6 Cara Mudah Mengobati Burung Kenari Cacingan

Hallo.. sobat kicau mania. Apa kabarnya?, mudah-mudahan dalam keadaan sehat selalu ya. Spesial kali ini saya akan membahas tentang tips cara mengatasi atau mengobati kenari yang cacingan. Mengingat banyak juga sobat para penggemar burung mungil ini yang mengalami masalah pada kenari miliknya yaitu kenari terkena penyakit cacingan. Bila masalah tersebut tidak segera diatasi maka akan berujung pada kematian dan penyesalan.

Penyakit cacingan pada burung kenari ibarat pagar makan tanaman, karena cacing tersebut merupakan parasit yang menumpang hidup di dalam tubuh Kenari. Akibatnya sari-sari makanan atau nutrisi yang didapat burung kenari melalui pakan kesahariannya akan dirampok oleh cacing tersebut, sehingga Kenari akan kurus lalu nyilet, malas berkicau, mengantuk. Karena kenari tidak bisa menyerap sari makanan yang dibutuhkan tubuhnya, karena telah dirampok oleh cacing keparat itu.

Gambar kenari cacingan

Itulah ciri-ciri Kenari yang cacingan atau dampak yang diakibatkan oleh cacing yang menyerang burung kenari. Jadi sangat merugikan sekali baik bagi Kenari itu sendiri dan juga si pemilik. Cacing pembawa masalah tersebut harus segera dibasmi agar tidak memperparah keadaan. Berikut tips-tips cara mengatasinya.

Cara Mengobati Burung Kenari Cacingan
  1. Pertama anda harus mengisolakan/memindahkan Kenari yang terserang cacing ke tempat khusus, agar mendapat perhatian lebih dan tidak menghawatirkan kanari lainnya.
  2. Berikan obat cacing khusus burung seperti merek alami, aves, alam sakti dan semacamnya. Obat cacing burung sangat mudah didapat. Sebaiknya perhatikan dosis penggunaan dan aturan pakainya. Salah satu cara yang sering diterapkan yaitu mencampurkan dengan air minum.
  3. Disarankan untuk tidak menggunakan obat cacing yang dikhususkan untuk manusia, karena dosisnya sangat tinggi bila untuk burung kenari.
  4. Selama proses penyembuhan sebaiknya stop pemberian sayuran dulu. Jika saja ingin memberikan sayuran ijo pada kenari maka sayur harus steril dengan cara merebusnya dulu.
  5. Saat penyembuhan, kondisi sangkar dan assesorisnya harus selalu bersih.
  6. Gunakanlah air kemasan atau air masak jangan mengguakan air kran atau pompa.

Langkah Antisipasi Agar Kenari Tidak Cacingan
  • Selalu menjaga kebersihan sangkar kenari, tempat pakan dan tempat minum kenari.
  • Menjaga kebersihan burung kenari, dengan memandikannya sesuai jadwal.
  • Rutin menjemur kenari, dengan rutin menjemurnya maka kuman dan semacamnya akan mati.
  • Memberikan pakan yang bersih dan higienis. Seperti mencuci sayuran dan buah sebelum diberikan ke burung. Dan pakan biji-bijian yang kering dan tidak tercampur kotoran.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter