Mengenal Ciri Kenari Jambul / Gloster Si Cantik Beserta Harganya

Kenari jambul - Saat ini terdapat berbagai macam jenis kenari  dengan ciri khas suara maupun ciri fisiknya yang berbeda-beda. Ada yang postur tubuhnya besar dan gagah seperti kenari yorkshire, ada juga yang warnanya merah polos yang disebut kenari merah, juga ada yang suara kicaunya sangat khas seperti kenari roler dan kenari waterslanger, selain itu ada juga jenis kenari yang terkenal akan keunikan jambulnya, kenari tersebut adalah kenari jambul.

Kenari jambul atau yang sering juga disebut crested canary dan gloster canary adalah burung kenari yang memiliki mahakota atau topi yang terdapat di atas kepalanya, sehingga Kenari berjambul ini sangat berbeda dengan kenari jenis lainnya. Satu hal yang mejadi pembeda abadinya dengan jenis kenari manapun adalah adanya jambul tersebut. Maka dari itu kenari berjambul ini terlihat sangat cantik dan unik, karena disitulah letak keunggulannya.

kenari jambul

Burung kenari jambul sebetulnya masuk kategori kenari postur, maka tidak heran jika memiliki tampilan fisik yang lucu dan unik, ini berkat adanya jambul dan posturnya yang bunder tersebut. Karena memang kenari ini dikembangkan dengan satu tujuan yaitu burung kenari yang unggul pada kualitas bentuk fisiknya, namun suara kicaunya juga tidak kalah bagus denagan kenari penyanyi lainnya. Bahkan menurut kenari mania suara kenari jambul terbilang cukup keras dan merdu. Hal inilah yang menjadikan kenari jambul ini terus berkembang dan diminati para pecinta burung kenari.

Simak juga: Kenari roller pengicau handal

Kenari yang memiliki jambul atau mahkota di kepalanya umumnya ada 2 jenis adalah gloster canary dan crested canary. Dari 2 jenis kenari tersebut sama-sama memiliki jambul, namun yang memebedakan adalah posturnya yang tidak sama, umumnya kenari gloster memiliki postur tubuh yang lebih bunder, buncit, pendek dan terlihat agak bulat, namun untuk crested canary biasanya mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dan panjang daripada gloster kenari.

Baca juga: Kenari american singer

Perlu diketahui pula bahwa kenari gloster sendiri masih dibedakan menjadi 2 yaitu kenari gloster jambul dan kenari gloster tidak berjambul. Untuk posturnya sama-sama memiliki tampilan fisik yang serupa yakni sama sama buncit, bunder, pendek dan cendrung agak bulat. Itulah yang menjadi keunggulan dan keistieawaan dari burung kenari, terdapat berbagai macam jenis dengan postur yang unik dan berbeda-beda dengan ciri khasnya masing-masing.

Berikut keterangan lebih detail lagi mengenai kenari gloster, silakan disimak berikut ini:

Gloster consort adalah  sebutan untuk kenari gloster yang tidak memiliki jambul di kepalanya.
Gloster corona adalah sebutan untuk kenari gloster yang memiliki jambul di atas kepalanya.


Koleksi Gambar Kenari Gloster

kenari gloster
Kenari Gloster Consort

Gambar kenari jambul
Kenari Gloster Corona


Bagi sobat kenari mania yang ingin mengetahui ciri-ciri kenari gloster corona, silakan disimak informasi lengkapnya berikut ini:
  1. Memiliki jambul di atas kepala. Bentuknya jambulnya ada yang terlihat rapih hingga menyerupai topi. Bentuk jambul yang unik ditentukan dari kualitas kenari itu sendiri.
  2. Posturnya ada yang pendek dan bundar namun ada juga yang kelihatan lebih besar, tergantung jenisnya.
  3. Bentuk kepalanya terlihat besar dan lebar.
  4. Umumnya meiliki bulu yang tebal dan lebat.

Harga Kenari Jambul

Bagi sobat yang hendak membeli kenari jambul lokal gacor cukup merogoh kocek sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000 saja. Namun untuk harga burung kenari jambul impor seperti Gloster consort maupun Gloster bisa mencapai jutaan rupiah. Ketahui juga: Harga burung kenari terbaru

Demikianlah penjelasan mengenai kenari jambul yang dapat disampaikan kepada sobat kenari mania melului postingan ini. Semoga ada manfaatnya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter