10 Cara Jitu Merawat Burung Kenari Agar Juara Lomba

Setiap pemain burung kontes Kenari pasti menginginkan Kenari miliknya dapat memenangkan dan membawa hadiah dari lomba burung tersebut. Namun namanya kompetisi pasti ada yang kalah dan menang. Buat sobat Kenari Mania yang kenari gacor nya selalu memenangkan kompetisi burung kicau, sepatutnya anda bangga dan bersyukur. Tetapi untuk anda yang belum meraih kemenangan atas kenarinya, sebaiknya anda berbesar hati dan terus mengasah pengetahuan tentang seluk beluk burung yang disebut serinus canaria ini. Agar nantinya canary jagoan anda bisa menjadi kenari juara atau kenari jawara yang sering memenangkan perlombaan.

Apabila Burung Kenari ini sudah sering memenangkan di setiap perlomban maka harganya pasti mahal, bukan lagi dibandrol dengan harga ratusan ribu bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Mengingat untuk menciptakan kenari jawara dan terus memenangkan di setiap even kontes itu diperlukan perawatan ekstra maksimal, mulai dari proses pemilihan kenari bahan sampai ke tahap mastering. Jadi perawatannya tidak dilakukan secara asal. Makanya para pemain ingin Kenari miliknya menajadi kenari juara di setiap even lomba burung kicau.

gambar kenari juara

Cara Merawat Kenari Agar Juara Lomba

Tips Pertama

1. Pilihla Kenari jantan yang berkualitas secara fisik, postur agak besar, proporsional, bulu mengkilap dan mengepit rapat, juga bentuk paruh yang besar tidak bengkok. Serta suaranya yang keras / melengking pula, hal ini sudah bisa ditengarai dari kualitas ngeriwiknya saat masih anakan.

Selain itu jika memungkinkan memilih kenari pejantan dari keturunan indukan yang berkualitas pula, baik dari suara, volume juga postur induknya. Karena faktor genetik atau keturunan pasti mengalir dalam tubuh anakannya. Faktor eksternal juga berpengaruh besar loh terhadap perkembangannya seperti pemasteran kenari.

2. Melatih Kenari agar memiliki nafas yang kuat dan panjang. Contohnya menggunakan sangkar yang ukuran besar, bila tidak sesekali kenari diumbar dalam sangkar umbaran, bisa seminggu 3 kali dengan durasi 1 jam an. Baca: Melatih Kenari berikicau panjang.

Tips Sebelum Lomba
  1. 4 hari sebelum lomba dimulai, Kondisikan kenari dengan cara mengkrodong dan menjauhkan dari kenari lain agar ia tidak terpancing untuk ikutan ngerol sehingga bisa menguras tenanganya.
  2. 3 hari hari sebelum kontes kenari dimulai, sangat disarankan untuk diberikan kroto, telur puyuh rebuh dan buah apel secara bergantian. Supaya kondisi tubuhnya lebih fit dan prima.
  3. 2 hari sebelum lomba mulai, mandikanlah canary sebaiknya tidak sampai basah kuyup lalu menjemurnya hingga kering. Penjemuran kurang lebih 30 – 60 menit. Lalu dikerodong kembali.
  4. 1 jam sebelum perlombaan kenari dimulai, sebaiknya diberikan EF kesukaannya bisa telur rebus atau keroto. Setelah kenari makan kroto dan telur sebaiknya pakan tersebut diambil dan diganti buah apel dan ditambah air minum.

Tips Setelah Lomba
  1. Setelah kenari dilombakan, sebaiknya kaki kenari disemprot air boleh juga anda mandikan dengan dengan semprotan halus, agar kondisi badannya kembali netral alias adem kembali.
  2. Berikanlah vitamin juga pakan EF secukupnya agar badannya kembali fit setelah bertarung di lapangan kontes.
  3. 1 hari setelah lomba madikanlah dan penjemuran kurang lebih 1 jam-an saja sampai hari ke 3.
  4. Pada hari ke 4 dan berikutnya perawatan kenari mulai normal kembali seperti biasa. Jangan lupa untuk terus memaster kenari agar kualitas kicauannya tetap stabil bahkan bisa lebih bagus.

Demikianlah tips cara perawatan agar kenari juara lomba. Perlu digarisbawahi bahwa tiap Kenari memiliki karakter berbeda sehingga diperlukan perawatan yang tidak sama satu sama lain jadi sebagai pemilik sebaiknya lebih paham akan karakternya tersebut. Dan tips di atas bukanlah patokan yang mutlak, namun setidaknya bisa menjadi acuan. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter