4 Cara Menjemur Burung Kenari Dan Manfaatnya

Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan sinar matahari, baik tumbuhan maupun hewan termasuk juga Burung Kenari. Maka dari itu dalam merawat burung ini jangan sampai tidak pernah menjemur keanari kesayangannya di bawah sinar matahari terutama di pagi hari, karena sinar mentari pagi sangat baik untuk menunjang kesehatannya, sehinggga ia akan tampil prima, tidak mudah sakit dan tentunya selalu gacor setiap hari. Maka dari itu diperlukan perawatan dengan cara menjemurnya secara rutin. Simak Cara merawat kenari agar gacor.

Menjemur kenari memang terkesan sepele, namun jika dilakukan asal-asalan maka bisa jadi si burung ini bukan tambah bagus melainkan malah tambah rusak, bahkan bila sampai over menjemurnya bukan tidak mungkin bila ia akan mati kepanasan. Oleh karena itu dalam menjemur burung kenari perlu diperhatikan tata cara nya yang benar agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Penjemuran Kenari tidak hanya berguna bagi burung dewasa saja, bagi burung muda pun sangat bermanfaat sekali untuk kesehatannya.

Gambar menjemur kenari

Cara Menjemur Burung Kenari

1. Perhatikan waktu penjemuran
Menjemur kenari juga perlu diperhatikan waktu serta durasi penjemurannya. Umumnya penjemuran kenari bisa dilakukan mulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 10.00. Sebaiknya lama penjemurannya tidak lewat jam 10.00 kecuali dengan alasan tertentu misal lagi musim hujan. Penting diketahui terik matahari di atas jam 10.00 itu kondisinya sudah terlalu panas jadi kurang bagus buat kesehatan si burung mungil ini dan biasanya bulunya juga akan mudah rusak. Selain waktu pagi canary bird ini juga bisa dijemur di sore hari sekitar pukul 16.00.

2. Metode penjemuran
Secara umum menjemur kenari adalah menempatkan kenari di bawah sinar matahari. Jadi metode atau cara menjemurnya dengan  menempatkannya di bawah sinar matahari denagn cara menaruh sangkar di atas permukaan tanah, namun yang lebih baik menggantung sangkar di tempat menjemur kenari tanpa perlu dikerodong. Karena ada juga rekan-rekan yang mencoba menjemur kenarinya dengan cara kerodong tidak dibuka, alasannya agar tidak saling melihat dengan kenari lainnya, maka sudah barang tentu burung tersebut akan kepanasan dan mangap-mangap, ini terlalu berisiko bagi canary.

Tips jika tidak ingin kenari yang dijemur melihat burung lain yang sejenis, maka kerodong sangkar cukup ditutup separuh saja. Baca juga: Tips memilih sangkar burung kenari.

3. Menjemur kenari sebelum atau sesudah dimandikan
Memandikan dan menjemur kenari adalah dua hal yang juga penting bagi burung yang juga disebut serinus canaria ini, namun sebaiknya tidak perlu memandikannya setiap hari. Memandikan kenari boleh saja 2 atau 3 kali dalam seminggu atau disesuaikan dengan kebiasaannya.

Menjemur Kenari umumnya dilakukan setelah ia dimandikan namun tanpa memandikan terlebih dahulu pun juga boleh, jadi burung berperawakan cantik ini langsung dijemur di tempat biasa anda  menjemurnya, asal tetap memperhatikan waktu penjemuran dan durasi penjemurannya. Jika sobat hendak menjemurnya setelah dimandikan maka biarkan ia sejenak hingga bulu kenari yang basah sedikit mengering lalu langsung dijemur di bawah panas matahari.

4. Perhatikan segi keamanannya
Selain mengetahui tekhnik maupun waktu penjemuran juga penting memerhatikan dari segi keamanan saat kenari sedang dijemur. Baik posisi gantungan sangkar yang tepat maupun hal lain, jika tidak memperhatikan hal kecil tersebut bisa saja sangkar beserta kenari akan jatuh karena terpaan angin. Juga penting memperhatikan segi keamananya dari hewan seperti kucing dan sebagainya.

Berikut manfaat menjemur kenari:
  1. Menjadikan kenari lebih sehat dan makin gacor.
  2. Menstabilkan / meningkatkan birahi kenari.
  3. Membantu memenuhi kebutuhan vitamin yaitu vit D.
  4. Mempercepat matang kelamin, khususnya untuk kenari betina siapan.
  5. Membantu proses pembakaran lemak sehingga juga baik untuk kenari yang kegemukan.

Itulah penjelasan tentang cara menjemur kenari dan manfaatnya. Semoga informasi yang disajikan di atas dapat memberikan tambahan wawasan dan manfaat buat kita semua. Salam KenariMania.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter