Inilah Penyebab Kenari Mati Mendadak dan Cara Menyikapinya

Kali ini KenariMania akan membahas mengenai burung kenari mati mendadak. Karena banyak juga yang bertanya kenapa ya kok kenari ku tiba-tiba mati? Padahal sudah dikasih makan dan minum secara teratur, pungkasnya. Simak juga ya Makan kenari yang baik.

Bagi penggemar burung kenari yang masih tergolong junior bila mengalami kejadian seperti ini biasanya langsung bingung bin panik. Makanya bila anda merawat canary bird ini sebaik nya harus tahu juga ciri-ciri kenari yang sehat dan sakit itu seprti apa. Agar saat Kenari anda sedang tidak fit anda bisa langsung bertindak untuk memberikan pengobatan.

gambar kenari mati

Kasus Kenari mati mendadak biasanya sebelum ia menjemput ajal sudah menderita penyakit kronis, hanya saja kita sebagai pemilik terkadang tidak paham kalau kenari peliharaan kita sakit. Sebab penyakit canary juga bisa disebabkan oleh virus atau parasit yang tak kasat mata. Tapi yang jelas saat kenri anda terkena serangan virus maupun parasit, anda tak pernah tau Karena kenari anda tidak pernah bilang pada anda.

Jadi secara umum burung kenari yang mati secara tiba-tiba itu disebabkan oleh penyekatit yang dideritanya, baik karena serangan virus maupun penyakit dalam seperti penyakit ginjal dan tumor, namun kita tidak paham bahwa ia punya penyakit. Sehingga ketika burung yang juga disebut serinus canaria itu tiba-tiba mati kita beranggapan kenari mti mendadak.

Tips Jika Burung Kenari Mati

1. Harus ikhlas dan menerima bahwa setiap mahluk yang bernyawa pasti mati termasuk burung pemakan biji-bijian ini. Dan akan kembali kepada NYA..
2. Anda tidak perlu bersedih begitu mendalam apalagi menangis, walaupun anda membelinya dengan harga yang sangat mahal.
3. Anda tidak perlu merasa bersalah jika kenari yang dipelihara mati. Dengan catatan anda tidak sengaja membiarkan nya mati kelaparan maupun kehausan.

Namun bila anda sampai lupa atau teledor tidak memberikannya makan dan minum hingga akhirnya ia tewas dengan begitu mengenaskan. Maka anda boleh saja meratapinya karena ini 100 persen salah anda.

Pengalaman pribadi pernah lupa tidak memberi makan kenari jantan putih sampai 2 hari hingga akhirnya kenari kesayangan tewas kehausan dan kelaparan. Itu gara-gara kenari dipindah sangkar.

Nah dengan kejadian seperti itu, rasanya sangat bersalah bahkan sampai meneteskan air mata. Hmms. kepikiran sekali bagaimana rasanya ia kelaparan juga kehausan sampai 2 hari. Semoga anda tak melakukan kesalahan yang sama. Salam Kenarimania.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter