3 Pakan Lolohan Terbaik Untuk Anakan Kenari Cepat Besar

Pakan lolohan anakan kenari - Dalam perkembangan budidaya kenari yang semakin ramai ini perlu adanya inovasi dan inisiatif dari para peternak itu sendiri yang dapat menunjang segala kegiatan yang berkaitan dengan penangkaran kenari. Salah satunya adalah upaya membuat anakan kenari yang baru menetas bisa cepat besar dan bongsor. Dalam artian pertumbuhan anakan lebih pesat alias tidak kerdil bahkan anakan bisa lebih besar dari induknya. Oleh karena itu perlu diberikan pakan lolohan yang baik.

Perlu digaris bawahi bahwa khusus kenari lokal anakannya akan sebesar canary lokal pula, hanya saja pertumbuhan piyik bisa tumbuh lebih maksimal bila diberikan pakan lolohan terbaik saat piyik menetas. Jadi bila burung kenari yang anda ternak adalah canary lokal, maka janganlah berharap anakannya nanti seperti kenari yorkshire. Jadi faktor genetik atau faktor keturunan itu juga berpengaruh.

meloloh anakan kenari

Tips pertama dalam beternak burung kenari ala KenariMania agar piyik-piyik kenari tumbuh bongsor setelah menetas. Silakan anda simak selengkapnya berikut ini.

1. Beternak Kenari Sepasang
Artinya anda menangkar burung canary dengan sistem soliter yaitu 1 jantan dan 1 betina. Dengan begitu kedua induk canary akan meloloh anakannya secara bersamaan, sehingga pertumbuhan piyik kenari pasti cepat besar. Namun hal ini membutuhkan modal kebih banyak karena membutuhkan materi pejantan yang lebih banyak pula.

2. Membantu indukan meloloh anakan 
Peternak membantu menyuapi piyik kenari menggunakan alat spet. Ini boleh dilakukan bila anda beternak kenari dengan sistem cabut pejantan, maksudnya 1 sangkar 1 betina. Ini dilakukan agar piyik canary yang telah menetas bisa tumbuh lebih cepat, seat dan bongsor.

Setelah telur-telur kenari mulai menetas maka pakan yang diberikan kepada indukan harus benar-benar pas, karena pakan tersebut yang akan disuapi pada anak-anaknya. Nah jika pemilihan pakan pada saat ini salah otomatis piyik-piyik yang telah menetas akan segera mati, meskipun tidak mati mungkin pertumbuhannya tidak optimal. Untuk alasan tertentu peternak sering menyapih anakan dengan indukan di usia dini yaitu kurang lebih umur 10 harian, sebab itu merupakan waktu yang pas bila ingin meloloh anakan sendiri. Bila piyik terlalu kecil rawan mati, bila terlalu besar nanti anakan susah diloloh pakai spet karena takut. Baiklah sekarang simak makana lolohan anakan.

Pakan Lolohan Terbaik Untuk Anakan Kenari Agar Cepat Besar

1. Por Fancy
Adapun cara memberikan por fancy ini yaitu por dihaluskan dengan blender kering, lalu setelah halus dicampurkan dengan kuning telur rebus bisa telur puyuh atau ayam. Setelah dicampur adonan ini siap dihidangkan ke induk kenari ya sedang meloloh anaknya ya baru menetas hingga dewasa. Pakan ini boleh diberi air sedikit saja lalu tempatkan di wadah pakan.

Namun bila anda ingin meloloh anak kenari menggunakan campuran por fancy dengan kuning telur puyuh ini, maka adonannya harus dibuat pas tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental dengan maksud adonan tersebut bisa disedot oleh alat suntik/spet. Adonan vor fancy ini juga boleh digunakan untuk meloloh anakan lovebird.

2. Kuning telur rebus
Kuning telur rebus hingga saat ini masih menjadi salah satu pakan terbaik khususnya untuk anak kenari muda. Mengingat nilai gizi yang ada didalamnya sangat baik untuk perkembangan tubuh anakan canary bird ini.

3. Sawi putih atau Sawi hijau dan Irisan Apel
Sayuran dan irisan buah apel ini sangat baik sekali diberikan kepada induk kenari yang sedang meloloh anakan kenari, setidaknya saat anakan sudah berumur minimal 5 hari semenjak telur-telur menetas.

Tips Tambahan:

Masalahnya setiap induk kenari yang meloloh anaknya tidak semua mau memakan pakan tambahan yang kita berikan termasuk pakan campuran konsentrat tadi. Nah bila begini ceritanya anda bisa membantu menyepet anaknya dengan bantuan alat spet. Ingat anak kenari tidak perlu dipisah dari induk, kita hanya membantu sang induk.

Bila anda hendak menyuapi anakan dengan spet tadi sebaiknya dimulai sejak anakan baru berumur 5 harian. Jika terlalu besar maka anak kenari akan ketakutan saat dispet di sarang. Penyepetan anakan bisa dilakukan 1 hari 3 kali. Nah dengan demikian pertumbuhan burung canary anakan lebih cepat besar dan juga sehat. Cukup sekian tulisan pakan lolohan terbaik untuk anakan kenari ini.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter