6 Peyebab Burung Kenari Jarang Berkicau Gacor

Tidak mengenakan memang bila Burung kenari jarang gacor atau jarang berkicau. Sebab salah satu tujuan para kicau mania memelihara kenari adalah untuk menikmati keindahan kicauannya yang dapat membuatnya senang dan terhibur, bahkan ada juga yang bertujuan untuk kontes. Jadi sangat tidak diharapkan sekali bahwa kenari yang dirawat malah tidak mau berkicau bahkan jarang sekali berkicau, padahal sebelumnya burung yang mirip pipit tersebut sangat gacor dari pagi sampai malam hari. Simak Tips kenari gacor.

Nah, apabila sobat kenari mania mendapati burung canary yang anda pelihara tidak suka berkicau atau kenarinya jarang gacor, sebaiknya cari tau terlebih dahulu apa kira-kira penyebabnya, sehingga kenari tidak mau lagi berkicau bahkan burung tersebut hanya cuit cuit saja. Meskipun secara usia sudah memasuki umur dewasa. Yuk segera cari tahu penyebabnya.

kenari jarang berkicau

6 Peyebab Kenari Jarang Berkicau

Ketahuilah 6 hal berikut bisa menjadi penyebab mengapa kenari jarang berkicau:
1. Usianya terlalu muda alias belum cukup umur.
2. Berjenis kelamin betin.
3. Burung sedang mengalami proses mabung atau ngurak.
4. Kenari sedang tidak fit atau sakit.
5. Burung kenari terlalu gemuk atau terlalu kurus.
6. Kondisi lingkungan yang tidak kondusif.

Itulah beberapa point di atas yang bisa sebabkan mengapa burung kenari peliharaan menjadi jarang berkicau atau tidak gacor meskipun sudah kita rawat dengan sebaik mungkin. Nah, sekarang mari kita menuju ke tahap solusinya.

Solusi Burung Kenari yang Jarang Berkicau atau Tidak Gacor

1. Ketahuilah umur kenari yang dirawatnya. Jika burung canary masih berusia muda, maka rawatlah ia dengan baik dan sesering mungkin dimaster dengan suara kicauan burung master atau suara kenari yg sudah mapan agar saat ia dewasa akan mampu berkicau dengan kualitas terbaik, baik dari segi suara, irama juga volume. Baca juga: Cara memaster kenari.

Umumya usia 7 bln adalah waktu yang ideal untuk Kenari lokal untuk bisa ngerol dan rajin berkicau. Sedangkan kalau kenari besar seperti yorkshire dan keturunannya bisa sampai 10 bulanan sudah mampu ngerol dan rajin berkicau bahkan ada yang lebih dari usia tersebut. Jadi tergantung pada faktor internal maupun eksternal dari kenari itu sendiri.

2. Terlebih dahulu pastikan burung yang sobat pelihara adalah jantan, sebab hanya Kenari jantanlah yang mampu berkicau dan gacor setiap saat. Jadi apabila canary yg anda rawat berjenis kelamin betina, janganlah berharap banyak ia akan berkicau dan gacor layaknya canary pejantan pada umumnya. Alangkah baiknya segera jual kenari perempuan tersebut lalu ganti dengan kenari berjenis kelamin jantan ynag sudah gacor owor-owor. Simak Ciri kenari jantan dan betina.

3. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap burung pengicau pasti pernah mengalami yang namanya rontok bulu yang juga dikenal dengan istilah molting. Nah jika didapati kenari peliharaan anda sedang mabung, maka penting syaratnya untuk dirawat dengan cara yg benar agar ia bisa melalui proses mabungnya dengan lancar tanpa hambatan. Maka dari itu ketika burung kenari mabung mereka akan cendrung diam tidak banyak berkicau apalagi gacor. So tunggulah ia sampai proses mabung nya selesai. Baca Tips perawatan kenari mabung.

4. kenari yang sedang sakit harus segera dilakukan penyembuhan, sebab bila tidak segera biasanya akan berakibat fatal. Sudah umum diketahui kalau burung sedang tidang fit badannya maka ia akan malas bergerak dan tentunya jarang bernyanyi. Kepada sobat Kenari Mania yuk rawat canary kesayangan kita dengan pola perawatan yg baik dan standard. Baca Tips perawatan kenari sakit.

5. Kondisi fisik burung kenari harus lah ideal, dalam artian tidak boleh kegemukan dan juga tidak boleh kekurusan. Oleh karena itu, anda sebagai breeder harus memenuhi kebutuhan pakan si burung kenari tersebut dengan porsi yang pas tidak kurang juga tidak berlebih. EF nya pun tidak boleh terlewatkan seperti telur puyuh rebus, sayur juga apel agar burung kenari kesayangan anda selalu dalam keadaan fit dan sehat sehingga kemauan untuk berkicau bahkan gacor selalu ada. Baca: Perawatan agar kenari gacor.

6. Kondisi lingkungan yang tidak mendukung pun bisa menjadi alasan mengapa kenari kita jarang berkicau. Oleh karena itu, aturlah kondisi sangkar maupun sekitar kandang sedemikian bentuknya agar burung pemakan bijian ini rajin berkicau. Misalnya sangkarnya yang kekecilan jadi diganti dengan ukuran yg pas buat kenari, bisa juga area sekitar bising misal tetangga sebelah ada acara hajatan maupun lainnya.

Itulah beberapa informasi yang KenariMania share kepada teman-teman para penggemar burung serinus canaria ini mengenai solusi dan penyebab kenari jarang gacor. Semoga tulisan sederhana ini dapat menambah wawasan kita.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter