6 Karakteristik Burung Kenari Yang Perlu Diketahui Kenari Mania

Karakteristik kenari - Di era burung kicau yang makin booming saat ini, tentu burung kenari tidak bisa dipisahkan di dalamnya. Mengingat burung kenari adalah burung mungil yang cantik memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus, suara kicauannya terdengar mendayu-dayu dan merdu. Sehingga burung ini termasuk salah satu burung kicau yang sangat di favoritkan oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia, terutama bagi para kenari mania.

Burung kenari termasuk juga burung yang sudah melegenda dari waktu ke waktu, kususnya di bumi tercinta ini. Lihat saja penggemar burung kenari sangat banyak sekali, hampir bisa ditebak bahwa kebanyakan masyarakat memilih burung kenari sebagaai burung peliharaan kesayangannya maupun sebagai burung lomba jagoannya. Semua ini menjadi hal yang wajar, mengingat karakteristik burung kenari yang super komplit.

Gambar kenari

Sejarah pertama kali burung kenari ditemukan oleh seorang pelaut yang berkebangsaan prancis pada abad ke-15 silam yaitu tepatnya berada di kepulauan yang bernanama canary, maka dari itu burung ini diberi nama burung kenari sesuai dengan nama pulau tersebut yang merupakan tempat pertama kali ditemukannya.

Berikut karakteristik burung kenari yang sudah umum dikenal oleh kicau mania:

1. Kenari adalah tipe burung penyanyi
Burung kenari sudah umum dikenal sebagai burung yang senang sekali berbunyi dan terlihat sering berkicau dalam kesehariannya, walaupun dengan perawatan yang tidak terlalu berlebihan. Suara kenari juga sangat merdu dan indah dengan alunan kicaunya yang terdengar mengalun naik turun. Jadi wajar bila banyak orang yang tertarik akan keindahan suaranya tersebut. Dengan karakter penyanyi itulah, maka burung ini banyak dijadikan sebagai burung lomba favorit pun sebagai burung perliharaan di rumah.

Baca juga: Jenis kenari penyanyi berkualitas

2. Kenari adalah tipe burung petarung
Sudah umum diketahui kalau kenari adalah tipe burung petarung, yang dimaksud burung petarung adalah  kenari ini akan saling menunjukan kebolehan berkicaunya jika di sekililingnya ada kenari jantan lain. Apalagi bila didekatnya ada kenari betina, maka kenari jantan pun akan mengeluarkan suara merdunya yang khas tersebut untuk menarik perhatian si kenari betina.

Simak: Tips melatih mental kenari

3. Kenari mudah beradaptasi
Kenari juga mempunyai karakter yang mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sebetulnya burung kenari awal mulanya didatangkan dari benua eropa yang tentunya memiliki iklim yang berbeda dengan indonesia, walaupun begitu burung kenari mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

4. Kenari tidak mudah stress
Burung kenari merupakan burung yang perawakannya kalem, tenang dan tidak suka menggigit. Jadi walaupun burung kenari sering dipindah-pindah, maka ia tetap berkicau seperti biasanya, karena itulah salah satu keunggulannya yang tidak mudah stess menjadikan burung peliharaan favorit bagi kalangan kenari mania.

5. Kenari mudah jinak
Sudah bukan hal yang tabu lagi bahwa kenari memiliki karakter yang mudah jinak atau tidak giras, selain sifatnya yang mudah berdaptasi. Kita tahu kalau kenari adalah burung hasil ternak maka sudah sewajarnya burung ini gampang jinak.

Ketahui: Cara menjikan burung kenari

6. Kenari birahinya mudah naik
Seperti yang kami jelaskan diatas bahwa kenari juga merupkan tipe petarung karena salah satu alasannya karena kenari birahinya yang mudah naik. Terlebih bila melihat kenari jantan lain yang gacor, maka ia pun akan menunjukan kebolehan berkicaunya juga, baik hanya sekedar menunjukan kemampuan berkicau yang istimewa maupun menunjukan area teritorialnya.

Simak ya: Cara menurunkan tingkat birahi kenari

Apalagi dalam hal penangkaran kenari, maka baik kenari betina maupun kenari jantan juga sama-sama birahinya yang mudah naik, oleh karena itu ini menjadikan keuntungan bagi para peternak kenari, karena kedua kenari menjadi cepat berjodoh hingga akhirnya cepat kawin. Simak juga: Perbedaan kenari betina dan jantan akurat dan lengkap.

Demikianlah info mengenai karakteristik atau ciri khas burung kenari yang dapat KenariMania.com informasikan pada sobat semua.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter