3 Cara Menyajikan Biji-Bijian Pakan Kenari Yang Inovatif

Burung Kenari itu bisa dikategorikan burung ideal untuk dipelihara di rumah sebagai teman hidup yang juga bermanfaat menghadirkan suara kicauan burung yang merdu nan asri sebagai penghilang kejenuhan. Selain itu Kenari yang berperawakan cantik itu juga bisa dibawa ke tempat lomba burung berkicau, tentunya untuk diikutkan kontes tersebut. Namun syarat utama agar ia dapat tampil maksimal dan juara ialah gacor ngerol dengan kualitas nyanyian terbaik. Simak Cara mudah agar Kenari gacor ngerol

Perawatan burung kenari bisa dikatakan relatif lebih mudah dibanding burung pemakan serangga hidup maupun buah. Mengingat pakan kenari sendiri hanyalah berupa biji seperti canary seed, biji sawi dan semacamnya. Biasanya rekan-rekan penggemar burung kenari ini memberi pakan biji-bijian tersebut dalam keadaan kering. Namun pernahkah anda mencoba menghidangkan pakan bijian kenari dalam keadaan matang 'direbus' atau dijadikan kecambah terlebih dahulu, atau juga disangrai dulu baru diberikan pada canary. Jika tidak pernah yuk coba kita sedikit berinovasi dalam menyajikan pakan kenari dengan berbagai metode.

biji kecambah untuk kenari

Sebagai penggila burung kenari juga dituntut untuk bisa berkreasi dan berinovasi terhadap apa saja yang berhubungan dengan kenari ini salah satunya adalah pada metode atau cara menyajikan pakan kesehariannya. Dengan harapan ia lebih sehat, doyan makan dan pastinya lebih gacor ngerol dengan durasi panjang. Sehingga ketika di rumahan ia akan rajin berkicau bahkan sering menang kontes saat dilombakan di berbagai even yang diselenggarakan oleh berbagai eo.

Cara Menyajikan Biji-bijian Pakan Kenari

1. Biji-bijian rebus (boil seed)
Terdapat beberapa jenis makanan kenari yang bisa anda rebus sebelum dihidangkan pada burung canary adalah kenari seed, sawi, lobak dan lainnya. Bijian mix rebus sangat bermanfaat bagi indukan yang sedang meloloh anakan pun bagi burung muda. Sebab pakan biji-bijian yang direbus terlebih dahulu tekstur dan citarasanya akan lebih enak dan lunak sehingga mudah dicerna. Pada akhirnya si kenari akan tumbuh lebih optimal, cepat besar dan sehat.

Lalu bagaimana buat kenari jantan? Anda pun boleh menyuguhkan pakan biji rebus ini padanya, semoga sang kenari jadi sering gacor. Adapun cara merebusnya yaitu rebuslah pakan bijian tadi selama kurang lebih 10 menit sampai biji-bijian terasa lunak dan matang, lalu diangkat tiriskan, jika sudah dingin langsung berikan pada kenari.

2. Biji berkecambah (sprouted seed)
Bijian berkecambah adalah biji-bijian yang baru bertunas atau berkecambah dengan cara direndam dalam air terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam. Nah, bila sudah tumbuh tunas/kecambah bisa langsung sajikan pada burung pemakan biji ini.

Biji berkecambah ini diyakini memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan biji dalam keadaan kering. Sebab pada saat biji berkecambah kenari pun doyan memakannya, sebab tekstur menjadi lebih lunak dan nikmat bagi kenari layaknya sayuran hijau lainnya.

3. Biji Sangrai
Biji-bijian sangrai merupakan biji yang sebelumnya disangrai dahulu diatas bara api sedang yang menggunakan wajan penggorengan atau alat penyangrai (tanpa minyak) yang biasanya terbuat dari tanah liat. Caranya cukup mudah, bijii-bijian pakan kenari itu diletakan di atas penggorengan yang sudah dipanasi lalu diaduk-aduk hingga terlihat kecoklatan dan tercium aroma khas lalu diangkat, penting: jangan sampai gosong. Bila sudah dingin langsung berikan kepada mungil ini.

Dengan disangrai dahulu pakan bijian tadi jadi lebih gurih, nikmat dan terasa lebih kress bagi kenari. Dengan metode pemberian pakan seperti itulah si burung kenari akan terpacu untuk rajin gacor setiap hari, silakan anda coba praktekan.

Baca juga ya
Segitu dulu ulasan tentang cara menyajikan biji-bijian pakan kenari yang lebih kreatif dan inovatif ini. Semoga canary bird kesayangan anda jadi lebih sehat, rajin gacor dan sering juara lomba.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter