5 Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi Dengan Benar

Cara mengatasi kenari over birahi - Burung Kenari yang over birahi atau terlalu birahi, maka sudah barang tertentu mendatangkan permasalahan-permasalahan yang tidak diinginkan bagi si pemiliknya, baik di ajang lomba burung berkicau maupun di rumah dan juga dalam penangkaran kenari. Oleh karena itu pemilik harus memberikan perawatan yang benar dan tepat dan harus dilakukan dengan senang hati serta sabar, sehingga burung kenari peliharaannya bisa berada pada tingkat birahi yang ideal.

Kenari yang mengalami masalah over birahi merupakan hal yang sering dialami oleh para penggemar burung mungil ini, terutama di arena lomba burung berkicau. Maka Kenari yang birahinya sangat tinggi tentunya tidak bisa memberikan hasil yang terbaik sehingga sangat jauh dari juara. Jangankan menang kenari mau berkicau saja sudah beruntung, karena Kenari yang birahinya over biasanya hanya akan melabrak jeruji sangkar atau loncat-loncat di dasar sangkar tanpa suara kicau yg dilantunkan.

Cara mengatasi kenari over birahi

Sebelum itu sebaiknya anda ketahui dulu apa dampak negatif atau masalah-masalah jika burung kenari over birahi.

Dampak Negatif Burung Kenari Over Birahi
  1. Khusus kenari lomba yang sedang dilombakan namun over birahi biasanya jauh dari juara, pasalnya ia akan sering menabrak jeruji sangkar, sehingga suara kicau dan gayanya tidak maksimal.
  2. Kenari jantan tidak akan gacor bila birahinya tidak stabil atau over baik di rumah maupun di arena kontes.
  3. Kenari pemacek atau induk kenari jantan yang terlalu birahi, sulit dijodohkan dan juga sulit dikawinkan dengan kenari betina, karena pejantan tersebut terlalu bernafsu sehingga ia akan mengejar-ngejar burung betina dengan kasar.
  4. Kenari betina yang birahinya over juga tidak baik, apalagi pada saat kenari betina sedang mengerami telurnya maupun meloloh anakan yang masih baru menetas, maka induk betina tersebut akan sering meninggalkan sarang sehingga telur gagal menetas dan anakannya pun terkadang tidak diloloh sehingga mati kelaparan. Baca: Penyebab telur Kenari gagal menetas.

Nah, itulah beberapa poin yang biasanya menjadi ujung permasalan jika kenari sedang over birahi tidak segera ditangani. Maka dari itu semua saya ingin share tips tentang cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi
  1. Kurangi pemberian extrafooding berupa telur puyuh rebus, kroto semut dan juga apel, karena makanan ef tersebut dapat memicu tingkat birahi kenari. Bila perlu anda stop dulu pemberian ef, jika kondisi kenari sudah membaik boleh ef diberikan kembali secukupnya / tidak berlebihan.Simak: EF Makana Kenari agar gacor.
  2. Bila anda memberikan pakan bijian berupa niger seed sebaiknya stop dulu karena biji niger dapat menghangatkan tubuh kenari dan juga meningkatkan birahi kenari.
  3. Tambahkan frekuensi memandikan kenari, bila sebelumnya anda hanya memandikannya  seminggu sekali sekarang anda boleh memandikannya seminggu 4 kali.  
  4. Kurangi durasi penjemuran Kenari, misal anda biasanya menjemur kanari 2 jam perhari, coba menjemurnya 1 jam saja setiap hari.
  5. Berikan juga mentimun sebagai menu makanan hariannya, mentimun sangat ampuh menurunkan berat badan kenari dan juga ampuh menurunkan birahi kenari.

Dengan beriringnya waktu anda juga akan mengerti akan karakter burung kenari kesayangannya. Jadi nantinya anda bisa mengambil kesimpulan misalnya oh, kenari ini bila terlalu banyak diberikan pakan ef maka dampkanya akan begini dan semacamnya. Sehingga anda bisa menyesuaikan dengan pola perawatannya yang tepat. Begitulah sekilas informasi tentang tips cara mengatasi kenari over birahi. Semoga apa yang dibagikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter