Ternak Kenari Sistem Cabut Pejantan Lebih Untung dan Hemat

Beternak kenari sistem cabut pejantan bisa dikatakan metode yang paling menguntungkan dan paling hemat. Beternak kenari dengan sistem cabut jantan maksudnya adalah saat kita mengawinkan kenari jantan dengan betina, maka setelah kedua kenari kenari selesai kawin lalu pejantan langsung kita cabut atau ditangkap lau dikembalikan ke sangkar semula, agar pejantan tersebut bisa dikawinkan kembali dengan betina yang lain. Dengan teknik seperti ini saya jamin modal yang dikeluarkan untuk membeli induk kenari jantan menjadi lebih hemat karena kita hanya butuh 1 pejantan yang nantinya bisa dikawinkan untuk beberapa induk betina. Lihat juga: Panduan beternak kenari lengkap.

Metode ternak kenari dengan system cabut jantan ini sebetulnya sudah banyak dilakukan oleh para senior, namun saya ingin sharing kepada sobat yang tergolong pemula. Untuk menjalankan pembudidayan kenari dengan metode cabut pejantan ini, anda harus memiliki indukan betina lebih dari satu. Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya ketahui dulu tips memilih kenari pemacek atau pejantan dan juga induk betina yang bagus dan berkualitas, khususnya bila ingin menangkarkan kenari dengan metode cabut pejantan ini. Baca juga: Tips kenari betina cepat bertelur.

Ternak kenari sistem cabut pejantan lebih untung dan hemat

Tips Memilih Kenari Pemacek atau Kenari Pejantan yang Bagus
  1. Pilihlah pemacek yang pastinya ngisi atau dapat membuahi betina.
  2. Pilih pejantan yang pandai merayu dan mengawini induk betina.
  3. Memiliki ven atau alat kelamin yang besar dan panjang.
  4. Pilihlah yang berwarna menarik agar dapat menghasilkan keturunan yg berwarna menarik pula.
  5. Pilihlah yang memilki postur besar seperti kenari F1 atau kenari yorkshire agar keturunannya berkualitas dari segi postur pun suaranya, sehingga harga anakan nya jauh lebih mahal dan laris manis di pasaran.

Tips Memilih Kenari Betina / Babon yang Bagus
  1. Pilihlah kenari betina yang subur dan juga pandai merawat anakan.
  2. Memiliki warna bulu yang bagus serta posturnya proporsional.
  3. Berpostur besar seperti kenari F1, F2 agar bisa menghasilkan anakan yang besar juga. Sehingga penjualan anakan nantinya bisa lebih laku dengan harga yang kompetitif.

Cara Ternak Kenari Sistem Cabut Pejantan:
  1. Tempatkan kenari pemacek pada sangkar gantung yang ukurannya cukup besar dan betina ditempatkan pada sangkar khusus ternak (sangkar box).
  2. Bila Pejntan dan betina sama-sama sedang birahi, maka kawinkanlah kedua kenari tersebut misalnya di pagi hari dengan cara memasukan kenari pejantan ke dalam sangkar box kenari betina. Maka mereka akan kawin segera.
  3. Bila kedua kenari sudah melakukan perkawinan sedikitnya 2 kali, maka si pejantan bisa langsung anda tangkap lalu kembalikan ke sangkarnya semula (sangkar gantung).
  4. Di sore hari pejantan bisa dikawinkan kembali dengan kenari betina lainnya. Itulah kelebihan ternak kenari sistem cabut pejantan ini, jadi kita hanya butuh 1 pemacek namun bisa dikawinkan dengan beberapa kenari betina lainnya.
  5. Lama proses mengawinkan kenari biasanya berlangsung selama 4 hari setelah itu kenari tidak perlu diwinkan kembali hingga canary betina siap bertelur.
  6. Selama proses penjodohan dan proses perkawinan sebaiknya burung betina juga jantan diberikan telur puyuh, buah apel dan sayuran ijo.
  7. Rajinlah menjemur kenari jantan dan betena, agar mereka selalu sehat dan juga birahi. Sehingga akhirnya burung kenari selalu mudah saat dikawinkan.

Tips Tambahan
Saya sarankan untuk Pejantan sebaiknya pilih yang sudah pernah kawin dengan betina sebelumnya supaya saat ia dikawinkan dengan kenari btina maka ia akan langsung mengawininya. Begitu pun untuk kenari betina sebaiknya anda pilih yang sudah pernah berproduksi sebelumnya agar proses penangkaran lebih cepat. Namun jika tidak memungkin tidak ada salahnya anda memulai penangkaran dari kenari yang masih muda atau siapan.

Bayangkan berapa banyak uang yang anda butuhkan  jika anda bertenak kenari dengan cara berpasangan atau soliter. Misalnya jika anda ingin memulai beternak sebanyak 5 pasang kenari F1 otomatis anda harus membeli 5 pejantan juga namun bila anda beternak kenari dengan sistem cabut pejantan maka anda cukup membeli 1 pejantan saja. Demikian tips ternak kenari sistem cabut pejantan. Dengan begitu modal yang dikeluarkan relatif sedikit namun dari segi penghasilan lebih menguntungkan. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter