7 Cara Menjinakan Dan Melatih Burung Kenari Ala Kenari Mania

Bagi kebanyakan orang memiliki Burung Kenari yang jinak dan dapat diajak main secara langsung di alam terbuka maupun di dalam rumah tanpa kenari harus dikurung di dalam sangkar, apalagi ia mampu berkicau di atas jari sang pemilik merupaka kebanggan tersendiri yang pastinya menyenangkan hati si pemilik. Mengingat menjinakan dan melatih kenari agar jinak serta bisa berkicau di atas tangan bukanlah perkara yang mudah akan tetapi membutuhkan sebuah proses.

Burung Knari memang saat ini terkenal dengan perawatannya yang mudah namun berbeda ceritanya dalam perawatan menjinakan burung kenari, maka diperlukan kehalian dan tingkat kesabaran yang cukup, sebab Kenari yang menjalani proses penjinakan dan pelatihan harus selalu mendapat perhatian dari pemilik agar ia apat segera jinak hingga akhirnya Kenari bisa diajak main di ruangan terbuka dan kenari pun akan mampu berkicau di atas tangan sang pemilik.

Gambar kenari jinak

Beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan bila ingin menjinakan kenari, agar kenari yang anda rawat dapat segera jinak dan nantinya bisa diajak main di alam bebas tanpa perlu khawatir kenari lepas dan tidak kembali lagi Adalah faktor umur kenari, jadi pilihlah anakan kenari yang masih berumur 10 harian, artinya kenari masih diloloh. Dengan begitu Kenari akan sangat mudah sekali jinak pada anda sampai akhirnya burung ini pun jadi penurut pada anda.

Cara Menjinakan Dan Melatih Burung Kenari Dengan Benar

1. Sebelum anda memulainya sebaiknya berilah nama untuk kenari kesayangan anda, misalnya nama Billy, Sina atau apalah yang penting singkat dan bagus.

2. Langkah awal anda harus senantiasa meloloh anakan kenari dengan cara diloloh menggunakan tangan atau handfeefing. Dengan begitu Kenari akan sangat bergantung pada anda, maka canary pun akan menganggap anda sebagai teman dekatnya bahkan induknya. Hee

3. Bila usia anakan kenari sudah agak besar atau bisa terbang lalu cobah untuk melolohnya dengan cara agak jauh, misalnya 1-2 meter dulu sampai Kenari mau mengejar anda untuk mengambil pakan yang anda pegang, oya jangan lupa panggilah namanya, jangan menggunakan siulan untuk memanggilnya.

4. Jika Kenari sudah mau mengejar dan mengambil pakan yang ada di tangan anda, lalu ulangilah terus menerus sampai akhirnya ia terbiasa dan hafal dengan namanya sendiri.

5. Saya sarankan untuk pertama kali mengajaknya main atau meloloh di luar sangkar, sebaiknya anda lakukan di ruagan tertutup terlebih dahulu misal di dalam rumah, bila ia sudah terbisa maka boleh mengajaknya ia main di luar rumah.

6. Penting juga untuk membuatkan tongkat yang ada tempat tangkringannya , tingginya bisa dibuat 1 meter. Fungsinya tongkat tersebut digunakan Kenari untuk bertengger baik di dalam rumah maupun di luar rumah, jadi si mungil Kenari tidak selalu berada di dalam sangkar.

7. Ajarin juga ia untuk selalu nangkring di atas jari anda agar ia tidak takut dan lebih dekat dengan sang pemilik. Bila Kenari sudah jinak dan terbiasa main bersama pemiliknya maka dengan beriringnya waktu ia akan berkicau di atas tangan anda. Bila anda sukses membuatnya jinak dan bisa diajak main di luar sangkar pasti anda akan merasakan kesenangan tersendiri dari pada hanya membuatnya gacor di dalam sangkar.

Baca juga:

Demikian tips cara melatih dan menjinakan burung kenari ala kenari mania. Semoga ulasan sederhana ini bisa menjadi tambahan pengetahuan buat kita. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter