5 Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Kenari Bengkak / Bubulan

Problema yang dialami oleh Burng Kenari bisa saja masalah pada fisiknya yaitu kaki kenari bengkak sehingga kita juga sering melihat kenari yang angkat salah satu kakinya. Nah salah satu sebab kakinya bengkak bisa juga karena bubulan. Masalah seperti kaki bengkak ini juga sering dialami oleh para breeder canary. Untuk para pemula tentu permasalahan seperti ini dapat membuatnya bingung. Bila begitu sebaiknya tetap bersabar yang penting kita coba lakukan pengecekan dahalu kemudian segera beri pengobatan pada kenari yang kakinya bengkak tersebut.

Bumble foot adalah istilah yang digunakan untuk burung kenari maupun burung lain yang menderita kaki bengkak. Umumnya kaki canary bengkak sering terjadi pada bagian telapak kakinya, ujung jari dan juga lutut. Khusus luka yang terdapat pada kaki kenri bagian bawah disebut bubul atau bubulan. Bila hal diatas menyerang kaki canary kesayangan anda tentu hal ini bisa menciptakan pemandangan yang kurangg elok. Faktanya burung tersebut akan sering mengangkat salah satu kakinya, sehingga ia menjadi stres pada akhirnya jadi malas berkicau atau tidak gacor. Baca: Tips supaya kenari gacor.

kaki kenari bengkak

Penyebab Kaki Kenari Bengkak dan Bubulan
  1. Tangkringan kotor. Bisa jadi ada banyak bekas kotoran atau sisa pakan yang menempel, sampai akhirnya tangkringan tersebut berjamur. Selain itu tangkringan tidak pas pada genggaman kakinya pun bisa menjadi faktor penyababnya, misal tempat tangkringan terlalu besar atau terlalu kecil bisa juga karena permukaan tenggeran terlalu tajam atau kasar.
  2. Dasar sangkar kotor. Hal ini bisa saja jadi pemicu timbulnya penyakit bubul yang bisa menyerang kenari. Sebab sangkar kotor adalah tempat yang paling disukai oleh parasit maupun virus. Oleh karena itu, perlu dijaga kebersihan sangkar dan juga assesorisnya.
  3. Kaki kenari digigit nyamuk ataupun semut. Hal ini merupakan salah satu faktor yang sering menyebabkan kakinya diangkat, karena gigitan nyamuk dapat membuat kakinya bengkak bila tidak segera diatasi.
  4. Kenari mengalami kegemukan atau obesitas. Lihat juga Cara mengatasi kenari terlalu gemuk.
  5. Kenari kekurangan asupan gizi juga bisa menjadi penyababnya.

Cara Mengobati Kaki Kenari Bengkak dan Bubulan

Setelah anda mengetahaui beberapa hal diatas sekarang KenariMania akan menyampaikan kepada anda tentang cara mengatasinya atau obat kaki kenari bengkak yang bagus. Berikut selengkapnya.
  1. Pertama bersihkan kaki nya dengan air hangat, dengan tujun permukaan kaki yang nantinya akan diolesi obat menjadi bersih dan steril sehingga obatnya cepat meresap.
  2. Lalu anda oleskan dengan minyak tawon bisa juga salep anti jamur misalnya salep 88, lalu biarkan hingga kering.
  3. Besok pagi harinya burung dimandikan agar sisa obat oles yang menempel di kulit kaki bisa hilang. Untuk hasil terbaik basuh kaki yang sudah diberi obat kemarin dengan air hangat, jangan gunakan air dingin.
  4. Lakukanlah cara diatas hingga 1 minggu kedepan sampai kaki kenari benar-benar sembuh.

Itulah beberapa point penting tentang penyebab dan cara mengobati kaki kenari bengkak.Sebagai pecinta canary bird ini memang sepatutnya dapat memahami masalah-masalah yg dapat menyerang burung peliharaan.. Setelah anda melakukan terapi sederhana seperti di atas diharapkan burung kenari kesayangan anda kembali sehat dan kembali gacor.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter