4 Penyebab dan Solusi Kenari Turun Tangkringan Saat Lomba

Kenari turun tangkringan - Burung Kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang berpostur cukup mungil, namun kemampuan berkicaunya tidak perlu diremehkan lagi. Semua penggemar kenari mengamininya bahwa kenari mempunyai kemampuan berkicau yang mumpuni. Lagi pula gaya kicaunya yang cukup menghibur yaitu berjalan ke kanan ke kiri di atas tangkriangan membuatnya lebih hebat tetapi tidak semua kenari punya bakat seperti itu.

Karena berbagai kelebihan itulah burung kenari selalu diikutkan dalam ajang lomba berkicau. Perlu sobat ketahui meskipun si Kenari ini begitu unggul dalam hal berkicau ataupun gaya kicauannya, ternyata pada saat lomba kenari sedang berlangsung ada saja masalah masalah yang dialami oleh para KenariMania, sehingga burung kanari yang diikutkan dalam kontes tersebut tidak bisa maksimal. Artinya ia tidak bisa fokus dan maksimal berkicau, malahan ia tidak dapat nilai bagus dari juri lomba. Permasalahan tersebut adalah kenari sering kali turun tangkringan saat lomba berlangsung. Apa penyebabnya? yuk segera cari tahu.!

tangkringan kenari

Penyebab burung kenari turun dari tangkringan saat lomba

Bagi anda yang sering menerjunkan kenari andalannya ke ajang kontes burung berkicau musti tahu tentang sebab - sebab burung kenari turun dari tangkringan saat lomba maupun di rumah terutama bagi mereka yang tergolong junior. Berikut informasi selengkapnya.

1. Kenari over birahi atau OB
Kenari yang terlalu berbirahi biasanya tidak dapat berkicau secara maksimal alias tidak nancep begitulah sebutannya. Pada kondisi seperti ini umumnya burung sejenis finch ini kelihatan ngotot berkicau, karena saking maksanya dia berkicau malah membuatnya sering nempel di jeruji sangkar dan juga sering turun dari tangkringan, terkdang lompat-lomba di dasar sangkar sambil berkicau.

Ada bebera tips yang bisa sobat coba untuk meredam bila kenarinya over birahi, salah satunya adalah dengan memberikannya mentimun dan lebih sering dimandikan.

2. Tangkringan kotor
Ini bisa menjadi faktor mengapa kenari tidak nancep atau anteng berkicau saat sedang lomba. Bisa jadi tangkringan yang kotor membuatnya merasa tidak nyaman berlama lama di atas tangkringan. Penyebab penangangkringan kotor bisa jadi dari bekas kotoran kenari itu sendri maupun sisa pakan yang menempel. Selain itu mungkin saja permukaan tangkringan yang terlalu kasar atau halus, sehingga tidaklah heran bila kenari jadi sering turun. Maka dari itu jagalah selalu kebersihan tangkringannya juga keseluruhan sangkarnya.

3. Ukuran tangkringan kebesaran atau kekecilan
penting juga sebagai pemain kenari lomba untuk memastikan ukurannya tangkringan sudah pas. Karena bila saja kayu tempat nangkring itu terlalu besar maupun terlalu kecil dapat membuat si kenari tidak betah, alhasil burungg serinus canaria ini jadi sering turun ke dasar sangkar.

4. Bagian dasar sangkar kotor
Sangkar kenari yang kotor terutama di bagian dasar sangkar, misalnya saja ada daun kering, serabut bahan sarang dan tali kecil, nah ini bisa memicu canary bird ini untuk menghapiri barang tersebut apalagi pada saat kenari sedang birahi ini sangat tidak baik. Perlu anda ketahui juga ya bahwa canary itu punya rasa penasaran juga lho. Jadi bagian bawah sangkar harus terbebas dari segala kotoran seperti yang saya sebutkan di atas.

Jangan lupa simak juga:

Nah dengan memahami akan penyebab burung kenari turun tangkringan ketika lomba di atas, niscaya anda akan paham pula cara mengatasinya. Namun bisa saja setiap ekor canary bird memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bergantung pada kualitas perawatan dan faktor x lainnya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter