Jenis Biji-Bijian Pakan Burung Kenari yang Baik

Biji-bijian pakan kenari - Berbagai macam jenis biji-bijian pakan kenari bisa anda sajikan pada burung canary ini guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Namun tahukah anda, mengapa burung kenari selalu makan biji-bijian? Karena memang itulah kodratnya, ia tercipta dengan bentuk paruh unik yang telah disesuaikan dengan pakan utamanya yakni biji-bijian. hal ini berbeda dengan bentuk paruh cendet, kacer dan murai batu yang terkenal sebagai burung pemakan serangga.

Ada berbagai macam jenis biji-bijian atau benih sebagai makanan yang disukai oleh kenari. Diantaranya adalah canary seed, biji sawi, milet, niger serta jewawut. Secara umum makanan berupa benih tadi memiliki bentuk, tingkat kekerasan dan manfaat yang berbeda. Maka perlu diketahui pula oleh kalangan pecinta burung mungil nan cantik ini.

gambar pakan kenari

Saat ini mudah sekali untuk mendapatkan biji-bijian pakan kenari tersebut di berbagai toko penyedia makanan burung. Harga bijian itu pun relatif murah meskipun dalam bentuk kemasan. Dan benih tersebut memiliki daya tahan yang baik, artinya bijian itu tidak mudah basi atau rusak. Itulah salah salu kelebihan memelihara burung kenari. Pakannya murah, awet, mudah didapat dan disimpan.

Berikut Jenis Biji-Bijian Pakan Burung Kenari yang Baik

1. Biji kenari atau canary seed
Canary seed merupakan pakan kenari yang sering dikonsumsi oleh burung kenari di seluruh dunia. Biji ini biasanya selalu menjadi bahan utama pada setiap racikan pakan kenari yang dijual di pasaran. Dengan bentuk agak lonjong, gepeng, licin, warna krem kecoklatan serta kulitnya mudah dilepas atau dikupas oleh burung.

2. Biji sawi
Biji sawi adalah pakan kenari yang cukup digemari kenari muda khususnya, karena memiliki tekstur yang tidak terlalu keras, kulit tips juga mudah dikupas. Serta kandungan omega dan oil nya juga bagus bagi kesehatan canary bird ini. Biji sawi ini pun sangat cocok untuk disuguhkan pada indukan yang sedang meloloh anakan. Biji sawi dihasilkan oleh sayuran sawi dengan bentuk biji bulat keci-kecil dengan warna hitam mencolok.

3. Biji Niger atau Niger Seed
Biji satu ini familiar sebagai makanan penghangat tubuh burung yang juga disebut serinus canaria ini, sehingga bisa merangsang canary bird ini agar rajin gacor dan ngerol. Pun sangat baik diberikan pada saat cuaca sedang dingin atau musim hujan. Tetapi pemberiannya secukupnya saja tidak boleh terus menerus.

4. Biji milet
Bijian ini umumnya ada 2 jenis yakni milet putih dan milet merah. Pakan ini memiliki tekstur yang agak keras dan sulit dibuka kulitnya, sehingha sebagian canary kurang suka menyantapnya. Kandungan proteinnya sekitar 14,4 persen.

5. Biji lobak
Biji lobak menjadi pakan alternatif bagi kenari dengan kandungan lemak yang cukup tinggi serta kulitnya yang mudah disisil. Sebaiknya makanan bijian ini diberikan sewajarnya saja agar sang canary tidak gendut, bila kegemukan pasti ia akan malas berkicau.

Baca juga:
Itulah beberapa ragam jenis biji-bijian pakan burung kenari yang sering diberikan oleh para kicau mania tahah air maupun mancanegara pada burung canary peliharaan. Dengan beriringnya waktu anda bisa hidangkan biji-bijian tadi sesuai selera kenari kesayangan anda. Karena biasanya masing-masing kenari memiliki kesukaan berbeda akan pakan bijian tadi sebagai makanan utama, dan hal inilah umumnya tergantung pada kebiasaan pakannya sewaktu ia masih anakan atau muda.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter