5 Penyebab Burung Kenari Betina Tidak Bertelur

Beternak burung kenari memang terkesan gampang melihat saat ini begitu banyak penggemar burung kenari yang membudidayakannya. Namun pada kenyataannya ada berbagai macam kendala yang dialami oleh penangkar saat proses penangkaran kenari berlangsung, tetapi peternak yang handal sudah tahu pasti tentang tips-tips serta cara mengantisipasi dan mengatasi segala kebuntuan. Salah satu kendala yang sering dialami oleh peternak adalah kenari betina tidak segera bertelur meskipun ia sudah kawin dengan pejantan.

Di awal-awal beternak kenari biasanya peternak pemula terlalu bernafsu agar kenari yang ditangkarkan segera bertelur. Namun karena keterbatasan pengetahuannya tentang cara beternak kenari yang benar sehingga dilakukan secara asal-asalan tanpa memikirkan apakah kenari betina sudah siap diternak, apakah burung betina sudah matang kelamin atau belum, apakah pejantan ngisi atau tidak, sehingga dalam proses penangkaran pun berbuah permasalahan yang tak diinginkan hingga akhirnya berujung pada kekecewaan, galau dan putus asa.

Inilah penyebab burung kenari betina tidak bertelur

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa kenari betina tidak segera bertelur meski sudah kawin dengan pejantan atau pemacek dan sarang pun juga sudah disediakan di dalam sangkar. Selengkapnya terus simak di bawah ini.

Penyebab Kenari Betina Tidak Bertelur

1. Kenari betina belum matang kelamin
Hal utama yang biasanya menjadi penyebabnya adalah karena kenari betina belum matang kelamin, jadi walaupun sudah sering kawin namun si betina belum matang alat kelaminnya pasti tidak akan segera bertelur. Ada kalanya meskipun kenari sudah cukup umur akan tetapi karena perawatannya tidak benar, maka kematangan kelaminnya jadi telat atau tidak siap. Agar kenari betina cepat matang kelaminnya rajin-rajinlah menjemurnya setiap hari.

2. Kenari betina terlalu muda
Hal ini bisa menjadi penyebab yang pasti karena bagaimana pun bila kenari umurnya terlalu muda tidak akan bertelur. Bagaimana mau bertelur,kenari yang usianya masih muda pasti tak mau dijodohkan dengan pejantan apalagi terburu-buru disatukan pasti ia tidak mau kawin. Jadi kondisikanlah beberapa saat hingga usianya cukup dewasa dan siap diternak.


3. Kenari betina mandul
Selain permasalan yang terbilang sepele ternyata ada masalah lain bisa bikin penangkar kecewa berat yaitu kenari induk betina yang ditangkarkan mandul. Selain hewan mamalia kenari pun juga bisa mandul. Biasanya burung yang tidak bisa bertelur/mandul disebabkan oleh perawatannya salah, bisa jadi tubuh kenari terlalu panas akibat pemberian ef yang berlebih, pakan ef yang dimaksud adalah niger seed dan kroto. Selain itu penyebab kenari cepat bertelur yaitu kegemukan atau obesitas.

4. Bulu di sekitar kloaka terlalu lebat
Saat proses kawin berlangsung seharusnya kedua kloaka pejantan dan betina dapat bersentuhan secara sempurna, sehingga sperma yang dikeluarkan pejantan dapat mengenai sasaran hingga sel kelamin betina dapat dibuahi oleh sel kelamin jantan. Namun karena bulu disekitar kloaka kenari terlalu lebat dan panjang, maka proses perkawinan tidak berjalan dengan baik akibat lebatnya bulu tersebut. Maka dari itu pangkaslah bulu disekitar kloaka kedua kenari dengan cara benar.

5. Kenari pejantan tidak ngisi
Terkadang bila ada kenari betina yang diternak tidak segera bertelur, lalu yang selalu disalahkan adalah si betina, padahal itu tak selamanya benar. Ada kalanya pejantan juga bisa menjadi masalahnya yaitu pejantan tidak ngisi. Maksudnya adalah kenari jantan tidak dapat membuahi betina. Banyak faktor yang bisa menjadikan pemacek tidak bisa membuahinya yaitu terlalu gemuk, diberikan kroto secara berlebihan sehingga berpengaruh bagi kejantanannya. Dan juga karena pejantan di vennya ada bulu muda / mabung sehigga proses kawinnya tak maksimal karena pejantan merasa kesakitan saat kawin.

Simak: Cara agar kenari betina cepat bertelur

Itulah cuplikan beberapa penyebab kenari betina tidak bertelur. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat pada anda khususnya yang sedang mengalami masalah dengan kenarinya yang tidak segera bertelur. Semoga bermanfaat. Salam Kenari Mania.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter