5 Tips Perawatan Burung Kenari yang Sakit Agar Cepat Sehat

Bagi setiap burung kicau pastinya tidak bisa terlepas dari sakit, baik untuk burung yang berada di alam bebas maupun di dalam sangkar peliharaan manusia. Ada saat-saat tertentu burung kenari bisa sakit, maka dari itu sebagai kenari mania juga harus memiliki pengetahuan cara merawat kenari yang baik dan juga harus tahu tentang perawatan kenari yang sakit.

Berbicara mengenai kenari yang sakit, maka sudah barang tentu setiap breeder pasti tidak menginginkan kenari kesayangannya sakit bukan!. Mak dari itu rawatlah burung kenari anda layaknya merawat diri sendri, mulai dari kebutuhan pakan, pembersihan kandang, memandikan juga menjemurnya dibawah sinar matahari pagi haruslah dilakukan dengan teratur. Agar burung kenari tidak gampang sakit melainkan daya tahan tubuhnya bisa jadi lebih kuat.

gambar kenari sakit

Bagi sobat yang kenarinya sudah terlanjur nyekruyuk alias tidak fit, tenanglah sejenak Kenari Mania akan memberikan tips perawatannya. Namun sebelum itu sebaiknya kita ketahui dulu tanda-tanda kenari yang sedang sakit atau tidak fit tersebut.

Ciri-Ciri Burung Kenari Yang Sakit:
  1. Kenari yang sedang sakit biasanya lebih banyak diam dari pada bergerak apalagi berkicau.
  2. Matanya sering merem atau ngantuk.
  3. Pada bagian dubur biasanya ada bekas kotoran yang menempel ke bulu-bulu.
  4. Nafsu makan menurun sehingga kenrari rawan kurus bahkan sampai nyilet.
  5. Pada penampilan fisiknya yaitu ada perubahan yang drastis seperti bulunya mengembang       
    atau tidak rapat dan juga warna bulu terlihat kusam.
Jika anda menemukan salah satu atau kesemua tanda-tanda diatas pada burung anda, maka lalukanlah perawatan penyembuhan secepatnya, karena menyembuhkan kenari yang sakitnya sudah terlalu parah lebih sulit disembuhkan.

Cara Mengobati / Merawat Kenari Sedang Sakit:
  1. Berikan vitamin yang sesuai dengan sakitnya. Cara pemberian obat bisa dicampurkan ke dalam air minumnya. Agar burung pamakan bijian ini lahap meminumnya cobalah ambil air minum vitamin di dalam sangkar sejenak, kurang lebih 30 menit lalu kembalikan air vitamin itu ke dalam sangkarnya.
  2. Berikanlah makanan kesukaannya dan pakannya harus mengandung nutrisi cukup: telur puyuh rebus, kroto, egg food juga buah apel. Pemberian makanan enak diatas supaya nafsu makannya membaik dan agar otot-otot nya kembali segar.
  3. Pindahkan kenari ke lokasi yang lebih nyaman, tidak panas, tidak bising dan tidak terkena hembusan angin kencang. Tujuannya agar canary bisa beristirahat dengan rasa nyaman.
  4. Stop sementara untuk tidak memandikannya, agar kondisi tubuhnya tidak bertambah parah.
  5. Jemurlah kenari yang sedang tidak sehat tersebut di pagi hari sekitar jam 7 atau jam 8, namun sebentar saja kurang lebih 10 menit. Baca juga Cara menjemur kenari yang benar.
Dampak Negatif Bila Burung Kenari Sakit:
  • Kenari tidak bisa diikut sertakan dalam lomba, karena yang jelas sang kenari tidak sehat sehingga tidak bisa tampil prima di gantangan.
  • Dalam penangkaran, baik kenari jantan atau betina tidak akan berproduksi dengan baik bahkan malah gagal produksi.
  • Pemilik tidak bisa mendengarkan kicauannya yang merdu itu, sebab bila burung sedang tidak fit tidak bisa gacor malahan bisa macet bunyi.

Perawatan burung kenari sebelum sakit sebetulnya lebih diutamakan, sebab jika Burung Kenari ini sudah terlanjur KO otomatis diperlukan perawatan yang lebih intensive, agar kondisinya bisa cepat pulih kembali. Sebelum burung kenari sakit mari kita rawat dengan baik dan benar.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter