5 Manfaat Asinan Tulang Sotong Bagi Kenari

Asinan tulang sotong - Tulang Sotong atau yang juga dikenal dengan asinan untuk untuk kenari merupakan tulang dari hewan laut yakni sejenis cumi yang berukuran cukup besar. Karena bila ukuran tubuhnya kecil maka asianan tulang sotong yang dihasilkan pun juga kecil bahkan tipis. Nah, sudah umum diketahui bahwa tulag ini unik karena tidak keras seperti tulang sapi pada umumya, melainkan seperti grit yang mudah rapuh dan digerus.

Harga asinan tulang sotong pun sangat murah. Anda bisa mendapatkannya di toko burung hanya dengan harga Rp 1000 per potong. Namun manfaat asinan ini tak sekecil harganya. Banyak kicau mania memanfaatkan asinan tulaang sotong ini guna menunjang kesehatan kenari yang dipeliharanya.

gambar asinan tulang sotong

Manfaat Asinan Tulang Sotong Bagi Burung Kenari.

Baik bagi kenari muda, kenari dewasa bahkan kenari juara atau kenari jawara sekalipun tidak luput dari pakan asinan satu ini. Mengingat kandungan kalsium yang ada di dalamnya dapat memaksimalkan pertumbuhan atau perkembangan tulang dan kesehatan kenari. Sehingga pakan pelengkap ini tidak boleh ketinggalan untuk senantiasa dihidangkan pada burung kenari peliharaan.

Untuk lebih jelasnya silakan sobat simak manfaat-manfaat tulang sotong untuk kenari di bawah ini.
1. Tulang sotong dapat membantu melancarkan pencernaan Kenari dewasa, remaja dan anakan.
2. Memaksimalkan pertumbuhan tulang dan menguatkan tulang-tulang kenari anakan ataupun dewasa
3. Baik untuk pembuatan cangkang telur baru khususnya untuk Kenari betina yang diternak.
4. Membantu menguatkan paruh.
5. Membuat burung lebih bergairah untuk gacor atau rajin berkicau.


Cara Memberikan Asinan Tulang Sotong Pada Burung Kenari

1. Tempatkan tulang sotong di dalam sangkar Kenari dengan cara menggantungnya di dinding sangkar. Caranya lubangi sedikit asinan itu lalu ikatlah dengan kawat halus ke jeruji sangkar. Posisi penempatan yang baik pas di atas tangkringan, jangan terlalu tinggi agar kenari tidak terbiasa merayap di jeruji kandang. Bila Kenari tidak segera memakannya, jangan khawatir biarkan hingga 1 minggu kenari anda pasti suka menyantapnya,

2. Bila anda tidak ingin menggantung tulang sotong di sangkar, anda bisa juga menggerus asinan itu dengan bantuan pisau atau sendok. Lalu setelah berbentuk butiran halus anda dapat memindahkannya ke dalam wadah pakan Kenari. Namun jangan sampai dicampur dengan pakan bijian maupun egg food, agar canary anda tidak berlebihan mengkonsumsi asinan tersebut. Bila berlebihan tentu tidak baik pula bagi kesehatan di setiap harinya.

Baca juga artikel menarik ini:

Itulah manfaat asianan tulang sotong untuk burung kenari yang sangat baik untuk kesehatannya, jadi jangan anda abaikan untuk tidak memberikan pakan tambahan yang kaya akan protein ini.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter