Mengapa Induk Kenari Betina Bertelur Di Tempat Pakan? Ini Solusinya

Induk kenari betina bertelur di tempat pakan merupakan hal yang kerap terjadi di dunia penangkaran canary bird ini. Ini juga merupakan hal aneh yang dilakukan oleh indukan kenari betina, mengingat sarang khusus tempat bertelur sudah disediakan oleh peternak tapi malah ia lebih memlilih bertelur ditempat pakan. Ini sebetulnya tidak wajar namun lucu, karena tempat pakan merupakan tempat pakannya burung kenari tapi malahan dijadikan tempat untuk meletakan telurnya. Berarti ini ada sesuatu yang jhanggal, yuk segera cari tahu penyebabnya juga solusinya.

Bagi peternak yang baru belajar ternak kenari lalu mengalami kejadian hal seperti ini, maka otomatis akan kaget dan juga bingung karena tidak tahu apa yang harus dilakukannya, namun bagi penangkar yang sudah lebih berpenglaman maka tidaklah terlalu pusing, bahkan jauh-jauh hari kejadian yang tidak menyenangkan seperti ini dapat diantisipasi. Kalaupun kenari betina terlanjur bertelur di tempat pakan mereka sudah tahu apa yang harus dilakukannya. Baca juga: Tips agar Kenari betina cepat bertelur.

Gambar kenari bertelur di tempat pakan

Agar proses penangkaran dapat berjalan sesuai rencana, yuk ketahui hal yang menjadi penyebab mengapa induk burung betina itu bertelur di wadah pakan, dan supaya kedepannya kita bisa mengantisipasinya. Simak juga: Faktor penyebab telur Kenari gagal menetas.

Faktor Penyebab Induk Kenari Betina Betelur Di Tempat Pakan
  1. Bentuk sarang asing bagi kenari. Ini biasanya terjadi bagi indukan kenari betina yang baru, misalnya ditempat penangkar pemula menggunakan sarang plastik dalam jangka waktu lama, namun setelah ada di tempat penangkaran kita menggunakan sarang dari kayu atau triplek.
  2. Wadah pakan ukurannya terlalu besar, sehingga memicu kenari betina untuk bertelur di wadah tersebut. Ini tidak akan terjadi bila menggunakan tempat pakan yang ukuran kecil.
  3. Bahan sarang terlalu kasar/tidak nyaman atau tidak disukai oleh kenari.
  4. Sarang banyak kotoran kanari, berbau, terdapat banyak kutu dan juga tungau, sehingga tidak menarik baginya..
  5. Posisi sarang tidak nyaman bagi kenari, misalnya meletakan sarang di dasar sangkar atau sarang terlalu mepet atap sangkar.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat induk betina tidak bertelur di sarang yang telah disediakan. Baiklah berikut solusi cara mengatasinya agar ia tidak terjadi kembali di kemudian hari.

Cara Antisipasi Induk Kenari Betina Bertelur Di Tempat Pakan
  1. Pertama jangan menggunakan wadah pakan yang berukuran besar tapi gunakanlah yang ukurannya kecil, sekiranya tubuh kenari tidak masuk ke wadah pakan tersebut. Dijamin kenari tidak akan bertelur di tempat makanan lagi tapi senantiasa kenari bertelur di sarang.
  2. Gunakanlah sangkar dan juga bahan sarang yang nyaman bagi kenari, pilihlah sarang yang terbuat dari triplek atau dari kayu, biasanya lebih disukai kenari ketimbang sarang yang terbuat dari plastik.
  3. Bahan sarang cukup dipakai satu periode saja, maksudnya bila anakan kenari sudah dipisah maka bahan sarang harus diganti baru.
  4. Perhatikan posisi penempatan sarang agar nyaman bagi kenari.
  5. Sebaiknya sarang diberi tutup dibagian depan agar ia merasa lebih tenang bertelur di sarang..

Lalu bagaimana cara mengatasi burung kenari yang sudah terlanjur bertelur atau meletakan telurnya di tempat pakan. Simak ya keterangan berikut:

Cara Mengatasi Induk Kenari Betina Bertelur Di Tempat Pakan
  1. Apabila indukan kenari betina baru bertelur 1 atau 2 butir di wadah pakan, sebaiknya segera pindah telur tersebut ke tempat sarangnya, lalu anda ganti tempat pakannya dengan ukuran yang kecil. Namun resikonya bila kenari tetap tidak mau ke sarangnya maka telur berikutnya biasanya akan dijatuhkan artinya kenari akan bertelur di sembarang tempat sehingga telurnya jatuh dan pecah.
  2. Untuk lebih amannya sebaiknya biarkanlah kenari bertelur di tempat pakan, namun segera pindahkan telur kenari yang ada di wadah pakan tersebut ke tempat sarangnya lalu tempatkanlah sarang tersebut ke posisi tempat pakan kenari bertelur. Lalu wadah pakanya anda ganti dengan ukuran kecil kemudian tukar posisi penempatannya. Nah dengan begitu telur kenari akan terselamatkan dan kenari juga akan mengerami telur-telurnya, karena posisi bertelurnya tidak dipindah.
Jangan lupa baca: Tips mengetahui telur Kenari isi atau kosong

Sekian pembahasan tentang mengapa induk kenari betina bertelur di tempat pakan. Saya harap anda sudah dapat mengatasinya bila burung kenari anda tidak mau bertelur di sarang. Salam Sukses.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter