10 Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari dengan Cepat dan Tepat

Cara menurunkan birahi kenari tinggi - Burung Kenari yang over birahi atau terlalu birahi, maka sudah barang tertentu mendatangkan permasalahan-permasalahan yang tidak diinginkan bagi si pemiliknya, baik di ajang lomba burung berkicau maupun di rumah dan juga dalam penangkaran kenari. Oleh karena itu pemilik harus memberikan perawatan yang benar dan tepat agar tingkat berahi burung kenari yang tinggi segera kembali normal atau ideal.

Kenari yang mengalami masalah over birahi merupakan hal yang sering dialami oleh para penggemar burung mungil ini, terutama di arena lomba burung berkicau. Maka Kenari yang birahinya sangat tinggi tentunya tidak bisa memberikan hasil yang terbaik sehingga sangat jauh dari juara. Jangankan menang kenari mau berkicau saja sudah beruntung, karena Kenari yang birahinya terlalu meluap biasanya hanya akan melabrak jeruji sangkar atau loncat-loncat di dasar sangkar tanpa suara kicau yg dilantunkan.

Cara mengatasi kenari over birahi

Sebelum itu sebaiknya anda ketahui dulu seperti apa ciri-ciri kenari birahi tinggi dan apa dampak negatif atau masalah-masalah yang timbul jika burung kenari birahi tinggi. Berikut ulasannya.

Dampak Negatif Burung Kenari Over Birahi
  1. Khusus kenari lomba yang sedang dilombakan namun over birahi biasanya jauh dari juara, pasalnya ia akan sering menabrak jeruji sangkar, sehingga suara kicau dan gayanya tidak maksimal.
  2. Kenari jantan tidak akan gacor bila birahinya tidak stabil / ideal baik di rumah maupun di arena kontes.
  3. Kenari pemacek atau induk kenari jantan yang terlalu birahi, sulit dijodohkan dan juga sulit dikawinkan dengan kenari betina, karena pejantan tersebut terlalu bernafsu sehingga ia akan mengejar-ngejar burung betina dengan kasar.
  4. Kenari betina yang birahinya terlalu tinggi juga tidak baik, apalagi pada saat kenari betina sedang mengerami telurnya maupun meloloh anakan yang masih baru menetas, maka induk betina tersebut akan sering meninggalkan sarang sehingga telur gagal menetas dan anakannya pun terkadang tidak diloloh sehingga mati kelaparan. Baca: Penyebab telur Kenari gagal menetas.

Nah, itulah beberapa poin yang biasanya menjadi ujung permasalan jika kenari sedang over birahi tidak segera ditangani. Maka dari itu semua saya ingin share tips tentang cara mengatasi burung kenari over birahi.

Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari!

1. Mengurangi pemberian telur puyuh rebus, dimana makanan tambahan ini dapat memicu burung kenari untuk rajin gacor. Namun disaat birahi burung masih terlalu tinggi sebaiknya kurangi dulu. Bahkan bila perlu di stop dulu pemberian telur puyuhnya sampai berahinya kembali normal.

2. Selama proses menurunkan birahi kenari sebaiknya burung lebih sering dimandikan. Kalau biasanya burung anda hanya dimandikan seminggu 3 kali, maka pada treatmen ini lebih disarankan burung kenari dimandikan setiap hari, di waktu pagi saja atau pagi sore, atau bahkan di malam hari juga.

3. Untuk mempercepat proses menstabilkan birahi kenari alangkah baiknya kurangi juga durasi penjemuran. Semisal anda terbiasa menjemur kenari sekitar 1 jam coblah dijemur sekitar setengah jam saja.

4. Berikan buah mentimun untuk burung kenari over birahi. Buah ini juga cukup manjur dalam mengatasi birahi kenari yang tinggi dan juga sangat ampuh dalam menurunkan berat badan burung yang kegemukan.

5. Kurangi pemberian egg food selama proses menyetabilkan birahi kenari. Lebih disarankan lagi stop dulu untuk tidak memberikan makanan tambahan berupa egg food ini yang mana bahan dasar dari pakan ini terbuat dari telur yang bisa memperburuk keadaan jika tetap diberikan.

6. Berikan ramuan air rabusan daun kemangi atau bisa juga daun kemangi muda langsung dihidangkan dengan cara digantung di dalam sangkar, tapi ingat dicuci dulu. 

7. Mengurangi konsumsi niger seed dan fumayin. Sebagian kenari mania ada yang menggunakan bahan tersebut untuk mendongkrak kegacoran burung kenari. Tapi jika kondisi burung sudah terlalu tinggi birahinya sebaiknya diberhentikan dulu mengonsumsi kedua biji-bijan tersebut.

8. Jangan dulu diberikan buah apel. Buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan kegacoran burung kenari. Namun selama proses menurunkan birahi kenari belum kelar sebaiknya dikurangi dulu atau di stop dulu.

9. Berikanlah sayuran hijau segar seperi daun selada untuk membantu birahi burung kenari agar secepatnya kembali normal atau ideal.

10. Alternatif terakhir yang bisa anda coba lakukan adalah dengan cara mengawinkan kenari jantan birahi tinggi tersebut dengan kenari betina. Nah dengan metode ini akan sangat baik sekali demi mengembalikan pada tingkat birahi normal, karena hasrat ingin kawinnya sudah tersalurkan.

Nah itulah beberapa tips jitu untuk menurunkan birahi burung kenari dengan cepat dan tepat. Nah, dengan beriringnya waktu anda juga akan mengerti akan karakter burung kenari peliharaan anda. Jadi nantinya anda bisa mengambil kesimpulan misalnya oh, kenari ini bila terlalu banyak diberikan pakan ef jenis tertentu maka dampkanya akan begini dan semacamnya. 

Jadi nantinya anda bisa menyesuaikan dengan pola perawatannya yang tepat. Begitulah ulasan cara mengatasi kenari over birahi. Semoga apa yang dibagikan kali ini ada manfaatnya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter