknya jangan beli cincin kenari di pasaran yang biasanya sudah ada namanya seperti tulisan kobra dll, alangkah baiknya pesanlah reng kenari lengkap dengan nama, model serta warna yang anda inginkan. Hal ini penting untuk perkembangan usaha jangka panjang.

Sekarang anda sudah paham cara memilih ring kenari dengan baik dan benar. Nah, setelah cincin kenari didapatkan maka langkah berikutnya adalah memasangkan reng ke kaki kenari anakan atau piyik yang telah menetas tersebut. Silakan anda simak tipsnya berikut ini.

Cara Memasang Ring Pada Kaki Kenari Piyik Dengan Mudah
  1. Memasang Ring kenari sebaiknya dilakukan ketika anakan baru berusia 4 sampai 9 hari, jangan kurang atau lebih, karena jika umur piyik terlalu muda maka cincin yang sudah terpasang akan mudah lepas kembali. Dan jika umur piyik kenari sampai 15 hari misalnya maka kakinya sudah terlalu besar sehingga cincin sulit dipasang.
  2. Cincin harus khusus burung kenari agar ukurannya pas, jangan sampai salah pilih, misal Ring kacer lalu dipasangkan ke kenari.
  3. Cara mudah memasang Ring kenari adalah dengan merapatkan 3 jari kaki depannya kemudian rcincin dimasukan dengan perlahan lalu 1 jari belakang dilipat kebalakang hingga menyentuh kakinya, lantas ring terus didorong hingga melewati jari kaki belakangnya.
  4. Untuk lebih mudahnya sebaiknya sebelum cincin dimasukan, kaki kenari diolesi minyak rambut atau body lotion sebagai pelicin agar cincin lebih cepat masuk. Hal ini dilakukan jika ring agak seret dimasukin.
  5. Untuk lebih jelasnya cara memasang ring pada kaki kenari, silakan lihat pada gambar dibawah ini.
cara pasang cincin kenari

Simak juga:

Cukup sekian dulu artikel cara memasang ring kenari . Berharap para peternak kenari di tanah air senantiasa memasangkan ring pada kaki kenarinya supaya ia terlihat lebih menawan dan brand penangkaran canary anda lebih dikenal banyak orang. Salam sukses.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter