5 Manfaat Mentimun Bagi Burung Kenari

Kenarimania.com - Burung kenari memiliki kegemaran memakan biji-bijian dan juga doyan makan sayuran. Salah satu jenis sayur yang disukai adalah mentimun. Anda sebagai breeder sebaiknya juga tahu apa manfaat mentimun bagi burung kenari ini. Sehingga dalam pemberian sayur mentimun bisa dihidangkan dengan porsi yang pas dan dalam waktu yang tepat. Karena ada kalanya mentimun atau ketimun ini sangat dibutuhkan oleh kenari dalam keadaan tertentu misalnya saat kenari kegemukan dan di saat cuaca begitu panas.

Mentimun merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin juga mineral selain itu juga memiliki kandungan air yang cukup melimpah, sehingga baik sekali buat kesehatan manusia termasuk si mungil kenari. Jika sayur ini dikonsumsi manusia biasanya dibuat lalapan namun bila untuk canary bird ini cukup dipotong secukupnya lalu digantung di sangkar. Alangkah lebih baik berikanlah mentimun muda pada kenari dan anda juga boleh membuang bijinya terlebih dahulu.

mentimun untuk kenari

Burung Kenari memang memiliki kebiasaan mengkonsumsi sayur-sayuran akan tetapi sebagai pemilik yang baik harus dapat memilah dan memilih sayur mayur yang tepat untuk burung kenari pada situasi dan kondisi tertentu. Sebab jenis sayuran satu dengan lainnya mempunyai tekstur dan manfaat yang berbeda-beda. Jadi diharapkan untuk lebih bijak terhadap burung kenari kesayangan. Agar hasilnya lebih memuaskan.

Inilah beberapa manfaat mentimun untuk burung kenari

1. Mengatasi kegemukan
Apabila burung kenari anda mengalami masalah berat badan pada tubuhnya, nah ketimun ini sangat bagus untuk menurunkan tingkat kegemukan atau obesitas kenari. Sebab kenari yang terlalu gendut menjadi indikasi bahwa ia jarang gacor. Adapun cara pemberiannya bisa anda iris dulu mentimun ini lalu anda sajikan pada burung sejenis finch ini dengan cara dikaitkan di dinding kandang. Baca: Cara mengatasi kenari kegemukan.

2. Sebagai pakan praktis saat pengiriman burung kenari
Jika anda seorang peternak atau pedagang yang sering menjual kenari secara online, maka buah mentimun ini menjadi pakan alternatif yang sangat tepat saat pengiriman burung via ekspedisi. Sebab sayuran ini mempunyai kandungan air cukup tinggi sehingga anda tanpa perlu lagi menambahkan air minum di dalam sangkar pengiriman, mengingat jika diberi air minum akan mudah tumpah sehingga kenari rawan mati karena kehausan.

3. Melancarkan sistem pencernaan kenari
Pemberian sayuran pada burung sejenis finch ini idealnya harus selang seling agar ia tidak bosan dan tetap doyan memakannya. Namun perlu diingat intensitas pemberian sayur ini juga disesuaikan dengan kondisi si burung, jadi sangan sampai over. Apapun yang sifatnya berlebihan pasti tidak baik. Nah jika pemberian mentimun ini sampai berlebih bukannya sehat yang didapat tapi malah kenari bisa mencret.

4. Menurunkan birahi kenari
Manfaat mentimun yang tak kalah penting bagi burung satu ini adalah bisa menurunkan tingkat birahi kenari. Perlu diketahui bahwa jika burung canary terlalu over birahi sangat tidak baik terutama saat ia sedang dilombakan diajang kontes lomba burung maka kenari tersebut biasanya tidak akan anteng berkicau ngerol melainkan ia akan loncat kesana-kemari, ngeruji sebab ia sedang over birahi. Nah bila sudah begitu tentu jauh dari juara bukan.Baca: Cara mengatasi kenari over birahi.

5. Silakan anda tambahkan sendiri menurut pengalaman masing-masing.

Dengan memberikan pola perawatan yang baik terhadap burung kenari diharapkan ia makin sehat dan rajin gacor di rumah dan sering juara di arena lomba. Itulah manfaat mentimun bagi burung kenari yang bisa saya share kepada rekan kenari mania semua. Simak juga: Cara benar merawat kenari agar juara lomba).

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter